Dipimpin Sigra, Market Share Daihatsu Meningkat Selama Masa PSBB

14/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Dipimpin Sigra, Market Share Daihatsu Meningkat Selama Masa PSBB
Meskipun mengalami penurunan dalam jumlah volume kendaraan yang terjual, market share Daihatsu dilaporkan meningkat dalam periode Januari hingga April 2020.

Industri otomotif dunia masih berjuang melawan pandemik Covid-19. Belum lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia turut menghadirkan tantangan lain bagi industri otomotif Tanah Air. Penjualan turun drastis. Pun demikian dirasakan oleh Daihatsu. Meskipun Daihatsu mencatatkan penurunan penjualan selama PSBB, tetapi market share Daihatsu meningkat selama empat bulan terakhir.

Peningkatan market share

Hal ini dijelaskan sendiri oleh Daihatsu ketika mengungkapkan laporan penjualan selama Januari hingga April tahun ini. Dalam pernyataan resminya, retail sales Daihatsu selama masa pandemik mencatatkan penjualan 44.346 unit. 

Market share Daihatsu meningkat menjadi 18,2 persen ketika volume sales nasional hanya mencatatkan total penjualan 243.634 unit hingga April 2020. Daihatsu mencatatkan kenaikan 20,2 persen dari penjualan whole sales nasional dengan 49.443 unit mobil terjual.

data tentang penjualan Daihatsu Januai - April 2020
Total penjualan Daihatsu selama bulan Januari – April 2020

>>> Setelah Tutup 2 Minggu, Pabrik Daihatsu Bakal Ngebul Lagi

Pada periode yang sama, penjualan mobil tahun ini mengalami penurunan 28 persen. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatatkan total penjualan mobil dari Januari hingga April 2019 sebanyak 337.892 unit. Penjualan otomotif Tanah Air tergerus cukup rendah tahun lalu di tengah tahun politik.

“Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam pernyataan resminya. 

>>> Dapatkan berbagai mobil Daihatsu terbaik hanya di sini

Sigra tetap memimpin

Daihatsu Sigra yang mendapatkan penyegaran tahun lalu masih tetap memimpin penjualan Daihatsu di Indonesia selama empat bulan terakhir. Total penjualan retail selama bulan April tercatat 12.868 unit, atau 29 persen dari total penjualan Daihatsu. Sedangkan penjualan whole sales mencatatkan angka 13.946 unit atau 28,2 persen.

mobil baru Daihatsu Sigra 2019 berwarna silver
Daihatsu Sigra masih menjadi model terlaris Daihatsu di awal 2020 ini

Daihatsu Gran Max dan Terios mengikuti di peringkat kedua dan ketiga penjualan Daihatsu dengan total 8.805 unit dan 7.131 unit terjual. Mengikuti setelahnya Daihatsu Ayla dan Xenia dengan penjualanan mencapai 5.332 unit dan 5.092 unit selama empat bulan terakhir.

Saat ini Daihatsu masih menghentikan produksi berkaitan dengan peraturan PSBB yang diterapkan sejak beberapa waktu lalu. Selain itu, Daihatsu memberhentikan layanan di outlet dan bengkel resmi yang menerapkan peraturan PSBB dari pemerintah. Bagi Anda yang ingin mengakses layanan Daihatsu secara online bisa mengunjungi www.astra-daihatsu.id atau aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

>>> Berita mobil dalam dan luar negeri terbaru hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria, Mobil Terkecil Pada Masanya

11/05/2020

Jual beli

3 menit

Butuh mobil kompak tetapi dengan harga yang sangat terjangkau? Daihatsu Ceria yang pernah menjadi mobil terkecil di Indonesia ini bisa menjadi pilihan Anda.

Lihat juga

Honda ZR-V Siap Hadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Pasar persaingan SUV kompak berdimensi mungil akan makin seru, karena SUV baru Honda bernama Honda ZR-V siap menghadang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Lihat juga

Resmi! Daihatsu Rocky Versi Malaysia Gunakan Mesin Turbo

22/01/2020

Mobil baru

3 menit

Daihatsu Rocky versi Malaysia dilaporkan akan gunakan mesin 1.000 cc turbo. Mesin yang kecil ini dipilih untuk mendapatkan skema hitungan pajak yang rendah.

Lihat juga

Penghentian Sementara Kegiatan Produksi Toyota Dan Daihatsu Diperpanjang

17/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Guna mendukung program pemerintah terkait himbauan PSBB. Toyota dan Daihatsu perpanjang penghentian sementara aktivitas di pabrik produksi kedua perusahaan.

Lihat juga

Cara Asik Daihatsu Ajak Konsumen Supaya Tak Bosan di Rumah Aja

31/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang saat ini sedang di rumah aja melaksanakan anjuran dari Pemerintah Indonesia dan sedang bosan Daihatsu punya cara mengatasi kebosanan tersebut.

Lihat juga

Bekerja Dua Hari Sekali, Karyawan Pabrik Daihatsu Tetap Dibayar Penuh

01/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejalan dengan imbauan physical distancing Daihatsu buat kebijakan waktu kerja karyawannya lebih singkat dari biasanya menariknya upah tetap dibayar penuh.

Lihat juga
 
back to top