Dipercaya Publik Vietnam, VinFast Laku Keras Terjual 17.000 Unit

21/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dipercaya Publik Vietnam, VinFast Laku Keras Terjual 17.000 Unit
VinFast Fadil tahun lalu menjadi model terbaik kedua di segmennya. Hanya kalah bersaing dengan Hyundai Grand i10 dengan total penjualan 3.701 unit kendaraan.

Produsen mobil Vietnam bernama VinFast secara resmi merilis angka penjualan di tahun 2019. Dengan demikian, VinFast total tahun lalu telah terpesan lebih dari 17.000 unit.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Vinfast Lux SA 2.0 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Tampilan depan dari SUV Lux SA 2.0

>>> Diuji Tabrak, Mobil Nasional Vietnam Dapat Bintang 5 Dari ASEAN NCAP

Pada tahun 2019, VinFast telah secara resmi memasuki pasar otomotif Vietnam dengan meluncurkan mobil perkotaan bernama Fadil, serta sedan Lux A2.0 dan SUV Lux SA2.0. Total pesanan yang diterima untuk ketiga model tersebut tahun lalu mencapai 17.214 unit, dimana sebanyak 15.300 unit telah diproduksi.

“Kami berterima kasih atas dukungan antusias yang diberikan. Puluhan ribu pelanggan pertama memercayai produk-produk mobil dan motor listrik VinFast. Kepercayaan dan dukungan konsumen sejak hari pertama merupakan motivasi besar bagi kami untuk membuat tekad untuk menciptakan mobil merek Vietnam yang berkualitas dan berkelas yang dapat bersaing di pasar Internasional." ujar Wakil Presiden dan Direktur Jenderal Vingroup, Nguyen Viet Quang.

Sebuah mobil  Vinfast Lux SA 2.0 berwarna merah dilihat dari Tampilan samping

Tampilan depan dari SUV Lux SA 2.0

>>> Review VinFast Fadil 2019 : Dari Opel Untuk Vietnam

Produsen mobil asal Vietnam ini, tahun ini diharapkan akan meluncurkan mobil mewah bertenaga tinggi Lux V8. Selain itu ada juga crossover segmen B dan C dengan varian bensin dan bertenaga listrik. Tujuan perusahaan ke depan mencakup semua segmen pasar, untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dengan harga yang kompetitif. Perusahaan berencana juga untuk mengekspor mobil listrik ke pasar AS. “Diharapkan pada tahun 2021, mobil listrik VinFast akan dapat diekspor ke AS.” tandas Nguyen Viet Quang.

Produk-produk VinFast sendiri tidak hanya memenuhi kriteria estetika dan kinerja tetapi juga perihal keamanan. Secara khusus, model Lux A2.0 dan Lux SA2.0 keduanya menerima bintang 5 dari ASEAN NCAP. Sementara itu citycar Fadil mendapat peringkat bintang 4. Selain memproduksi mobil, VinFast juga memiliki produk sepeda motor bertenaga listrik. Hingga saat ini, perusahaan telah memiliki empat model sepeda motor listrik; Klara, Klara S, Impes dan Ludo.

Saat ini, semua mobil dan sepeda motor listrik diproduksi di kompleks pabrik seluas 335 hektar yang berlokasi di Taman Industri Dinh Vu (Cat Hai, Hai Phong). Kapasitas produksi pabrik mobil VinFast pada fase pertama mencapai 250.000 unit kendaraan per tahun. Sedangkan pabrik sepeda motor listrik mencapai 500.000 kendaraan per tahun.

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terbaru di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ratusan Pelanggan Dapatkan Vinfast Fadil, Mobil Nasional Vietnam Pertama

21/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah menunggu sekian lama, Vinfast akhirnya menyerahkan ratusan model terbaru Vinfast Fadil kepada para pelanggan. Sebagai mobil nasional, Vinfast Fadil pun tak kalah dengan pesaingnya dari luar Vietnam.

Lihat juga

Jadi Tonggak Sejarah di Paris Motor Show, Ini Dia Harga Vinfast Lux SA 2.0

22/11/2018

Mobil baru

Setelah peluncuran bersejarah di Paris Auto Show Oktober lalu, Vinfast baru-baru ini mengumumkan harga Vinfast Lux SA 2.0. Berapa harga mobil nasional terbaru Vietnam tersebut?

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Bangkitnya Kejayaan Otomotif Vietnam Lewat VinFast

20/10/2018

Pasar mobil

Belum lama ini, VinFast sebagai perwakilan perusahaan otomotif nasional Vietnam, meluncurkan produk terbarunya di acara Paris Motor Show 2018. Sebagai sesama negara Asia, VinFast melaju sendirian yang siap menghadapi kompetitor ternama internasional. Segala persiapan dihadirkan mulai dari desain khas Eropa, performa mesin BMW dan hal mengesankan lainnya.

Lihat juga

Soal Mobnas: Vinfast 2 Tahun Jadi, Esemka Sudah 11 Tahun Gak Jadi-Jadi

06/10/2018

Pasar mobil

Heboh berita peluncuran Vinfast di Paris Motor Show 2018 di Paris expo Porte de Versailles, Paris, Perancis mengingatkan kita pada proyek besar mobil nasional Esemka. Bukan karena apa-apa, kita cuma bertanya dalam hati mengapa Vinfast yang digagas pemerintah Vietnam 2 tahun lalu sukses diluncurkan, sedangkan Esemka sudah 11 tahun gak jadi-jadi?

Lihat juga

VinFast Memang Mendunia, Tetapi Inilah Mobil Pertama Vietnam Sebenarnya

07/10/2018

Pasar mobil

VinFast memang menjadi penggebrak industri otomotif Vietnam di kancah dunia. Tetapi VinFast bukanlah produsen mobil nasional pertama Vietnam. Sejarah menyebutkan bahwa La Dalat dan Xe hoi Chien Thang berbagi tempat sebagai mobil pertama Vietnam.

Lihat juga