Dipakai Daihatsu Rocky, Platform DNGA Bisa Bikin Harga Mobil Terjangkau

10/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu Rocky menjadi salah satu model yang sudah mengusung platform DNGA. Salah satu keunggulan platform DNGA adalah bisa membuat harga mobil terjangkau.

Rocky merupakan salah satu model yang sudah mengusung pltaform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Selain Rocky, platform DNGA juga sudah digunakan di beberapa mobil Daihatsu di Jepang. Platform DNGA sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 2017. 

Platform ini memiliki konsep  (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya, mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien.

Isyarat Daihatsu Soal Peluncuran Rocky di Indonesia

Kehadiran Rocky di Indonesia bakal meramaikan segmen 'SUV murah'

>>> Kembaran Rocky Laris Manis di Malaysia

Platform DNGA yang Dipakai Daihatsu Rocky Punya Banyak Keunggulan

Mobil Daihatsu dengan platform DNGA akan memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda. Mesin yang lebih halus dengan performa maksimal, kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, desain yang stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, secara teknis, mobil Daihatsu yang telah menerapkan platform DNGA juga memiliki keunggulan, seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini yang ada pada mobil Daihatsu, juga dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA. Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya. 

Gambar Rangka Daihatsu New Global Architecture

Diklaim punya sejumlah keunggulan

Sebagaimana diketahui, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 model barunya yang telah menyematkan platform DNGA ini baru dalam 2 tahun terakhir, yakni New Tanto, dan Rocky pada 2019, dan New Taft pada 2020.

Selain di Jepang, platform DNGA juga sudah digunakan pada Perodua Ativa yang merupakan kembaran Rocky di Malaysia. Ativa merupakan mobil perdana dari Perodua yang menggunakan platform DNGA. 

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

Bakal Digunakan pada Daihatsu Rocky di Indonesia?

Nampaknya, platform DNGA ini juga bakal disematkan pada Rocky yang tengah disiapkan meluncur di Indonesia. Daihatsu sendiri sudah beberapa kali mengumbar teknologi canggih yang diusung mobil SUV-nya tersebut di Indonesia. Daihatsu memang berencana meluncurkan Rocky tahun ini di Tanah Air. 

NJKB Raize

NJKB Rocky masuk dalam lampiran Mendagri

Nama Daihatsu Rocky ikut tercantum dalam 21 mobil yang boleh mendapatkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) karena ditanggung pemerintah. Tak cuma nama, di situ juga tercantum Rocky dan Toyota Raize akan diproduksi bersamaan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dengan tingkat kandungan lokal 70 persen. 

"Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM baru-baru ini. 

>>> Belum Meluncur, Kok Daihatsu Rocky Sudah Dapat Diskon PPnBM?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top