5 Diler Mobil Ini Terbengkalai Puluhan Tahun dan Menyimpan Koleksi Langka

16/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Meskipun tidak umum menemukan diler mobil yang ditinggalkan dengan kondisi masih penuh dengan mobil namun hal ini benar-benar ada dan cukup mengerikan!

Kisah diler mobil yang terbengkalai selama puluhan tahun bukan hanya ada di kota Famagusta, Turki. Famagusta sendiri merupakan sebuah kawasan yang sudah ditinggalkan oleh penduduknya karena invasi militer. Setidaknya ada 5 diler mobil lainnya di seluruh dunia yang juga terbengkalai akibat invasi tersebut hingga krisis moneter.

>>> Zaman Berubah Namun Pembuatan Mobil Masih Menggunakan Cara Konvensional

1. Diler Mobil Fiat - Denmark

Diler mobil denmark

Mobil-mobil yang ditinggalkan begitu saja selama puluhan tahun

Penemuan luar biasa ini adalah diler yang ditinggalkan di Denmark yang telah ditutup sejak tahun 1981. Diler ini meninggalkan sedan Fiat yang luar biasa dan kompak yang terselimuti dalam debu dan terlupakan begitu saja.

Dalam gambar yang didapatkan dari Hotcars ini kita juga bisa melihat sederet model mobil lainnya seperti Peugeot yang tertutup lapisan debu tebal, masih terparkir dengan gaya showroom yang cukup familiar.

2. Diler Mobil Chrysler - AS

Gambar menunjukan Diler mobil AS

Chrysler Cordoba era 1980-an

Diler Chrysler yang terbengkalai ini berada di AS dan menyisakan salah satunya diperkirakan merupakan Chrysler Cordoba era 1980-an dengan gaya lampu belakang dan arsitektur kotak ditinggalkan begitu saja dengan banyak debu

Cordoba yang diiklankan sebagai cara Chryslers kali itu keluar dari tren mobil kompak karena banyak pabrikan lain memproduksi mobil ekonomis yang lebih kecil. Mungkin keengganan Chrysler untuk berubah menjadi salah satu alasan di balik penutupan dealer Chrysler ini.

>>> Jangan Sampai Salah! Ini Aturan Penggunaan Lampu Hazard pada Mobil

3. Diler Mobil Lada - Perancis

Gambar menunjukan diler mobil Lada

Lada merupakan merek dagang AvtoVAZ, sebuah pabrik mobil asal Rusia

Diler Lada ini terletak di Monaco, Prancis dan masih dipenuhi dengan beberapa mobil keren, menjadikannya kapsul waktu dalam sejarah otomotif Eropa. Bangunan dipenuhi dengan berbagai model Lada, termasuk model dari tahun 80-an dan 90-an seperti Samara dan 110. 

Dari gambar di atas menunjukkan sekeping sejarah seperti mobil dan beberapa yang masih di parkir di ruang pame. Ada juga deretan sedan Lada klasik dan kompak yang mewakili periode waktu unik dalam sejarah otomotif Eropa.

4. Diler Mobil Mewah - Jepang

Gambar menunjukan Diler mobil Jepang

ProAuto diler  mobil mewah yang terbengakai 

Diler yang dipenuhi dengan karya klasik Eropa yang menakjubkan dan semakin rusak ini berada di Jepang. Tak hanya itu saja, diler yang ditinggalkan ini banyak berisi segudang merek dan model lainnya yang berbeda diantaranya adalah Volvo, Alpines, BMW, Lotus, dan Mini.

Diler ini benar-benar seperti kapsul waktu untuk melihat kendaraan yang luar biasa dan merupakan harta otomotif yang sangat langka dan mahal. Mungkin banyak dari kita  berharap bisa masuk dan mengambil salah satunya bahkan dalam keadaan terbengkalai sekalipun.

5. Diler Mobil Toyota - Turki

Gambar menunjukan Diler mobil Toyota

Diler Toyota di Varosha, Turki ditinggalkan karena invasi militer

Diler Toyota di Varosha, Turki ini telah ditinggalkan kosong sejak 1974. Armada mobil New Old Stock Toyota masih berada di lantai Showroom, tepat saat mereka duduk 46 Tahun yang lalu, sebelum pemiliknya dipaksa untuk meninggalkan kota karena invasi.

Mobil-mobil yang tertinggal di dealer merupakan mobil-mobil generasi 70-an seperti Corolla dan Celica. Mobil-mobil primadona pada zamannya itu tertutup debu tebal dan menunggu diselamatkan pecinta otomotif, apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu diantaranya?

>>> Review Toyota Land Cruiser Seri 80 1995: Acuan SUV 4WD Era 1990-an

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top