Dilema Baru di Ibu Kota: Naik Mobil atau MRT Jakarta?

08/03/2019
Naik mobil atau MRT Jakarta? Kebimbangan tersebut mungkin akan muncul di benak pemilik mobil pribadi yang sehari-hari beraktivitas di Ibu Kota. Wajar, karena kehadiran MRT bisa dinilai sebagai pilihan baru transportasi untuk berkomuter.

Kereta MRT Jakarta di stasiun depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kereta MRT Jakarta di stasiun depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jika menengok informasi yang beredar, MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta terlihat siap hadir sebagai transportasi umum yang nyaman, bersih, dan utamanya lagi bebas macet lantaran menggunakan rel khusus. Pada situasi tertentu poin-poin tersebut dijamin akan menimbulkan pertimbangan tersendiri di pemilik kendaraan antara memilih naik mobil atau MRT Jakarta.

Dari kaca mata bisnis otomotif, produsen mobil juga memilik pandangan tersendiri. Menghadapi dilema baru antara naik mobil atau MRT Jakarta, PT Honda Prospect Motor (HPM) tetap yakin kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil pribadi tetap ada. Informasi tersebut keluar dari pernyataan Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM di Jakarta, pekan lalu berbarengan dengan kegiatan media test drive New Honda Mobilio.

>>> Dapatkan Mobil Honda Impian Anda di Sini

Penampilan eksterior New Honda Mobilio RS 2019 warna orange yang dipamerkan di Ancol, Jakarta Utara.

Wujud New Honda Mobilio RS 2019 di Ancol, Jakarta Utara.

Keyakinan Honda didasari fakta jangkauan wilayah layanan MRT yang masih terbatas. Di lain sisi, daerah pemukiman justru meluas ke luar Jakarta.

“Walaupun nanti akan ada seperti MRT, tapi kalau kita lihat rumah-rumah baru di sana (merujuk pada perumahan di kawasan luar Jakarta) itu Anda tetap membutuhkan kendaraan. Satu rumah minimum satu kendaraan,” ungkap Jonfis.

Pendangan tersebut ada benarnya mengingat saat ini rute MRT Jakarta masih terbatas di dalam kota Jakarta. Pada fase pertama MRT Jakarta yang akan beroperasi akhir Maret 2019 rute yang dibuka mulai dari Lebak Bulus, Blok M, Senayan, hingga Bundaran Hotel Indonesia.

>>> Tarif Tol Bandara Batal Naik, YLKI Sebut Memang Seharusnya

Rencana perpanjangan rute fase dua mengarah ke utara Jakarta guna menjangkau kawasan Monas (Monumen Nasional), Glodok, Kota, hingga Kampung Bandan. Untuk fase dua prediksinya baru bisa dinikmati publik pada 2024.

“Jadi, ke depannya walau infrastruktur makin banyak, ada MRT kemudian tol makin banyak tidak akan membuat otomotif itu turun. Misalnya, Anda tinggal di Bekasi, untuk mencapai stasiun, Anda butuh mobil juga,” tutup Jonfis.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Prastya

Ulasan anda

berita lain