Dilanda Krisis Chip, Laba Toyota Malah Meningkat Tajam

05/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Meski dilanda pengurangan produksi akibat krisis chip dalam beberapa bulan terakhir, Toyota Motors melaporkan peningkatan pendapatan di tahun fiskal 2021/2022.

Toyota Motors melaporkan peningkatan laba bersih sebesar 33% menjadi 626,6 miliar yen (sekitar Rp 79 triliun) untuk produksi di kuartal Juli hingga September, rekor tertinggi untuk kuartal kedua fiskal. Perusahaan ini juga mencatat laba operasional sebesar 749,9 miliar yen (Rp 94,5 triliun), atau meningkat dari 506 miliar yen (Rp 63,8 triliun) pada periode yang sama tahun lalu.

Meningkat meski dilanda pandemi

Pabrikan tertua yang masih aktif di Indonesia ini terpaksa harus memangkas produksi kendaraan mereka secara besar-besar di paruh kedua tahun ini. Hal ini diakibatkan oleh krisis chip atau semikonduktor yang membatasi pemulihan industri otomotif akibat imbas dari pandemi COVID-19.

mobil baru Toyota yang akan dijual
Ada peningkatan laba 9,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu

>>> Bakal Diproduksi Lokal, Harga Mobil Hybrid Toyota Bisa Rp 300 Jutaan?

Meskipun produksi berkurang, tapi Toyota mencatat margin keuntungan sebesar 9,9% dan telah meningkatkan perkiraan laba per tahun. Bahkan peningkatan ini diprediksi bisa memecahkan rekor pendapatan Toyota berkat optimisme dari nilai tukar mata uang asing yang positif serta pengendalian biaya produksi yang dikontrol ketat.

Pendapatan Toyota naik 11,4% menjadi 7,55 triliun yen (Rp 952 triliun), meskipun ada penurunan sebesar 0,5% dalam penjualan ritel di seluruh dunia. Krisis chip juga memangkas produksi menjadi di bawah sembilan juta unit dengan enam dari 28 jalur produksi diperkirakan berhenti beroperasi pada November.

>>> Meluncur 2022, SUV Listrik Pertama Toyota Bakal Pakai FWD dan AWD

Target produksi bulan November

Dilansir dari Automotive News Europe, Kenta Kon selaku CFO Toyota memuji manajemen inventaris yang lebih baik, pengendalian biaya, dan peningkatan harga kendaraan. Toyota diperkirakan mampu mencapai total pendapatan 30 triliun yen (Rp 3.780 triliun), atau sedikit kurang dari rekor total tahun fiskal 30,2 triliun yen yang dicapai pada Maret 2019.

"Volume produksi menurun secara global, tetapi pemasok, pabrik, dan dealer kami berupaya keras untuk memasok mobil sebanyak mungkin," kata Kenta. " Bahkan jika kami mengoperasikan pabrik kami dengan kapasitas penuh mulai Desember, akan sulit untuk memenuhi target produksi. Tapi kami akan berusaha untuk mencapainya,” kata Kon.

pekerja yang sedang merakit mobil di pabrik Toyota
Produksi di bulan November mencapai 900.000 unit

Di tengah kondisi pandemi di Asia Tenggara yang lebih membaik, perusahaan tetap menurunkan target produksi di bulan November dalam kisaran 850.000 hingga 900.000 unit dari rencana produksi awal 1 juta unit mobil. Meski jumlah tersebut meningkat dari bulan yang sama pada tahun 2019 dan 2020.

>>> Simaklah informasi terbaru pasar otomotif Indonesia maupun dunia di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top