Imbauan Tidak Mudik pada Idul Adha Bakal Sia-sia?

20/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Imbauan untuk tidak mudik Idul Adha 2021 tidak sepenuhnya dipatuhi. Banyak warga tetap nekat melakukan perjalanan mudik meski PPKM Darurat masih berlangsung.

Mudik Idul Adha tahun ini ditiadakan mengingat masih dalam suasana PPKM Darurat. Namun fakta di lapangan berbeda, banyak warga tetap melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya di berbagai daerah. Hal itu terungkap dari sejumlah foto di media menunjukkan pemandangan aktivitas mudik tengah terjadi di sejumlah terminal keberangkatan bus.

Larangan mudik

Imbauan untuk tidak mudik disampaikan Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) karena dikhawatirkan memicu penyebaran Covid-19. Menag juga mengajak semua lapisan masyarakat agar bersama-sama mensosialisasikan imbauan tersebut.

“Untuk bersama-sama mengimbau kepada masyarakat tidak melakukan mudik Idul Adha.” kata Menag, Yaqut Cholil Qoumas. “Karena kita tahu mudik ini akan memicu penyebaran Covid-19” lanjutnya.

>>> Mobilitas Warga DKI Turun 50% Selama PPKM Darurat

Foto menunjukkan suasana penyekatan di salah satu ruas jalan ibu kota

Ribuan titik penyekatan diberlakukan selama PPKM Darurat

Imbauan ini sekaligus menguatkan Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Ada 3 poin pokok dalam surat edaran yang disahkan pada 2 Juli 2021 tersebut.

  • Pertama, peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah semua agama yang berada pada wilayah Zona PPKM Darurat,
  • Kedua, peniadaan sementara penyelenggaraan malam takbiran di masjid/musala, takbir keliling, serta penyelenggaraan Salat Iduladha di masjid/mushola yang berada pada wilayah Zona PPKM Darurat, dan
  • Ketiga, petunjuk teknis pelaksanaan kurban. Misalnya, dilakukan sesuai syariat Islam dalam rentang waktu yang tersedia (11 - 13 Zulhijjah) agar tidak terjadi kerumunan. Pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia atau di luar RPH-R dengan menerapkan protokol kesehatan, baik petugas maupun pihak berkurban, serta memastikan kebersihan alat.

Kurang efektif

Menurut Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, imbauan untuk tidak mudik Idul Adha sebenarnya sudah cukup dengan adanya Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 16 dan 17 Tahun 2021 dan Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM darurat. Hanya saja menjadi tidak efektif karena tidak ada sanksi bagi yang ketahuan nekat mudik, sebagaimana saat Idul fitri.

“Namun imbauan untuk tidak mudik saat Idul Adha tidak akan efektif, sebab tak ada sanksi yang diterapkan. Justru bisa jadi, berpotensi banyak orang yang mudik.” kata Wiku.

Sebagai contoh, di beberapa terminal keberangkatan bus masih banyak aktivitas calon penumpang yang ingin mudik. Seperti di Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kota Bekasi Jawa Barat. Sejumlah armada pun siap mengantar mereka ke berbagai tempat tujuan, baik di Jawa maupun ke luar Jawa seperti Sumatra.

>>> Syarat Perjalanan Transportasi di Masa PPKM Darurat Diperketat

Foto menunjukkan Aktivitas pemudik Idul Adha di Terminal Kota Bekasi

Banyak warga memilih mudik agar bisa merayakan Idul Adha di kampung halaman

>>> Trik Aman Mengemudi Mobil Besar di Masa PPKM Darurat

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top