Dihajar Pandemi, Porsche Justru Cetak Rekor Penjualan Mobil

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jika mayoritas produsen mobil mengalami penurunan penjualan selama pandemi, Porsche justru mencatatkan hasil sebaliknya. Mereka bahkan mencetak rekor penjualan.

Pabrikan otomotif asal Jerman, Porsche mempertahankan momentum terbaiknya pada tahun 2021. Tercatat sepanjang Januari hingga Juli, mereka telah menjual 153.656 kendaraan secara global.

Angka tersebut merupakan rekor penjualan mobil tertinggi bagi Porsche, mewakili peningkatan 31% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Nampaknya para miliuner konsumen Porsche sama sekali tidak terdampak oleh pandemi, atau mereka menggunakan alasan 'untuk menaikkan imun' kepada istri mereka.

SUV Menjadi Penyumbang Utama

Gambar Porsche Macan S

SUV jadi penyumbang penjualan utama

Di antara jajaran mobil Porsche, Cayenne rupanya tetap menjadi yang terlaris dengan penjualan 44.050 unit, melonjak 12% dibandingkan tahun lalu. SUV lain Porsche, Macan menduduki peringkat kedua dengan 43.618 unit, meningkat 27%.

Setelah itu ada Porsche 911 Carrera dengan penjualan 20.611 yang mengalami peningkatan 22%, Taycan dengan 19.822 unit, 718 Boxster dan Cayman dengan 11.922 unit terjual yang mengalami kenaikan 33%, dan yang terakhir Porsche Panamera dengan 13.633 unit terjual, naik 6%.

>>> Duh! Ada Suzuki XL7 Terbakar di Tol Dalam Kota

China Jadi Pasar Terbesar

Kawasan Afrika, Asia Pasifik, dan Timur Tengah menyumbang penjualan 69.198 unit. China menjadi pasar tunggal terbesar Porsche tahun ini dengan penjualan 48.654 kendaraan baru, meningkat 23%.

Gambar Porsche 911 Carrera S

911 Carrera terbukti populer di China

Di sana, permintaan untuk 911 tumbuh cukup signifikan dengan penjualan 2.324 unit, melonjak 83% dibandingkan periode yang sama pada 2020. Pasar Amerika Serikat juga mencatat pertumbuhan yang cukup besar, sebesar 50% dengan 36.326 unit terjual.

Sementara di Benua Eropa, tercatat 40.435 orang (naik 25%, 13.094 unit di Jerman saja) menambah sebuah Porsche ke dalam garasi mereka.

>>> Pinjam Teknologi MG, Wuling Almaz Hybrid Bisa Jadi Lebih Irit

Permintaan Memenuhi Kuota

"Setelah setengah tahun pertama yang intensif pada tahun 2021, kami dapat melaporkan hasil yang sangat positif. Buku pesanan kami penuh. Pada saat yang sama, kami menyadari ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi Corona dan situasi pasokan semikonduktor. Kami terus mencermati situasi secara keseluruhan sambil mempertahankan sikap optimis kami." ungkap anggota dewan eksekutif Porsche untuk penjualan dan pemasaran, Detlev von Platen.

von Platen juga menyatakan bahwa mereka cukup gembira dengan tingginya permintaan untuk mobil sport pabrikan asal Stuttgart ini, terutama setelah peluncuran 911 GT3 generasi 992.

Gambar Porsche 911 GT3

Maaf, mobil ini sudah full booked!

Tingak elektrifikasi pun tumbuh di semua wilayah. Perkembangan ini menujukkan bahwa strategi yang mereka gunakan cukup berhasil dalam menghadapi penguasa pasar mobil listrik, Tesla.

"Di Eropa, sekitar 40% dari mobil yang saat ini dikirim memiliki motor listrik, entah itu kendaraan listrik murni atau plug-in hybrid. Prioritas tertinggi kami terus untuk memenuhi impian pelanggan kami," tutup von Platen.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top