Dihadiri Presiden Jokowi, Mitsubishi Xpander Resmi Diekspor Ke Mancanegara

25/04/2018

Pasar mobil
Share this post:
Dihadiri Presiden Jokowi, Mitsubishi Xpander Resmi Diekspor Ke Mancanegara
Tak puas menjadi mobil terlaris Tanah Air, Mitsubishi Xpander terus melakukan gebarkan pasar. Kini resmi diekspor ke beberapa negara tetangga dengan peresmian ekspor perdana dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, tepat setahun sejak peresmian pabrik Mitsubishi di Bekasi.

Presiden Jokowi beserta CEO Mitsubishi dan Manteri Perdagangan

Dengan minat yang berlimpah sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus tahun lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mulai memberlakukan ekspor Mitsubishi Xpander hari ini, Rabu (25/4). Ekspor perdana ini didatangi langsung oleh Presiden Jokowi yang datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tepat setahun sejak Jokowi dan "big boss" Carlos Ghosn meresmikan pabrik Mitsubishi di Bekasi.

"Satu tahun sejak pembukaan pabrik Bekasi, saya bangga mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya perusahaan kami akan mengekspor dalam skala besar dari Indonesia," ucap Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors. 

"Apresiasi tinggi untuk Mitsubishi yang hari ini mulai ekspor 3.000 unit Mitsubishi Xpander ke Filipina, investasi yang berorientasi ekspor seperti ini harus terus didorong," ucap presiden Jokowi dalam sambutannya di hadapan media.

Seremoni pelepasan ekspor Mitsubishi Xpander ke Filipina

>>> Baca juga Galeri foto Press Day IIMS 2018

Lebih lanjut, Presiden Jokowi yang mendorong tuas speed control sebagai simbolis untuk pelepasan ekspor ini menjelaskan pentingnya ekspor untuk ekonomi bangsa. "Ekspor dan investasi, ekspor dan investasi, ekspor dan investasi. Itu yang selalu saya bilang di mana-mana. Saya sampaikan di berbagai acara karena dua hal ini adalah kunci penting investasi Indonesia."

Selain Presiden Jokowi, hadir dalam pelepasan perdana ini CEO Mitsubishi Motors, Osamu Masuko dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Airlangga juga mengapresiasi pabrik Mitsubishi yang mampu menarik lebih banyak tenaga kerja lokal. "Walaupun sudah menggunakan robotik canggih, tenaga kerja tetap diperlukan. Saya dengar Mitsubishi menargetkan sebanyak 4.000 tenaga kerja dari saat ini yang baru 3.000 tenaga kerja."

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Memang, untuk memperkecil masa tunggu permintaan Xpander yang sudah menjamur, PT MMKSI menambah kapasitas produksi menjadi 10.000 unit per bulan mulai Juni mendatang. Penambahan ini disebut untuk memproyeksikan 25% kuota ekspor yang akan dimulai. Hingga pertengahan April tahun ini, 66 ribu unit Xpander sudah dipesan oleh konsumen Indonesia.

Sebanyak 340 unit Xpander mulai diekspor hari ini

Untuk komoditas ekspor, mobil 7-seater ini akan melanjutkan perjalanan dengan kapal menuju negara tujuan, seperti Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Mesir, dan Bolivia. Target pengiriman sebanyak 30.000 unit, dimulai 340 unit yang sudah dipersiapkan dalam pelepasan perdana ini.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top