Digadang Jadi Penantang Innova, Penjualan Wuling Cortez Malah Terpuruk

13/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Digadang Jadi Penantang Innova, Penjualan Wuling Cortez Malah Terpuruk
Digadang-gadang jadi penantang serius Toyota Innova, penjualan Wuling Cortez malah terpuruk di bulan Juni 2018. Mengapa?

Penampilan keren Wuling Cortez dari samping depan

Hadir di segmen MPV medium, Wuling Cortez memberi banyak pilihan kepada konsumen

Penurunan penjualan mobil di bulan Juni 2018 hampir terjadi pada semua merek dan model. Bahkan low MPV Mitsubishi Xpander yang sejak Februari sukses memimpin pasar harus menerima kenyataan penjualannya merosot cukup tajam dibanding sang kompetitor, Toyota Avanza.

Bagaimana dengan penjualan mobil asal China, Wuling Cortez?

Diperkenalkan kepada media dan masyarakat sebagai MPV medium di akhir Desember 2017 silam, Wuling Cortez diprediksi jadi penantang serius Toyota Innova.

Prediksi ini tak lepas dari limpahan fitur dan kemewahan yang dijanjikan oleh Wuling seperti Electric Sunroof, cluster AC digital, Rear AC Button, Multi Information Display Full Color, jok elektrik, USB Power Outlet di setiap baris, dan head unit dengan layar 8 inci.

Bahkan fitur sunroof yang disematkan pada salah satu varian Wuling Cortez makin menambah kemewahan yang tak dimiliki kompetitor.

>>> Baca review dan spesifikasi lebih lengkap Wuling Cortez di Cintamobil.com

Bagimana hasilnya?

Foto dashboard Wuling Cortez, keren dan mewah

Wuling Cortez dibekali fitur yang melimpah namun dengan harga paling murah di kelasnya

Upaya maksimal Wuling rupanya belum mampu menggiring hati konsumen untuk berbondong-bondong berpindah hati dari merek Jepang dan beralih membeli mobil China tersebut.

Data wholeslases Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bulan Juni 2018 penjualan Wuling Cortez hanya sebanyak 257 unit saja.

Angka ini turun jauh dari penjualan Wuling Cortez bulan Mei yang mencapai 661 unit.

Kalau dilihat dari grafik, penjualan Wuling Cortez sejak awal tahun 2018 sebenarnya bisa dibilang positif. Januari terjual sebanyak 372 unit. Februari naik menjadi 444 unit. Bulan Maret meningkat lagi jadi 629 unit. Puncaknya ada di bulan April dimana penjualan Wuling Cortez mencapai 938 unit.

Penurunan baru terjadi mulai Mei 2018. Wuling Cortez terjual sebanyak 661 unit. Dan dibulan Juni kembali turun bahkan lebih tajam. Wuling Cortez hanya terjual sebanyak 257 unit.

Mungkin bisa dimaklumi angka penjualan Wuling Cortez bulan Juni 2018 ini dikarenakan banyaknya hari libur seperti cuti bersama dan saat lebaran, sebagaimana merek-merek lain juga mengalami penurunan cukup besar.

Layak ditunggu apakah penjualan Wuling Cortez bisa ngegas lagi di bulan berikutnya.

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

>>> Jangan sampai ketinggalan beragam informasi seputar dunia otomotif terbaru yang bisa Anda baca di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top