Dibuka Satu Lajur, Lokasi Longsor Tol Ungaran-Semarang Aman Dilewati

02/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dibuka Satu Lajur, Lokasi Longsor Tol Ungaran-Semarang Aman Dilewati
Tol Ungaran-Semarang yang sempat tertutup longsoran tanah sudah dibuka satu dan bisa dilalui dengan aman meski hanya satu lajur. Pengendara diminta tetap berhati-hati.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sama-sama menegaskan bahwa foto terkait dampak longsor di Jalan Tol Ungaran-Semarang Km 426+600 arah Jakarta melalui Whatsapp Group dan media sosial lainnya adalah HOAX. Bukan gambar lokasi dan kondisi sebenarnya. Berikut gambar HOAX yang beredar:

Foto menunjukkan Foto HOAX longsor Tol Ungaran-Semarang

Foto HOAX longsor Tol Ungaran-Semarang

Benar terjadi longsor

Longsor memang benar terjadi di Jalan Tol Ungaran-Semarang Km 426+600 arah Jakarta, tepatnya di Desa Susukan, pada hari Sabtu (30/5/2020) pukul 22.48 WIB akibat curah hujan yang tinggi. Kondisi dampak longsor yang sebenarnya dapat dilihat melalui foto udara dari petugas di lapangan yang diambil pihak Jasa Marga para 31 Mei 2020, pada pukul 08.20 WIB.

Proses pembersihan langsung dilakukan oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang serta jajaran Polres Semarang untuk memastikan keamanan pengguna jalan.⁣ Dan sejak Minggu pagi (31/5/2020), satu lajur di lokasi kejadian telah dapat digunakan dengan aman oleh pengguna jalan.⁣

Berikut fotonya!

Foto menunjukkan Longsor di Tol Ungaran-Semarang

Foto menunjukkan proses pembersihan sisa longsor Jalan Tol Ungaran-Semarang

Foto menunjukkan proses pembersihan sisa longsor Jalan Tol Ungaran-Semarang

Proses pembersihan sisa longsor Jalan Tol Ungaran-Semarang

>>> Tol Semarang ABC Mudahkan Akses ke Seluruh Kota Semarang

Tidak semengerikan foto HOAX

Senin pagi, 1 Juni 2020 sekitar pukul 08.00 WIB, Cintamobil.com melihat secara langsung lokasi longsor dan kondisinya tidak semengerikan foto HOAX yang tersebar di medsos. Dan sekarang bisa dikatakan 90 persen aman. Sisa-sisa tanah longsoran sudah disingkirkan dari jalan. Tinggal beberapa gundukan di pinggir jalan menunggu diangkut. Lajur kiri masih ditutup, sementara lajur kanan sudah dibuka dan bisa dilewati.

Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna tol yang melalui area ini dari arah selatan (Solo/Salatiga / Bawen/Ungaran) untuk berhati-hati. Kurangi kecepatan sejak titik rest area 429A/429B karena konturnya menurun landai. Bahkan setelah lokasi longsor konturnya menurun tajam dan menikung tepat di jembatan Susukan.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto menunjukkan Lajur tol longsor Ungaran-Semarang

Sudah aman untuk dilewati

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top