Dibilang Sama, Renault Kiger dan Nissan Magnite Ternyata Beda!

30/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Banyak yang bilang SAMA antara Renault Kiger dan Nissan Magnite hanya karena sama-sama menggunakan mesin 1.000 cc 3 silinder Turbo. Ternyata keduanya beda!

Kehadiran model baru Renault Kiger di tanah air membuat persaingan segmen SUV kompak semakin seru. Maklum, sejumlah model juga telah diluncurkan dalam waktu yang cukup berdekatan.

mobil baru Renault Kiger 2021 berwarna biru
Renault Kiger yang baru saja diluncurkan akhir Agustus lalu

Salah satunya Nissan Magnite yang diluncurkan pada akhir Desember 2021. Mobil ini menjadi pilihan baru bagi konsumen yang ingin beralih dari hatchback ke SUV kompak

Renault Kiger Vs Nissan Magnite

Banyak yang bilang Renault Kiger tak berbeda dengan Nissan Magnite, merujuk pada spesifikasi mesin dan tenaga yang dihasilkannya. Secara memang demikian. Kiger dan Magnite dibuat menggunakan platform yang sama dengan mesin yang sama juga.

Namun bukan berarti saling menjiplak secara ilegal. Renault dan Nissan ditambah Mitsubishi adalah satu aliansi. Ketiganya boleh berbagi satu sama lain sepanjang itu dikehendaki.

Video di CintamobilTV
 
Kiger dan Magnite dibekali bensin 1.000 cc, 3-Silinder Turbo bertenaga 99 Hp (100 Ps) pada 5.000 rpm dan torsi 152 Nm pada 2.200-4.400 rpm. Keduanya juga memiliki kesamaan di sejumlah fitur. Meski demikian keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan.

Desain

Dari penampilan depannya Magnite berbeda dengan Kiger. Magnite terlihat lebih mengotak dengan gril besar khas ‘Datsun’. Sedangkan Kiger lebih sporty dengan DRL LED menyipit dan gril yang tak terlalu besar.

Dari samping dan belakang Nissan Magnite memiliki garis-garis bodi tegas lebih banyak dibanding Kiger, membuatnya lebih berkarakter sebagai SUV. Namun Kiger unggul dalam dalam hal jelajah karena punya ground clearance lebih tinggi dari Magnite.

Foto Nissan Magnite tampak samping depan

Menggunakan gril Datsun, Nissan Magnite mengesampingkan desain V-Motion yang jadi ciri khasnya

Perbandingan dimensinya Nissan Magnite memiliki panjang 3.994 mm, lebar 1.758 mm, dan tinggi 1.572 mm dengan jarak sumbu roda 2.501 mm dan ground clearance 186 mm.

Sedangkan Renault Kiger memiliki ukuran panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.605 mm, serta jarak sumbu roda 2.500 mm dan ground clearance 205 mm.

>>> Cintamobil TV: SUV Termurah Nissan Magnite dengan Fitur Berlimpah

Ke bagian interior, perbedaan paling mencolok ada di ruang kemudi. Penataan dashboard Nissan Magnite meliputi 2 kisi AC di kiri dan kanan, 2 kisi AC di tengah terletak di bawah head unit yang dibikin float.

Sedangkan Nissan Magnite dashboardnya dibikin seolah berlapis tiga. 2 kisi AC berbentuk trapesium ada di kiri dan kanan, 2 lagi ada di tengah. Head unit diletakkan di bawah kisi AC tengah juga dibikin float.

Foto Interior Nissan Magnite

Interior Nissan Magnite, futuristik dan berkelas

Setir juga berbeda. Sama-sama tiga palang, setir Renault Kiger menggunakan kombinasi warna hitam doff dan metalik. Sedangkan setir Nissan Magnite menggunakan kombinasi hitam doff dan silver.

Untuk akomodasi penumpang dan barang, keduanya sama-sama 5 seater. Sandaran kursi belakang bagian tengah saat tidak dipakai bersandar  bisa difungsikan sebagai armrest. Bahkan terdapat 2 cup holder untuk meletakkan botol atau gelas minuman.

Bagasi Kiger berkapasitas 405 liter, lebih luas dari bagasi Magnite yang berkapasitas hanya 336 liter. By the way, kedua bagasi cukup untuk menampung barang bawaan ringan milik semua penumpang.

>>> Serius, Renault Kiger Tantang Daihatsu Rocky?

Fitur

Untuk mobil di bawah Rp 300 jutaan fitur Renault Kiger dan Nissan Magnet terbilang modern lebih dari cukup. Keduanya dibekali head unit yang support Android Auto dan Apple CarPlay.

Fitur keselamatan Kiger meliputi Electronic Stability Control, Traction Control System, Vehicle Dynamic Control, 4 airbag, Hill Start Assist, dan kamera parkir.

Untuk kenyamanan Kiger memiliki filter AC PM2.5 yang dapat menyaring partikel hingga sebesar 2.5 mikron membuat hembusan AC dalam kendaraan menjadi lebih bersih. Di baris belakang, pengendara bisa mengatur arah hembusan AC dengan adanya kisi-kisi di belakang konsol tengah.

Foto menunjukkan Instrument Cluster Renault Kiger

Instrument cluster Renault Kiger resolusi tinggi, sayang tak ada fitur TPMS

Tampilan instrument cluster Magnite juga lebih futuristik dibanding Kiger, meski sama-sama resolusi tinggi dan penuh warna. Untuk penumpang baris belakang juga bisa mengatur sendiri arah hembusan AC dengan adanya kisi-kisi di belakang konsol tengah.

Nissan Magnite tak kalah lengkap. Fitur keselamatannya meliputi sistem pengereman ABS+EBD, Anti Roll Bar, Automatic Warning Hazard, Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Traction Control System (TCS), Hydraulic Brake Assist (HBA), dan yang lain.

Nissan Magnite juga memiliki fitur pemantau tekanan ban Tyre Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini tidak tersedia pada Renault Kiger.

>>> 3 Alasan Pentingnya Fitur TPMS Pada Mobil

Harga

Poin terakhir ini punya perbedaan sangat besar. Kiger yang diluncurkan 28 Agustus 2021, dijual mulai Rp 278 juta. Jauh lebih mahal dari Magnite yang saat ini [Agustus 2021] dijual dengan harga termahal Rp 244,8 juta, yaitu tipe Premium 1.0L Turbo CVT.

Foto menunjukkan Renault Kiger vs Nissan Magnite

Silahkan memilih, mobil Eropa atau mobil Jepang?

Kesimpulan akhir, antara Renault Kiger dan Nissan Magnite tidaklah sama. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda yang suka dengan nama besar merek Eropa bisa memilih Renault Kiger. Tapi kalau ingin berhemat Anda bisa memilih Nissan Magnite.

>>> Cari mobil Nissan, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top