Dibagi Enam Kategori, Ini Dia Pilihan Mobil Teraman Euro NCAP

10/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Dibagi Enam Kategori, Ini Dia Pilihan Mobil Teraman Euro NCAP
Setelah melakukan pengujian fitur keselamatan standar yang diberikan pada 51 model, pilihan mobil teraman Euro NCAP mendapatkan pemimpin di enam kategori.

European New Car Assessment Program (Euro NCAP) menguji 55 model dari berbagai pabrikan selama 2019. Hasilnya 41 model berhasil mendapatkan peringkat keamanan tertinggi. Penilaian mobil teraman Euro NCAP menghasilkan delapan mobil dengan tingkat keselamatan tertinggi untuk masing-masing kategori.

mobil baru Renault Clio berwarna perak diuji tabrak 
Renault Clio menjadi mobil teraman untuk kategori supermini

Di segmen supermini, spesialis keselamatan untuk mobil Eropa ini mendaftarkan Renault Clio dan Audi A1 sebagai pilihan terbaik. Keduanya mendapatkan skor keselamatan yang hampir sama. Hatchback terbaru Ford Puma harus puas berada di tempat ketiga.

>>> Ingin membeli Mercedes-Benz terbaru? Dapatkan pilihannya di sini

Di kelas mobil keluarga kecil, Mercedes-Benz CLA yang baru saja diperkenalkan pada Januari tahun lalu dinyatakan sebagai pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan tingkat keselamatan tertinggi. Peringkat kedua diikuai oleh Mazda3.

mobil baru Tesla berwarna birusedang diuji tabrak
Tesla mampu meraih penghargaan mobil teraman di tiga kategori

Penghargaan mobil keluarga berukuran besar diberikan kepada Tesla Model 3 dan BMW Seri 3. Dalam pengujian yang dilakukan Euro NCAP, keduanya meraih skor keseluruhan yang cukup identik. Dimana BMW mendapatkan penilaian yang lebih baik untuk perlindungan bagi pejalan kaki. Tesla Model 3 yang memuncaki sistem keselamatan dalam fitur Safety Assist juga dipilih sebagai mobil hybrid/listrik teraman.

>>> Siap Masuk Indonesia, Sistem Keselamatan Kia Seltos Toreh Bintang 5

Dan untuk kali pertama sebuah kendaraan listrik memenangkan peringkat teratas untuk kategori kendaraan off-road. Penghargaan diberikan kepada Tesla Model X. Mengikuti di bawahnya SUV Seatr Tarraco yang berbagi platform dengan Volkswagen Tiguan dan Skoda Kodiaq.

mobil baru BMW Seri 3 berwarna hitam sedang diuji tabrak 
BMW Seri 3 mendapatkan skor fitur keselamatan yang tinggi

Subaru masih menancapkan kakinya di pasar mobil Eropa dengan Subaru Foster meraih skor tertinggi untuk MPV kecil. Sedangkan Mazda CX-30 dan Volkswagen Tiguan harus puas berada di tempat kedua dan ketiga dengan perbandingan tingkat keselamatan yang tak terlalu berbeda.

>>> Harga Volkswagen Tiguan 2017 Di Indonesia, Mini SUV Gagah Dengan Teknologi Terbaru

Bagaimana cara menjadi mobil teraman Euro NCAP? Lembaga penilai kendaraan tersebut mengungkapkan bahwa “perhitungan dibuat dari jumlah tertimbang dari skor di masing-masing dari empat bidang penilaian: (perlindungan terhadap) Penghuni Dewasa, Penghuni Anak, Pejalan Kaki dan Safety Assist.”

Penilaian dilakukan dengan menguji fitur keselamatan standar. Jadi pabrikan yang pelit fitur standar akan mendapatkan skor yang tak terlalu baik. Total penilaian akan digunakan sebagai dasar untuk perbandingan kendaraan. Mobil yang memenuhi syarat didapatkan emblem “Best in Class” untuk memudahkan pelanggan mendapatkan mobil terbaik dengan tingkat keselamatan tertinggi.

>>> Kumpulan berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top