Di ‘Rumah Sendiri’ Penjualan Hyundai Semakin Ngegas

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Di ‘Rumah Sendiri’ Penjualan Hyundai Semakin Ngegas
Sepanjang September 2020 Penjualan Hyundai di pasar domestik mengalami peningkatan cukup pesat hingga 33,8% dengan kendaraan terjual sebanyak 67.080 unit.

Pandemi COVID-19 telah meruntuhkan performa penjualan produk otomotif di seluruh dunia. Nyaris, semua produsen otomotif mendapatkan pukulan telak karena hanya mendapatkan penjualan yang sangat sedikit. Selain disebabkan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, juga disebabkan berhentinya produksi di pabrik hingga beberapa waktu.

Namun kini, secara perlahan dan bertahap penjualan otomotif mulai bangkit seiring relaksasi di berbagai negara. Grafik peningkatan juga mulai terlihat meski belum kembali seperti saat normal. Salah satunya yang dialami Hyundai.

Penjualan Hyundai

Dalam rilisnya, (5/10/2020) lalu Hyundai Motor Company mengumumkan pencapaiannya sepanjang September 2020. Hyundai berhasil menjual sebanyak 67.080 unit kendaraan di pasar domestik Korea Selatan.

Sedan Grandeur atau Azera memberi kontribusi besar dengan penjualan terbaik sebanyak 11.590 unit. Model lain seperti sedan Elantra atau Avante dan SUV Palisade, juga membantu meningkatkan penjualan di Korea.

>>> Review Hyundai Palisade 2019

Foto Hyundai Grandeur Hybrid tampak dari samping depan

Hyundai Gradeur Hybrid, pilihan mobil sedan ramah lingkungan dari Hyundai

Hasil tersebut jauh lebih banyak dibanding bulan yang sama 2019 dimana Hyundai hanya menjual sebanyak 50.139 unit alias meningkat sebesar 33,8 persen. Juga jauh lebih baik dibanding bulan Agustus 2020 yang hanya meningkat 3,2 persen atau bulan Juli yang meningkat 28,4 persen.

Berbeda dengan di dalam negeri, penjualan Hyundai di luar Korsel masih negatif dengan penurunan sebesar 11,2 persen. Dari sebanyak 330.771 unit pada September tahun lalu menjadi 293.682 unit tahun ini. Meski demikian angka tersebut jauh lebih baik dibanding bulan Agustus 2020 yang hanya terjual sebanyak 264.110 unit (naik 11,2 persen). Bagaimana dengan penjualan global?

Penjualan global

Penjualan Hyundai level global juga masih negatif. Meski demikian terlihat mulai membaik jika dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sepanjang satu bulan Hyundai menjual sebanyak 360.762 unit, turun 5,3 persen dibanding September 2019 yang terjual sebanyak 380.910 unit namun naik 13,2 persen dibanding bulan sebelumnya (Agustus 2020) yang terjual sebanyak 318.700 unit.

Disebutkan dalam rilisnya, penurunan penjualan lebih banyak disebabkan perlambatan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Namun demikian yang terpenting adalah menjaga kepuasan pelanggan, seperti memperpanjang masa garansi, dan meluncurkan model baru secara online. Di bulan September Hyundai juga meluncurkan 'Channel Hyundai', sebuah aplikasi interaktif untuk membagikan beragam informasi merek tersebut dengan cara baru.

>>> Mengintip Sedan Mewah Hyundai di Drama Korea World of Married Couple

Foto Hyundai Palisade tampak samping belakang

Hyundai Palisade, SUV mewah 7 seater

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top