Di Kota Ini Tempat Parkir Motor Malah Diperbanyak dan Gratis

30/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Dewan kota Manchester baru saja mengumumkan jika telah menambah jumlah tempat parkir sepeda motor diseluruh penjuru kota yang semuanya bisa dinikmati warga secara gratis.

Tanpa bermaksud diskriminatif, terkadang di beberapa kota besar pemerintahnya memperlakukan pengguna sepeda motor tidak lebih baik dibanding pengguna mobil. Misalnya saja ketersediaan tempat parkir motor yang terbatas menyebabkan terjadi penumpukan. Bahkan ada juga yang memberlakukan tarif parkir cukup mahal untuk pemilik sepeda motor yang menitipkan kendaraannya.

Namun kejadian ini berbeda berbanding terbail dengan pemerintah kota Manchester, Inggris. Sebab belum lama ini, dewan kota tersebut sudah mengumumkan jika ada peningkatan jumlah lahan parkir di seluruh penjuru kota, dan semuanya tersedia gratis bagi para pengguna motor.

>>> Intip Spesifikasi Kamera ETLE Mobile yang Ada di Helm dan Mobil Polisi

Punya 63 Lahan Parkir Motor dan Semuanya Gratis

Tempat parkir motor Gratis

Lahan parkir disediakan di pinggir jalan hingga di area tertutup

Pihak dewan kota Manchester rupanya sudah menyediakan banyak sekali tempat yang bisa dipakai sebagai area parkir pesepeda motor. Baik itu yang posisinya di pinggir jalan, di dalam gedung, hingga di dekat taman. Dan semuanya gratis untuk digunakan.

"Kami telah menambah jumlah tempat parkir khusus sepeda motor di semua wilayah di posat kota. Jadi kini ada 63 tempat parkir motor dan 64 tempat parkir mobil. Semuanya gratis untuk para pengguna sepeda motor," tulis keterangan resmi Manchester City Council, dikutip dari Visordown, Senin (29/03/2021).

>>> Hindari Kebiasaan Aktifkan Rem Tangan Terlalu Lama Saat Parkir di Rumah

Jika Parkiran Penuh Wajib Parkir di Lahan Berbayar

Parkir Motor Sembarang

Ada denda jika parkir di sembarang tempat

>>> Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

Meskipun ada banyak tempat parkir motor yang disediakan gratis, tetapi dewan kota setempat menegaskan, jika pemotor tidak kebagian parkir karena di lahan tersebut sudah penuh oleh motor lain, maka ia wajib memarkir kendaraannya di tempat-tempat yang diterapkan tarif parkir. Karena jika mereka meletakkan sembarang sepeda motornya di pinggir jalan, maka akan ada sanksi tilang yang cukup berat.

"Jika Anda parkir di tempat yang berbayar atau berlangganan, Anda harus membeli tiket dan menunjukkan tiketnya saat hendak masuk atau keluar. Anda juga bisa menempelkan nomor registrasi tiket parkir itu pada stiker di motor," lanjut keterngan Dewan Kota Manchester.

Setiap sepeda motor yang beroperasi di wilayah ini, patut mentaati peraturan yang berlaku. Dan apabila kedapatan parkir di tempat dilarang parkir, maka pengemudi motor ini akan dikenai denda seperti besarnya tarif parkir di lokasi yang berbayar serta wajib membeli tiket langganan parkir.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top