Di Indonesia Masih Berjuang, Intip Penjualan Wuling Di Negara Asalnya

03/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Di Indonesia Masih Berjuang, Intip Penjualan Wuling Di Negara Asalnya
Wuling masih harus berjuang untuk bisa 'panen' berjualan di Indonesia. Penjualan Wuling masih mengalami fluktuasi. Pernah naik hampir menyentuh 2.000 unit, turun lagi ke 1.000-an unit. Lalu bagaimana penjualan Wuling di negara asalnya China.

Sejak mengawali kiprah bisnisnya di Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 BSD City Tangerang, Banten, merek China Wuling memang cukup mengejutkan. Dimulai investasi US$700 juta yang ditanam untuk mendirikan pabrik baru Wuling Motors di Cikarang Bekasi seluas 60 hektar, lalu meluncurkan produk pertamanya Low MPV Wuling Confero S yang dijual dengan harga jauh di bawah para kompetitor. Tipe tertinggi Confero S yang memiliki segudang fitur yaitu L Lux+ dijual hanya dengan harga Rp 175.800.000 (November 2018).

Dua orang model berpose bersama Wuling Confero S di GIIAS 2017

Wuling Confero S, model mengawali perjalanan bisnis Wuling di Indonesia

Wuling Motors kini memiliki empat model setelah kehadiran Cortez 1.8L, Cortez 1.5L dan Formo 1.2L. Sama dengan Wuling Confero S yang dijual dengan harga dibawah kompetitor, ketiga model tersebut juga dijual dengan harga terjangkau. Punya model keren, banyak fitur, dan harga murah ternyata belum cukup untuk meyakinkan konsumen di Indonesia secara umum. Data penjualan Wuling tahun 2018 masih mengalami naik turun. Pernah mencapai titik tertingginya hingga Oktober 2018 dengan penjualan sebanyak 1.908 di bulan Agustus, tapi turun lagi drastis di bulan Oktober yang hanya mencatatkan penjualan 1.083 unit. Wuling Confero S yang jadi tulang punggung penjualan juga mengalami naik turun. Terjual sebanyak 1.214 unit di bulan Agustus, turun menjadi 775 unit di bulan Oktober.

>>> Review Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT bisa dilihat di sini!

Bagamana dengan penjualan Wuling di negara asalnya China?

Membandingkan penjualan Wuling di Indonesia dengan di China sangat jauh berbeda. Untuk periode 2018 dari bulan Januari - Oktober penjualan Wuling di Indonesia hanya sebanyak 13.400 unit. Sedangkan di China untuk periode yang sama Wuling berhasil menjual sebanyak 900.255 unit dengan penjualan di bulan Oktober sebanyak 102.489 unit, seperti dikutip dari focus2move.com (1/12/2018). Dari jumlah sebanyak itu, Wuling Hongguang yang jadi basisnya Wuling Confero S di Indonesia memberikan kontribusi lebih dari 30% dengan jumlah unit terjual selama 10 bulan sebanyak 365.748 unit. Di bulan Oktober penjualan Wuling Hongguang mencapai 45.333 unit.

Sekali lagi, dengan data penjualan yang jauh berbeda Wuling Motors masih harus berjuang meyakinkan konsumen di Indonesia dimana merek Jepang sudah sangat mendarah daging. Sementara Wuling baru satu setengah tahun di Indonesia. Bahkan target menjual 30.000 unit di tahun 2018 hampir dipastikan gagal dan tidak lagi dihiraukan demi mengejar target lebih besar, memperbanyak jaringan dan mengutamakan layanan after sales. Hingga akhir November Wuling telah memiliki 84 dealer resmi dari target 80 dealer di tahun 2018.

>>> Dealer Wuling Ciputat Diresmikan, Wuling Kini Punya 84 Dealer Resmi di Seluruh Indonesia

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top