Desainer Mobil BMW CSL Kini Merapat ke Kia

27/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Desainer Mobil BMW CSL Kini Merapat ke Kia
Kia kembali merekrut karyawan baru yang kini merupakan bekas desainer mobil BMW, Won Kyu Kang. Kang bukan orang sembarangan, karena dialah pencipta mobil konsep BMW 3.0 CSL Hommage.

Kia belakangan ini selalu tampil dengan model-model yang berdesain menarik dan atraktif. Pabrikan Korea Selatan (Korsel) ini pun terus disejajarkan secara global dan bersaing dengan produsen Eropa yang selama ini memangs udah terkenal menawarkan desain mobil yang mengagumkan.

Kunci keberhasilan nama Kia terus terkerek setidaknya dalam lima tahun terakhir disinyalir lantaran perusahaan tersebut merekkrut cukup banyak karyawan baru. Mereka dipilih dari kumpulan orang-orang kreatif yang stategis, bahkan tak jarang Kia merekrut orang penting yang dahulunya bekerja di merek otomotif lain.

Misalnya sejumlah kepala desain Kia banyak diambil dari orang-orang yang awalnya bekerja sebagai desainer mobil BMW. Tak ayal, pengalaman mendesain mobil-mobil eksotik Eropa, kini diaplikasikan oleh Kia.

>>> Teaser KIA Sedona 2021 Rilis, Lebih Berkarakter dan Mewah

Banyak Desainer Kia Awalnya Orang Penting di BMW

BMW 3.0 CSL Concept

Sayangnya desain BMW ini dianggap titdak sesuai untuk masuk lini produksi saat itu

Ada banyak contoh sejumlah karyawan di divisi desain Kia yang merupakan mantan desainer mobil BMW. Misalnya Albert Beirman yang sebelumnya banyak terlibat dalam membentukan brand BMW M. Beirman pun lantas membuktikan melalui desain Kia Stiger yang mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan. Lalu Kia juga sekarang punya Karim Habib selaku Chief Designer yang sebelum 2019 bekerja untuk BMW, Daimler, dan juga Infiniti.

Dan belum lama ini Kia kembali mendapat desainer hebat dari BMW, Won Kyu Kang. Ia dipercaya menjabat sebagai Vice President and Head of the Kia Design Innovation Group. Kyu Kang akan bekerja di kantor pusat desain Kia di Namyang Korsel, dan menjadi bawahan langsung Karim Habib.

"Kang akan memberikan rencana desain masa depan baik eksterior maupun interior, diseluruh portofolio produk Kia," tulis keterangan Kia seperti dikutip dari Carbuzz, Selasa (27/10/2020). Secara spesifik, Kang akan fokus pada pengembangan model elektrik Kia.

>>> Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik

Mantan Desainer Mobil BMW CSL Hommage Concept

Won Kyu Kang BMW

Won Kyu Kang kini jadi Head of Kia Design

>>> Review BMW M5 Edition 35 Years 2020: Ledakan Tenaga M5 Terbuas

"Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan tim desain Kia, terutama di saat industri otomotif menghadapi perubahan radikal. Saya yakin Kia akan memainkan peran utama dalam mendefinisikan era baru desain berbagai produk elektrik untuk masa depan," kata Kang.

"Saya senang menjadi bagian dari perjalanan ini dengan tim desain yang berkomitmen di Kia untuk lebih memperkuat lini produk dan strategi desainnya. Pengetahuan yang terkumpul selama karier saya tentu akan berkontribusi pada transisi Kia, dan saya berharap dapat bekerja dengan tim dalam arah kreatif yang baru," lanjut dia.

Ditariknya Kyu Kang sebagai desainer Kia yang baru bukan tanpa alasan. Dahulu desainer mobil BMW ini bekerja sebagai Crative Director di BMW Group Designworks di Shanghai, Cina. Ia lah yang menciptakan mobil konsep BMW 3.0 CSL Hommage tahun 2015. Sayangnya mobil itu tidak pernah diproduksi karena dianggap bertentangan dengan desain produksi perusahaan saat itu.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top