Desain Kijang Innova Sempat Bikin Orang Jepang Bingung

19/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Desain Kijang Innova Sempat Bikin Orang Jepang Bingung
Desain Kijang Innova sempat membingungkan orang Jepang. Alasannya Kijang Innova yang masuk segmen MPV justru memiliki desain kotak seperti MPV pada umumnya.

Setiap negara tentunya memiliki selera yang berbeda soal desain mobil. Itulah mengapa model mobil yang dijual di tiap negara berbeda. Untuk di Indonesia misalnya, model mobil MPV menjadi yang terpopuler.

Sesuai dengan kepanjangannya, mobil-mobil di segmen Multi Purpose Vehicle dianggap memiliki fungsi serbaguna. Di samping itu, MPV bisa memuat lebih banyak penumpang di dalamnya sehingga juga identik dengan mobil keluarga.

Desain MPV di Indonesia Sudah Disesuaikan

>>> Toyota Kijang Innova Ambulance: Pahlawan Virus Corona

Desain mobil MPV di Indonesia pun dibuat beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen di segmen tertentu. Bahkan desain MPV di Indonesia ini sempat membuat bingung orang Jepang.

“Sebenarnya kalau kita katakan desain ini memang relatif ya. Saya ingat pernah diskusi dengan teman-teman di Jepang, mereka kalau lihat desain Kijang Innova itu pada bingung sebenarnya ini mobil apa,” ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy pada kesempatan Ngovid bareng Forwot belum lama ini.

Dijelaskan Anton, di Jepang atau negara lainnya bentuk mobil MPV terlihat lebih boxy alias kotak disertai bodi besar. Desain itu bisa dilihat pada model MPV premium seperti Alphard, Voxy dan juga Vellfire.

Toyota Innova

Desain Kijang Innova yang tak kotak

>>> Harga Toyota Innova Bekas Tetap Tinggi, Ini Alasannya

“Tapi Innova ini sebenarnya MPV atau crossover atau apa gitu ya, jadi sebenarnya yang kita sebut MPV di Indonesia tidaklah murni MPV, sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia,” jelas Anton lagi.

Di Indonesia, mobil MPV memang beragam jenisnya dengan harga jual yang menyesuaikan. Namun mobil MPV di Tanah Air lebih identik dengan 7-seaternya. Di segmen Low Cost Green Car (LCGC) bisa ditemui Calya dan juga Sigra. Meski mungil LCGC jenis MPV ini punya kapasitas angkut hingga tujuh orang disertai harga jual yang lebih rendah.

Kemudian sedikit di atasnya yang merupakan segmen Low MPV. Ini merupakan segmen yang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak pabrikan yang terjun dan memasarkan mobilnya di segmen ini.

MPV Di Indonesia Tak Berbentuk Kotak

>>> Ada Cortez Yang Lebih Terjangkau, Penjualan Innova Masih Yang Terbaik

Toyota misalnya lewat Avanza, kemudian kembaran Avanza ada Daihatsu Xenia. Ada juga Suzuki dengan Ertiganya, Wuling Confero, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, dan Honda Mobilio.

Toyota Avanza

Desain Avanza

Satu tingkat di atasnya lagi terdapat Medium MPV yang diisi oleh mobil sekelas Kijang Innova. Sedangkan Alphard, Voxy, serta Vellfire menempati segmen MPV premium.

Toyota Alphard

Tampang Toyota Alphard

“Maunya MPV tapi modelnya jangan juga terlalu kotak, kecuali di segmen medium high dan luxury yang kotak ini yang diterima oleh pasar. Jadi memang agak berbeda,” tutur Anton.

Penjualan MPV di Tanah Air memang lebih mendominasi bila dibandingkan segmen lain. Bisa dilihat pada data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil-mobil jenis MPV baik di segmen LCGC, LMPV, atau Medium MPV selalu mendominasi di posisi teratas.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia mencatatkan rapor merah pada April 2020 dan menjadi yang terburuk dalam 15 tahun belakangan sebagai imbas dari virus corona.

Lihat juga

Target Penjualan Mobil di Indonesia Turun Hampir 50 Persen

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

GAIKINDO telah menetapkan target penjualan mobil di tahun ini sebanyak 600.000 uni. Turun hampir 50 persen dari target awal berada di angka 1,050.000 unit.

Lihat juga

All New Toyota Kijang Innova - MPV Mewah dan Elegan

Rp 326,050,000

28/03/2017

Editor rate:

Jika anda diminta menyebut salah satu tipe kendaraan paling legendaris di Indonesia, mungkin yang langsung muncul di pikiran adalah Toyota Kijang.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova 2015

Rp 290.600.000

07/02/2018

Editor rate:

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Innova, mobil MPV yang masih satu saudara dengan Avanza dan juga digandrungi oleh sejuta umat di Indonesia. Toyota Innova 2015 atau yang disebut dengan Toyota New Kijang Innova merupakan mobil MPV terbaru dari Toyota yang diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Apa saja kelebihan dari mobil ini? Review Toyota Kijang Innova 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga
 
back to top