Deretan Mobil yang Punya Biaya Penggantian Komponen Tinggi

10/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Deretan Mobil yang Punya Biaya Penggantian Komponen Tinggi
Biaya penggantian komponen setiap model mobil berbeda-beda. Berikut deretan mobil yang punya biaya penggantian komponen tinggi seperti diambil RepairPal.

Sama halnya dengan manusia, mobil juga butuh perawatan. Ini dilakukan agar mobil bisa memberikan performa optimal. Tapi tak bisa dipungkiri juga kalau semakin tua usia mobil, ada kemungkinan Anda akan lebih sering membawanya ke bengkel.

Biasanya ada saja masalah yang terjadi misalnya pada komponen mobil dan Anda harus segera menggantinya. Tiap merek tentu memiliki standarnya tersendiri. Tetapi lembaga Consumer Reports mencatat ada sederet mobil yang punya komponen dengan banderol harga tinggi ketika harus dilakukan penggantian. 

>>> Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Liburan

Didominasi Mobil Jerman

Tercatat merek-merek mobil asal Jerman cukup mendominasi biaya penggantian komponen di posisi tertinggi. Mengutip data yang riset dari RepairPal, BMW Mercedes-Benz, hingga Audi masuk ke dalam daftar biaya penggantian komponen tertinggi. 

BMW seri 7

BMW 750i

Dimulai dari kompresor AC. Kalau rata-rata penggantian atau perbaikan komponen ini menguras biaya sekitar 1.211 dolar atau setara Rp 16,9 juta maka mobil BMW 750Li lebih jauh dari itu yakni 4.453 dolar yang kalau dirupiahkan berkisar Rp 63 jutaan.

Setelah BMW seri 7, untuk penggantian komponen kompresor AC pada Lexus GS450h menjadi yang kedua yakni 3.693 dolar yang setara dengan Rp 51 juta. Sedangkan di tempat ketiga ada Mercedes-Benz E400 sebesar 3.684 dolar atau Rp 51,5 juta. 

biaya komponen

Rata-rata biaya penggantian fuel pump

Kocek yang dikeluatkan untuk penggantian komponen yang tinggi bukan hanya ada pada BMW 750i. Model lainnya juga tercatat demikian. Misalnya biaya penggantian komponen alternator BMW M760i xDrive yang mencapai 2.669 dolar atau setara Rp 37 juta. Tapi itu belum seberapa, untuk penggantian komponen alternator pada Porsche Cayenne tercatat lebih mahal yakni 2.810 dolar setara Rp 39,3 jutaan. Padahal, untuk alternator rata-rata biaya penggantiannya hanya sekitar 825 dolar atau Rp 11,5 juta. 

>>> Servis Di Bengkel Resmi Mahal? Nih Triknya Biar Murah

Di Indonesia Tak Diketahui Pasti

Beralih ke komponen lain yakni pompa bensin. Rata-rata penggantian komponen pompa bensin ini berkisar 1.135 dolar atau sekitar Rp 15,8 juta. Namun demikian Lexus IS F dan LS460 bisa membuat Anda merogoh kocek hingga 3.700 dolar setara Rp 51,7 juta untuk kasus yang sama. 

penggantian kompresor AC

Estimasi penggantian kompresor AC

 

Kemudian ke bagian starter. Biasanya biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk penggantian komponen starter ini menghabiskan 630 dolar. Penggantian komponen ini Audi RS5 menjadi yang termahal yakni 2.708 dolar setara Rp 37,8 juta dan diikuti Mercedes AMG GL63 sebesar 2.695 dolar yakni sekitar Rp 37,7 juta. 

Perlu dicatat biaya untuk mengganti komponen tersebut diambil berdasarkan survei di AS. Untuk di Indonesia, biaya penggantian komponen untuk merek-merek di atas tak diketahui dengan pasti. Bisa lebih mahal atau justru lebih murah. Yang jelas, Anda harus tetap memperhatikan perawatan mobil agar umurnya bisa lebih panjang. 

>>> Pakai Armada Mobil Listrik, Blue Bird Hemat Bensin dan Biaya Perawatan

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top