Deretan Mobil Listrik yang Sudah Lakoni Uji Tipe di Indonesia

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Deretan Mobil Listrik yang Sudah Lakoni Uji Tipe di Indonesia
Jumlah mobil listrik di Indonesia masih minim. Meski begitu, para pabrikan rupanya telah melakoni Uji Tipe dan mendapatkan SUT untuk beberapa modelnya.

Indonesia tak mau ketinggalan dalam tren mobil listrik. Pemerintah pun telah merilis sejumlah aturan untuk mempercepat kehadiran mobil listrik di Tanah Air. Termasuk soal aturan soal pajak kendaraan listrik supaya harganya bisa bersaing dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. 

Adanya aturan tersebut disambut baik oleh para pabrikan. Beberapa pabrikan pun tampak antusias dan melakukan uji tipe terhadap sejumlah modelnya sebelum dijual di Indonesia. 

Dalam data yang dimiliki Kementerian Perhubungan sudah ada 60 kendaraan listrik yang mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) di Indonesia terdiri dari 24 unit roda dua, 3 unit roda 3, dan 29 unit roda 4, dan 3 unit bus. 

Mobil listrik di Indonesia

Sederet kendaraan listrik yang sudah melakoni Uji Tipe di Indonesia

>>> Bus Listrik Transjakarta Diharap Tak Senasib dengan Versi CNG

Sudah Ribuan Unit Kantongi SRUT

Sementara untuk kendaraan listrik yang sudah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) ada total 2.278 unit. Adanya SRUT menandakan sederet mobil listrik tersebut sudah siap untuk diproduksi secara massal di Tanah Air. 

Bicara merek, mobil listrik yang sudah mendapatkan SUT dan SRUT antara lain Tesla yakni untuk Model S 75D, Model X P1000D, MPV BYD yang digunakan jadi armada Bluebird, Hyundai Ioniq EV, hingga Hyundai Kona EV. Kemudian ada juga model lain seperti Nissan Leaf namun baru sebatas SUT. 

"Nah ini ada Kona 1 (SRUT), sudah siap diproduksi massal. Nah Nissan sudah ada SUT tapi belum ada SRUT," jelas Kasi Sertifikasi Tipe Kendaraan Bermotor, Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Jabo Nur Utip dalam bincang virtual dengan KPPB, Selasa (9/8/2020). 

>>> 9 Mobil Listrik Baru BMW Mengantre untuk Mengaspal Hingga 2025

Armada Transjakarta Sudah Pakai Bus Listrik

Bus listrik Transjakarta

2 unit bus listrik BYD diuji coba jadi armada Transjakarta

Tak hanya mobil penumpang, kendaraan umum bertenaga listrik pun sudah mendapatkan SUT serta SRUT yang berarti siap untuk digunakan sebagai armada transportasi umum. 

"Dari sisi sertifikasi kendaraan dari jenis kendaraan sudah banyak. Kalau kita hubungkan dengan angkutan perkotaan jenis kendaraan sudah memadai yaitu bus lengkap dengan rumah-rumahnya. Kemudian sasis juga udah ada 2 produsen atau 2 merek yang melakukan pengujian sasis, jadi kesiapan produsen kendaraan listrik sudah siap, hanya sekarang memang demand ya," tutur Jabo. 

Seperti diketahui, saat ini masih minim pabrikan yang menjual mobil listriknya di Indonesia. Tercatat ada BMW dengan i3 dan juga importir umum Prestige Image Motorcars yang menawarkan beberapa model Tesla. 

Sedangkan untuk angkutan umum bertenaga listrik saat ini tengah diuji coba oleh Transjakarta. Transjakarta menggunakan dua unit bus listrik dari BYD untuk mengangkut penumpang rute Blok M-Balai Kota. 

>>> Berita otomotif hot lainnya ada di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Percepat Kendaraan Listrik di Indonesia, Pameran Konversi Skutik Dihelat

30/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Berkembangnya elektrifikasi membuat Indonesia tidak mau ketinggalan. Oleh sebab itu Kementerian Perindustrian terus mendorong kendaraan listrik di tanah air.

Lihat juga

Melalui GrabBike Elektrik, Grab Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

16/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Grab Indonesia dukung ekosistem transportasi yang lebih ramah lingkungan dan meningkatkan pendapatan Mitra Pengemudi dengan meluncurkan GrabBike Elektrik.

Lihat juga

Nissan Pamer Kemampuan Kendaraan Listrik Melawan Polusi

26/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Sering dikampanyekan kalau kendaraan listrik menjadi solusi dalam mengatasi masalah polusi. Tapi bagaimana kendaraan listrik bisa melakukannya? Simak penjelasan Nissan berikut!

Lihat juga

‘Hanya Ada Kendaraan Listrik dan Swakemudi di Ibukota Baru Indonesia’

29/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Dengan wacana pemindahan ibukota ke Kalimantan yang telah rampung, Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengungkapkan bahwa ibukota baru hanya akan menggunakan kendaraan swakemudi dan listrik untuk transportasi massal.

Lihat juga

Kendaraan Listrik di Jakarta Bebas Biaya Balik Nama Hingga 2024

24/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Sebagai langkah pengendalian kualitas udara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya meresmikan kebijakan keringahan pajak bagi kendaraan listrik di Jakarta.

Lihat juga