Deretan Mobil Jeep Kharismatik Selain Willys dan Wrangler

27/03/2021

Pasar mobil

1 menit

Share this post:
Deretan Mobil Jeep Kharismatik Selain Willys dan Wrangler
Ada berbagai jenis mobil buatan Jeep selain Jeep Willys yang juga tak kalah gagah dari segi penampilan, ketangguhan,dan performa mesin saat dikendarai.

Siapa yang tidak kenal mobil merek Jeep? Produsen mobil asal Amerika Serikat ini telah memproduksi mobil sejak era Perang Dunia II. Nama Jeep sendiri awalnya berasal dari GP yang merupakan singkatan dari General Purpose. Nama tersebut digunakan sebagai kode kendaraan tempur buatan Willy dan Ford yang dipakai untuk mengangkut tentara ke medan perang.

Mobil Jeep mulai dikomersilkan pada tahun 1944 dengan nama CJ (Civilian Jeep). Sejak itu, nama Jeep terus mendunia dan digandrungi oleh banyak pecinta otomotif. Desain khas Jeep yang gagah membuat sang pengendara terlihat berwibawa saat membawa mobil Jeep.

Setiap kali membicarakan Jeep, produk dari produsen mobil yang terlintas di pikiran orang adalah produk Jeep yang ikonik, seperti Jeep Willys dan Jeep Wrangler. Kedua jenis Jeep tersebut memang sangat tersohor di kalangan pecinta otomotif. Padahal, Jeep tidak hanya terbatas pada dua seri mobil tersebut. Ada deretan jenis mobil Jeep lainnya yang juga tidak kalah kharismatik dengan Willys dan Wrangler. Apa saja jenis lainnya? Simak penjelasannya beriku. 

Jeep CJ-6

Jeep CJ6

Mobil Jeep CJ-6 punya desain yang elegan 

Dari seri CJ, dua produk yang menjadi ikon di kalangan pecinta mobil Jeep adalah CJ-5 dan CJ-7. Padahal, ada satu seri Jeep yang juga layak diberikan perhatian, yaitu Jeep CJ-6. Seri CJ-6 ini pertama kali dirakit pada tahun 1955 dan produksinya dihentikan pada 1981. CJ-6 memiliki mesin yang sama dengan CJ-5, termasuk spare parts AMC yang legendaris.

Jeep Commander

Jeep commander

Mobil Jeep Commander warna putih

Jeep Commander merupakan seri Jeep model SUV yang pertama kali diproduksi Jeep pada tahun 2005 silam. Pada masa tersebut, Jeep Commander tidak mendapat banyak sorotan karena Jeep Liberty sedang naik daun. Padahal, jenis Jeep ini memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi saat dikendarai

Dengan unibody chassis dan interior luas yang memuat hingga delapan orang, Jeep Commander patut diberikan apresiasi lebih tinggi. Rumornya, jenis Jeep ini sedang dalam tahap penjajakan untuk diproduksi kembali.

>>> Modifikasi Mobil Jeep Willys Jeepster Berjantung Mesin V8 Milik Ford

Jeepster Commando

Di era tahun 1960-an, model 4x4 merupakan jenis mobil yang paling laku di pasaran. Berbagai produsen mobil ternama pun meramaikan pasar otomotif dengan model 4x4 andalan mereka. Beberapa nama mobil yang berada di puncak persaingan saat itu adalah Ford Bronco, International Scout, dan Chevrolet Blazer. Jeep yang saat itu berada di bawah naungan Kaiser, tidak memiliki cukup modal sehingga hanya mengembangkan prototipe Jeepster peninggalan Willy-Overland.

Jeep commando

Mobil Jeep Commando Warna Hijau 

Prototipe tersebut menjadi produk Jeep untuk terjun ke pasar dengan nama Jeepster Commando. Meski tidak mendapatkan sorotan di era produksinya, saat ini Jeepster Commando justru mendapatkan ketenaran karena modelnya yang gagah.

>>> Jeep Wrangler 1941 Edition Disediakan Sangat Terbatas dan Lebih Mahal

Jeep CJ-8

Mungkin Anda lebih familiar dengan jenis Jeep Gladiator yang merupakan salah satu mobil buatan Jeep yang paling tinggi. Namun, Pendahulu Jeep Gladiator, Jeep CJ-8, juga layak dikagumi. CJ-8 dilengkapi dengan wheelbase panjang bawaan dari CJ-7, dan memiliki desain eksterior serta roda besar yang khas.

jeep cj8 scrambler

Jeep Scrambler untuk offroad 

Meski hanya diproduksi selama 5 tahun saja (1981-1986), Jeep CJ-8 mendapatkan popularitasnya di kalangan pecinta mobil. Bahkan, salah satu mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, memiliki Jeep CJ-8 yang dipergunakan di peternakan miliknya.

Keempat jenis Jeep di atas merupakan model yang jarang masuk ke diskusi tentang Jeep. Padahal, fitur unik dan desain yang dimiliki oleh keempat Jeep tersebut tidak kalah jika dibanding Wrangler dan Willys. Ingin tahu lebih banyak tentang segala hal terkait dunia mobil seperti informasi mengenai Jeep di atas? Mari kunjungi website Cintamobil.com. Berbagai wawasan seputar mobil mulai dari berita terkini, tips dan trik, hingga layanan jual beli mobil paling lengkap tersedia di Cintamobil.com.

>>> Museum Toyota Nagoya Destinasi Wajib Pecinta Otomotif di Jepang

Share this post:
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top