Debut Porsche Macan 2022, Makin Bertenaga Meski Tinggalkan Nama Turbo

21/07/2021

Pasar mobil

4 menit

Porsche Macan 2022 resmi diperkenalkan kepada publik. Kini, Crossover SUV tersebut semakin bertenaga meski menanggalkan nama Turbo sebagai varian flagship.

Berita terbesar dari peluncuran Porsche Macan terbaru adalah penanggalan nama Turbo sebagai varian tertinggi Crossover kencang ini. Namun, penyuka kecepatan tak perlu khawatir karena varian flagship GTS kini menggantikannya dengan mesin yang sama dengan Porsche Macan Turbo.

Mesin 2,9 liter V6 twin-turbocharged tersebut menghasilkan tenaga 434 HP. Dengan opsi Sport Chrono Package, Macan GTS terbaru ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,3 detik dengan kecepatan tertinggi 272 km/jam.

Performa Porsche Macan Meningkat di Semua Varian

Tidak hanya varian GTS, performa Porsche Macan terbaru ini memang ditingkatkan untuk semua varian yang ditawarkan. Tenaga varian Macan terendah dengan mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged kini menjadi 261 HP dengan torsi 400 Nm. Sedangkan Macan S dengan tenaga 375 HP mengambil tempat GTS tahun lalu.

>>> Triliuner Jeff Bezos Sehari-hari Cuma Naik Honda Accord

Gambar Porsche Macan S

Macan terbaru dibekali dengan peningkatan performa di semua trim

Semua varian akan ditawarkan dengan transmisi PDK (Porsche Doppelkupplung) 7-percepatan yang menyalurkan tenaga ke semua roda (AWD).

Item standar tambahan pada GTS termasuk Porsche Surface Coated Brakes, suspensi udara adaptif dengan ketinggian pengendaraan yang sedikit lebih rendah, dan suspensi yang lebih kaku 15 persen dibandingkan dengan GTS sebelumnya.

Opsional untuk GTS adalah paket yang mencakup peningkatan performa seperti Sport Chrono Package dan Porsche Torque Vectoring Plus.

Tak hanya itu, ada beberapa opsi untuk meningkatkan tampilan seperti spion Sport Design dibalut warna hitam mengkilap, velg GT Design 21 inci dengan ban performa tinggi, jok bucket 18-arah pengaturan di dalam, dan masih banyak lagi warna hitam yang ditemukan di side skirts serta fascia depan dan belakang.

>>> Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 80%, Bisa Selesai Tepat Waktu?

Gambar Interior Porsche Macan

Interior Macan dengan Sport Chrono Package

Perubahan Minor di Fascia Depan

Bicara soal fascia, di situlah Anda akan menemukan pembaruan visual minor pada Porsche Macan terbaru. Fascia depan mendapatkan asupan udara terintegrasi dan trim depan dalam warna bodi.

Tiga ventilasi sempit di bagian bawah fasia sekarang menyatu menjadi satu strip yang menyambung dan seluruh wajah mobil terlihat sedikit lebih kotak dan simetris.

Bilah samping yang menonjol memiliki tekstur berbeda yang disamakan Porsche dengan elemen 3D, dan fasia belakang memiliki diffuser hitam yang membentang ke atas.

Gambar Fascia Macan GTS

Tampilan fascia depan Macan GTS

Lampu depan LED menjadi standar, dan Porsche mengatakan setidaknya ada tujuh desain velg baru untuk dipilih, mulai dari ukuran 19-inci atau 21-inci tergantung pada tingkat trim.

>>> Mobil Bermesin Konvensional Bertenaga 1.600 hp Siap Diproduksi

Pembaruan untuk interior juga tidak banyak. Konsol tengah yang didesain ulang adalah perubahan utama, menawarkan elemen sentuhan haptik untuk tampilan yang lebih bersih sekaligus juga menawarkan lebih banyak penyimpanan.

Tangkai persneling yang lebih pendek memanjang dari konsol, serta setir baru yang diadopsi dari 911. Di tengah, Anda akan menemukan layar sentuh 10,9 inci dan jam analog sebagai standar.

Gambar Porsche Macan Terbaru

Ditawarkan dari harga Rp 797 juta

Porsche mengatakan Macan 2022 dibanderol mulai dari $ 54.900 atau setara Rp 797 juta. Macan S mulai dari $65.400 atau setara Rp 950 juta, sedangkan GTS yang menjadi flagship mulai dari $79.000 atau Rp 1,1 miliar.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top