Sedan Beringas dari Korea Selatan Hyundai Elantra N 2022 Meluncur

14/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai Elantra N 2022 akhirnya diluncurkan. Sedan ini merupakan versi pamungkas dari model Elantra dengan peningkatan performa dan cat biru yang menarik.

Setelah lama ditunggu, versi pamungkas dari Hyundai Elantra kini sudah resmi diperkenalkan. Elantra N 2022 dibangun dengan tampilan sporty dan tenaga besar yang menjadi ciri khas dari lini N Hyundai.

Hyundai membekali mobil ini dengan berbagai peningkatan performa dan tentu saja, pabrikan asal Korea Selatan ini menawarkannya dalam balutan warna Performance Blue yang mengkilap.

Rangkaian Peningkatan Performa

Seperti yang diharapkan, berita besar di sini adalah apa yang ada di balik kap mesin Hyundai Elantra N. Tidak mengherankan, mobil ini mendapatkan mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged yang sudah dikenal dan dapat ditemukan pada model performa lain dari Hyundai.

>>> Koleksi Mobil Bintang Film Space Jam, LeBron James

Gambar Elantra N

Agresif lewat peningkatan performa dan aerodinamika

Untuk Elantra N, mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 276 HP dengan torsi 392 Nm. Sayangnya, penggemar transmisi manual harus sedikit kecewa karena mobil ini hanya ditawarkan adalah dalam transmisi otomatis dual-clutch (DCT) 8-percepatan. Tak perlu khawatir, transmisi tersebut dapat mengeksekusi perpindahan gigi dengan tajam.

Hyundai Elantra N memiliki mode N Grin Shift yang mengirim sinyal dari ECU untuk menambah boost pada turbocharger yang menghasilkan tenaga ekstra 285 HP. Dalam mode tersebut, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam 5,3 detik.

Membantu menyalurkan tenaga ke aspal, Elantra N dibekali limited slip differential elektronik yang dijuluki Hyundai N Corner Carving Different. Mobil ini juga dilengkapi sistem launch control, N Power Shift, dan N Track Sense Shift yang sama seperti model Hyundai N lainnya dengan DCT.

Gambar Hyundai Elantra N

Dibekali penggerak yang terinspirasi dari mobil rally WRC

Fitur inovatif lain dari Elantra N adalah poros penggerak terintegrasi yang terinspirasi dari mobil WRC yang mengintegrasikan poros penggerak, hub roda, dan bearing, serta mengurangi bobot sebesar 1,7 kg dan meningkatkan cengkeraman lateral.

>>> Diskon PPnBM Diperpanjang, Mitsubishi Xpander Makin Laris

Lebih lanjut, kinerja mobil juga dibantu oleh suspensi yang dapat diatur secara elektronik untuk mengoptimalkan pengendaraan dan pengendalian sambil meminimalkan noise, vibration, dan harshness (NVH).

Interior Sporty Bak Mobil Balap

Di dalam, Elantra N mendapatkan pencatat lap time serta fitur pemantauan untuk hal-hal seperti oli mesin dan suhu cairan pendingin. Mobil ini juga dibekali dengan opsi bucket seat.

Para insinyur Hyundai juga membekali mobil ini dengan suara mesin buatan yang terdengar dari sistem audio yang memberikan sensasi dan pengalaman berkendara lebih sporty. Melihat ke sekeliling interior, Anda akan menemukan banyak branding 'N' sebagai pengingat bahwa ini bukan sedan Elantra biasa.

Gambar Interior Hyundai Elantra N

Tampilan interior Hyundai Elantra N

Eksterior bisa dibilang bagian yang tidak banyak tersentuh, Hyundai Elantra N memiliki fascia yang lebih agresif dengan spoiler bawah, penambahan sayap belakang demi meningkatkan downforce, serta bagian belakang yang kini dilengkapi dengan diffuser.

Meski sudah resmi diperkenalkan, Hyundai belum siap untuk membicarakan harga atau ketersediaan. Namun, mobil ini akan meluncur di jalanan Korea Selatan sebagai negara pertama, dengan penjualan di pasar lain pada akhir 2021.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top