Debut Formula E, Porsche Torehkan Podium Perdana

07/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Debut Formula E, Porsche Torehkan Podium Perdana
Tampil sebagai debutan di kejuaraan Formula E musim 2019/2020, Porsche tak butuh waktu lama untuk unjuk gigi dengan menorehkan podium pertamanya pada Race 1 Ad-Driyah E-Prix.

Adalah Andre Lotterer yang memberikan podium pertama Porsche di ajang Formula E, Lotterer finis kedua terpaut 1,319 detik dari pembalap Envision Virgin Racing, Sam Bird yang melintasi garis finis pertama.

>>> Jakarta E-Prix siap digelar, apa yang bikin menarik?

Pada Race 2, sebenarnya Lotterer menuntaskan balapan di sirkuit jalanan sepanjang 2,494 km itu di posisi keenam. Namun, pembalap berpengalaman asal Jerman itu mendapatkan drive-through penalty akibat menyalip pembalap Mahindra, Pascal Wehrlein saat periode safety car, alhasil posisinya pun turun menjadi peringkat ke-14. Sementara itu pembalap Porsche lainnya, Neel Jani, menuntaskan Race 1 di posisi ke-16, dan finis ke-13 pada balapan kedua.

Pembalap Porsche Formula E Team, Andre Lotterer, balapan di Ad-Driyah E-Prix

Andre Lotterer menorehkan podium pertama Porsche di Formula E

Sudah malang melintang di Formula E dengan membela tim seperti Techeetah sebelum sebelum direkrut Porsche, Lotterer adalah pembalap yang cukup populer. Terbukti ia mendapatkan FanBoost pada kedua balap, di mana ia berhak menggunakan energi tambahan 100 kJ pada kedua balapan di Ad-Driyah.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Sebagai catatan, FanBoost adalah konsep di mana penggemar balap turut serta dalam memilih lima pembalap yang mendapatkan boost tambahan pada tiap balapan melalui voting di berbagai platform jejaring sosial. Semakin populer si pembalap, semakin besar peluangnya mendapatkan FanBoost. Dengan hasil ini, baik Lotterer maupun TAG Heuer Porsche Formula E Team sama-sama bertengger di posisi keenam klasemen pembalap dan tim dengan torehan 18 poin.

Pembalap Porsche Formula E Team, Neel Jani, memacu mobilnya di balapan Ad-Driyah E-Prix

Neel Jani belum menyumbangkan poin bagi Porsche

“Kami dapat bersaing dengan tim papan atas, kami punya kecepatan. Kami bisa membangun (mengembangkan powertrain) dari sini,” ujar Michael Steiner, anggota Executive Board for Research and Development Porsche AG.

>>> Berita motorsport lainnya ada di sini

“Secara keseluruhan, ini adalah awal yang bagus dengan finis kedua pada Jumat (Race 1). Kami bisa saja mendulang delapan poin tambahan dengan finis keenam hari ini (Sabtu, Race 2), sayangnya saya mendapat penalti setelah balapan selesai. Saya menyalip Pascal Wehrlein ketika safety car keluar, sungguh waktu yang tidak tepat,” Lotterer mengomentari akhir pekannya di Ad-Driyah.

Setelah dua balapan terlewati, kejuaraan ABB Formula E Championship 2019/2020 masih menyisakan 12 balapan tersisa dengan putaran selanjutnya bergulir di Santiago, Chili, 18 Januari mendatang.

>>> Temukan berita otomotif lainnya di link ini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Dijamin Lebih Menantang, 5 Perubahan Formula E 2018/2019

17/12/2018

Pasar mobil

Sebagai penantang yang paling serius menghadapi popularitas Formula 1, perubahan musim 2018-2019 Formula E yang dimulai di Arab Saudi 15 Desember lalu menjanjikan hiburan menarik dengan mobil baru dan peraturan baru.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] 5 Mobil Jalan Raya Tercepat Porsche yang Pernah Diproduksi

08/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Keindahan mobil Porsche mamang tak perlu diragukan lagi. Tapi mobil jalan raya Porsche pun tak kalah cepatnya. Dan kali ini, pabrikan asal Jerman tersebut mengumumkan 5 mobil jalan raya tercepat Porsche yang pernah diproduksi.

Lihat juga

Porsche 911 E-RWB: Saat Karya Seni Dipadukan Dengan Teknologi Modern

13/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat kita membicarakan sebuah Porsche RWB, tentu yang terlintas di pikiran Anda adalah karya seni berupa mobil yang memiliki aura khas mobil performa tinggi. Apa jadinya jika sebuah RWB dipasangkan motor listrik Tesla?

Lihat juga

Porsche Berencana Perkenalkan Macan Bertenaga Listrik dengan Daya 700 Tenaga Kuda

14/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Bos SUV Porsche telah mengkonfirmasi masa depan Macan bertenaga listrik. Model baru akan menampilkan bodystyle yang sama sekali berbeda dari model sebelumnya.

Lihat juga

Hennessey Porsche Taycan, Modifikasi Mobil Listrik Pertama yang Dibuat Berotot

09/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Hennessey Porsche Taycan merupakan hasil modifikasi mobil listrik pertama yang dibangun oleh rumah modifikasi asal Texas, Hennessey. Bukan saja eksteriornya yang agresif, tapi tenaganya juga dibikin lebih berotot.

Lihat juga