Debut Chevrolet COPO Camaro Terbaru, Mobil 9.400cc untuk Drag Race

04/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Chevrolet COPO Camaro, mobil yang berdedikasi untuk balap garis lurus kembali diluncurkan dalam versi terbarunya. Akan ada 3 pilihan mesin yang ditawarkan.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa generasi terbaru Chevrolet Camaro akan dibekali dengan motor listrik. Sebelum Chevy meninggalkan mesin konvensional, mereka meluncurkan versi ekstrem dari muscle car andalan mereka, Chevrolet COPO Camaro.

Pilihan varian yang ditawarkan cukup mencengangkan, 1 mesin V8 big block 9,4 liter dan 2 mesin V8 small block 7,0 liter dan 5,7 liter yang masing-masingnya menghasilkan tenaga 470 HP dan 580 HP.

Sejarah Nama COPO

Pada akhir tahun 1960-an, Chevy memiliki sistem yang disebut Central Office Production Order (COPO) yang memungkinkan dealer memesan mobil dan truk dengan warna atau fitur yang tidak standar.

>>> Hennessey Racik Camaro ZL1 'Pengusir Setan', Dibekali Mesin 1.000 HP

Gambar Chevrolet COPO Camaro

Chevrolet Camaro versi COPO tahun 1969

Tujuan COPO awalnya dibuat untuk kendaraan khusus untuk pelanggan armada, seperti perusahaan truk atau departemen kepolisian. Tetapi, beberapa dealer cerdas yang menyukai balap drag menggunakan COPO untuk membuat mobil dragster yang dibuat khusus.

Setelah vakum cukup lama, Chevrolet kembali menghidupkan nama COPO pada tahun 2012 dan telah membangun Camaro khusus drag race setiap tahun sejak itu.

Pemesanan Tidak Dibatasi

Di masa lalu, Chevy membatasi produksi COPO Camaro menjadi 69 unit per tahun (meniru proses produksi COPO Camaro 1969 asli dan meminta para pelanggan yang tertarik membeli mobil tersebut untuk mengikuti undian.

Kali ini, Chevrolet tidak akan membatasi produksi model 2022 dan akan menjualnya dengan sistem siapa cepat siapa dapat. Para pembeli dapat memesan mobil ini secara online lewat website yang sudah ditentukan.

>>> Serius Nih Chevrolet Camaro Bakal Disuntik Mati?

Gambar V8 Big Block

Anda tidak salah hitung, mesin ini punya kubikasi 9.400 cc

Bicara soal spesifikasi, sebelumnya kami telah membeberkan bahwa mobil ini ditawarkan dalam tiga varian mesin V8. Ketiga pilihan mesin tersebut akan dilengkapi dengan transmisi balap otomatis 3-percepatan ATI Racing Products TH400.

Mobil ini dibekali kap mesin serat karbon dan wheelie bar, sementara kotak pemberat dan parasut yang dipasang di bagasi adalah opsional. COPO Camaro tidak legal untuk dipakai di jalan publik, tetapi memenuhi syarat untuk balapan di NHRA Stock dan Super Stock.

Rentang harga yang diberikan Chevy untuk mobil ini berkisar dari $105.500 atau setara Rp 1,5 miliar sampai $130.000 atau setara Rp 1,85 miliar untuk pasar Amerika Serikat.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top