Dealer Mobil Ikut Tutup karena Malaysia Lockdown

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dealer Mobil Ikut Tutup karena Malaysia Lockdown
Sejumlah dealer mobil di Malaysia harus menghentikan aktivitasnya akibat pemberlakuan Lockdown dari pemerintah setempat. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona.

Beberapa hari lalu, Perdana Menteri Malaysia mengumumkan akan memberlakukan 'lockdown' di negaranya terhitung mulai 18-31 Maret 2020 demi mencegah penyebarluasan virus Corona. Bagi yang belum tahu, pemberlakuan lockdown artinya negara tersebut mengunci akses masuk maupun keluar dari suatu daerah maupun negara. Pun demikian dengan fasilitas publiknya, semuanya harus ditutup disertai dengan pembatasan aktivitas warga. 

Dealer-dealer mobil pun ikutan terkena imbasnya. Setidaknya dealer-dealer mobil di Malaysia tak akan menjual mobil serta menerima servis untuk sementara waktu. Dikutip dari berbagai sumber pemberitaan setempat, mulai dari Proton, Volkswagen, Perodua, Toyota, Nissan, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Mazda, hingga Volvo sudah memberikan informasi kepada konsumennya terkait penutupan dealer selama dua pekan. 

>>> Pulih di China, Toyota Stop Produksi di Perancis, Portugal, dan Filipina

Dealer-dealer mobil di Malaysia tutup karena Lockdown

Dealer mobil di Malaysia

>>> Penjualan Hyundai di China Nyaris Nggak Laku!

Berikut keterangan lengkap dari beberapa merek mobil yang terpaksa menghentikan aktivitasnya selama periode Malaysia Lockdown. 

Proton

Proton untuk sementara waktu menutup aktivitas penjualan dan juga layanan purnajual selama dua pekan. Aktivitas produksi Proton di pabrik Malim dan Shah Alam juga tak beroperasi selama masa lockdonw ini. Namun jika ada konsumennya yang mengalami kecelakaan, Proton membuka layanan Customer Care yang tersedia selama 24 jam. 

Toyota dan Lexus

UMW Toyota telah mengumumkan semua dealer Toyota dan Lexus akan berhenti beroperasi selama dua pekan. Tetapi jika ada masalah dengan mobilnya, konsumen Toyota bisa menghubungi layanan Customer Care dengan nomor yang telah diberikan. 

Pabrik perakitannya juga tak beroperasi hingga akhir Maret 2020 usai imbauan lockdonw dicabut. Toyota juga harus menunda pelaksanaan Toyota Gazoo Racing Festival dan Toyota Vios Challenge Championship. 

>>> Bahayakah Membersihkan Mobil Pakai Antiseptik untuk Cegah Virus Corona?

Perodua

Perodua akan menghentikan seluruh aktivitasnya di Malaysia selama periode Lockdown. Dengan begitu, pengiriman kendaraan baru dan segala servis yang bakal dilakukan oleh konsumen akan dilakukan usai masa Lockdown selesai. 

Volkswagen

Volkswagen Passenger Cars Malaysia menutup semua dealer dan service centre selama dua pekan. Namun, layanan Customer Care tetap melayani para konsumennya. Termasuk bantuan ketika konsumennya mengalami masalah di jalan. 

>>> Sejarah Mobil Porsche Type 64: Mobil Pertama Porsche yang Bukan ‘Porsche’

Nissan 

Senada dengan merek lainnya, Nissan pun menutup layanannya selama masa lockdown di Malaysia. Meski begitu, sales advisor akan menginformasikan kepada masing-masing konsumennya terkait pengiriman mobil baru yang harus tertunda karena adanya Lockdown. 

Gambar menunjukkan Dealer mobil di Malaysia

Penutupan aktivitas dealer di Malaysia dilakukan lantaran pemerintah setempat memberlakukan Lockdown

Honda

Honda pun demikian. Layanan jual beli Honda maupun servis akan tutup pada 18-31 Maret 2020. Layanan Honda akan kembali dibuka pada 1 April 2020. 

Hyundai

Seluruh layanan penjualan dan servis Hyundai akan tutup pada periode ini. Jika konsumennya membutuhkan bantuan, maka diimbau untuk menghubungi Customer Care agar bisa memberikan pelayanan. 

>>> Berita otomotif terbaru yang menarik lainnya ada di sini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top