Ini Dia Mitra Dealer yang Jual Mobil Esemka di Jakarta

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) menyebut mobil pickup Esemka Bima bisa dibeli di mitra dealer yang tersedia di Boyolali dan juga Ibu Kota Jakarta.

Hampir genap setahun PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) atau akrab disapa Esemka meluncurkan mobil perdananya pickup Bima. Peluncuran Esemka Bima dilakukan berbarengan dengan peresmian pabrik PT SMK yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. 

Usai peluncuran, memang minim informasi yang bisa didapat soal pickup Bima termasuk soal penjualannya.

Esemka Bima

Pickup Bima di pabrik PT SMK

>>> Mobil Esemka Bukan Mobil Nasional, Lalu?

Dealer Mobil Esemka Ada di Jakarta?

Tapi jangan salah, PT SMK menyebut bahwa pickup Bima sudah bisa dibeli di dealer-dealer yang tersedia. Bila Anda berminat pun bisa membelinya. 

"Semuanya bisa membeli (konsumen fleet dan perorangan)," ungkap Humas PT Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budi saat dikonfirmasi Cintamobil.com, Kamis (27/8/2020) malam. 

Bagi Anda warga yang tinggal di Ibu Kota Jakarta dan berniat meminang pickup Esemka Bima pun tak perlu khawatir. Menurut penuturan Sabar, mobil-mobil Esemka dijual di dealer di wilayah Boyolali dan juga Jakarta. Meski tak secara detail menyebutkan lokasi pastinya. Dealer mobil Esemka di Jakarta dipegang oleh mitra PT SMK.

Esemka Bima

Peluncuran disaksikan langsung Presiden Joko Widodo

Sementara untuk di Jawa Tengah, dealer berada di daerah Jalan Sambi-Mangu km 3.5 Demangan, Sambi, Boyolali. Berbeda dengan dealer mobil Esemka di Jakarta, untuk layanan penjualan Esemka di Boyolali dipegang oleh PT Adiperkasa Citra Esemka. 

"Dipegang PT Unisat Oto Internasional, Jakarta Pusat," tambah Sabar menegaskan. 

Tak banyak memang model yang ditawarkan. Saat ini PT SMK baru memproduksi model Esemka Bima pickup 1.2 dan 1.3. Tak perlu menunggu lama untuk membeli deretan pickup tersebut. Sabar juga menyatakan bahwa mobil-mobil yang dijual di dealer kondisinya ready stock dan bisa dibeli kapanpun. 

>>> Ini Daftar Mobil Dengan TKDN Lebih Besar Dibanding Esemka

Esemka Bima Dibanderol Rp 125 Juta

Soal harga, Esemka Bima dibanderol Rp 125 juta On The Road Jawa. Harga ini tentu bersaing dengan para kompetitornya asal Jepang. 

Kehadiran Esemka menjadi angin segar bagi pasar kendaraan komersial di Tanah Air. Esemka Bima akan menjadi pilihan baru bagi warga untuk menemani kegiatan berniaganya. 

Pabrik Esemka

Pabrik Esemka di Desa Demangan, Boyolali

Esemka Bima diproduksi di pabrik seluas 12.500 meter persegi yang dibangun dengan investasi senilai Rp 600 miliar ini tidak biasa untuk sebuah pabrik yang memproduksi kendaran roda empat sebab umumnya berada di Provinsi Jawa Barat atau DKI Jakarta.

PT SMK juga menjadi pabrik mobil pertama di Jawa Tengah dan diharapkan bisa menjadi roda perekonomian warga sekitar. 

"Esemka jadi pabrik mobil pertama di Jawa Tengah, karena biasanya basis produksi itu ada di Jawa Barat. Hadirnya Esemka tentu bisa memacu perindustrian dan ekonomi di wilayah ini dan Jawa Tengah, apalagi dengan penyerapan SDM yang berasal dari tenaga lokal," tutur Airlangga Hartarto yang kala itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian. 

>>> Berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top