Dealer Mobil Bekas Andalkan Penjualan Daring Selama PPKM Darurat

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mendukung kebijakan PPKM Darurat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Dealer mobil bekas juga mengoptimalkan layanan penjualan secara online.

Dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Indonesia telah resmi menerapkan PPKM darurat mulai hari ini untuk area Jawa dan Bali. Kebijakan ini telah berlaku dari tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang melonjak akhir-akhir ini. 

>>> Ternyata Ini Alasan Mobil Diesel Langka di Pasar Mobil Bekas

Beralih Pada Layanan Daring

Dengan adanya pembatasan aktivitas secara ketat tersebut, tak hanya dealer mobil baru saja yang kembali menyesuaikan kegiatan operasionalnya demi keselamatan dan keamanan para konsumennya. Dealer mobil bekas juga melakukan hal yang sama.

Chief Operating Officer Mobil88 Sutadi mengatakan bahwa pihaknya telah menutup semua operasional dealer selama PPKM Darurat. Meski ditutup Sutadi mengatakan bahwa pelanggan bisa memanfaatkan transaksi secara online di aplikasi Mobil88 eStore.

Gambar menunjukan Diler Mobil88

Mobil88 pada acara Astra Auto Fest 2020

“Operasional Mobil88 cabang Bali dan Jawa full tutup ya. cuma secara operasional kami masih melayani pelanggan secara online melalui aplikasi mobil88 estore. Jadi seandainya ada permintaan dari pelanggan, mobill ada pelayanan COD (Car On Delivery) dan bisa juga home appraisal dengan tentunya penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.” katanya kepada Cintamobil.com (7/12/2021).

Sama hal dengan Mobil88, seorang pramuniaga dealer mobil bekas di wilayah Jakarta Timur juga mengatakan bahwa pihaknya  menerapkan sistem Work From Home atau bekerja dari rumah. Selain itu pihaknya hanya melakukan pelayanan home test drive.

Gambar menunjukan Diler mobil

MMKSI ikut dukung program pemerintah pembatasan mobilitas masyarakat Jawa dan Bali

“Iya kita hanya melayani home test drive karena ada PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 kalau kami paksa buka nanti kalau disegel oleh petugas malah jadi tambah ribet urusannya. Lagi pula dengan home test drive pelanggan juga lebih diuntungkan tidak perlu keluar rumah jadi lebih kecil terhindar dari terinfeksi Covid-19.” tutupnya.

>>> Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Bagaimana Penjualan Mobil Bekas?

Dealer Mobil Baru Juga Melakukan Kegiatan Penjualan Secara Daring

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun kembali menyesuaikan kegiatan operasional selama PPKM darurat. MMKSI telah mengkoordinasikan seluruh kegiatan di dealer sesuai dengan peraturan Pemerintah. Dimana dealer yang telah mendapat dispensasi dari Kementerian Perindustrian akan beroperasi sepanjang regulasi mengizinkan.

Gambar dealer mobil 88

Tak hanya diler mobkas (mobil bekas), diler mobil baru juga terapkan penjualan daring

Kemudian PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menerapkan kebijakan hal yang sama untuk mengikuti aturan pemerintah terkait PPKM Darurat. Selama periode 3-20 Juli 2021, layanan operasional di 164 showroom dealer mobil Suzuki di wilayah Jawa dan Bali akan akan mengikuti aturan pemerintah pusat dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

>>> Mobil Bekas 100 Jutaan, Ini Tips Memilih Showroom Mobil Bekas Bandung

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top