David Beckham Kini Jadi Pebisnis Industri Kendaraan Listrik

06/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
David Beckham Kini Jadi Pebisnis Industri Kendaraan Listrik
David Beckham bukan sekadar car enthusiast dengan beragam koleksi mobil papan atas, juga menjadi pelaku bisnis industri otomotif berupa kendaraan listrik

Siapa yang tidak kenal dengan David Beckham? Pria pemilik nama lengkap David Robert Joseph Beckham OBE itu bukan sekadar atlet sepak bola dan  fashion icon, juga seorang car enthusiast kelas papan atas yang memiliki beragam koleksi  mobil seperti Aston Martin V8 Volante hingga  McLaren 720S. Kini, David Beckham mulai menaikkan kadar “passion for car” dengan memasuki bisnis industri otomotif secara serius.

Mobil listrik Lunaz

Beberapa waktu sebelumnya, David Beckham menjadi brand ambassador untuk pabrikan otomotif asal Italia, Maserati. Dan kini David Beckham memiliki 10% saham Lunaz Group, pabrikan  mobil listrik asal Inggris dengan spesialisasi konversi mobil klasik konvensional (mesin pembakaran dalam) menjadi mobil listrik murni (BEV).

gambar BEV

Salah satu hasil konversi Lunaz, Rolls-Royce Phantom V menjadi BEV

Berdiri pada tahun 2018 dan bermarkas di Silverstone, Inggris,  Lunaz sudah melakukan konversi terhadap Range Rover Classic, Bentley S3 Continental Flying Spur, Rolls-Royce Phantom V, dan Rolls-Royce Silver Cloud menjadi mobil listrik jenis BEV.

>>> Naik Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh? Begini Cara Menghemat Dayanya

Tiga Sub Brand

Nantinya, Lunaz bukan hanya melakukan konversi pada mobil klasik (mobil tua) menjadi mobil listrik murni. Mereka juga memperluas bisnisnya dengan menawarkan paket konversi BEV untuk  segmen pasar kendaraan niaga kelas heavy duty seperti truk pengangkut sampah.

gambar david beckham

David Beckham kini menjadi pebisnis dalam industri kendaraan listrik bersama Lunaz 

Sejalan ekspansi bisnis tersebut, Lunaz Group membuat tiga  sub-brand. Yang pertama adalah Lunaz Design yang  fokus pada bisnis konversi mobil klasik menjadi mobil listrik murnai (BEV). Yang kedua, Lunaz Applied Technologies dengan spesialisasi “daur ulang” dan rekayasa ulang pada kendaraan armada niaga semisal truk. Yang ketiga adalah  Lunaz Powertrain, bertindak selaku pemasok modular electric powertrain bagi pabrikan lain.

Setiap paket konversi menjadi BEV dilengkapi dengan baterai berkapasitas  80 kWh-120 kWh dan  motor listrik berkekuatan  375 hp. Karena sarat dengan teknologi canggih, tentu saja harga setiap paket konversi tidak murah. Sebagai gambaran, paket konversi BEV untuk Range Rover Classic mencapai harga £ 245.000 atau setara US$ 326.524, belum termasuk  harga pembelian mobil dan biaya restorasi.

Range Rover Classic

Range Rover Classic yang diproduksi pada kurun waktu  1969–1996 ini sudah menjadi ikon  SUV yang dikultuskan oleh para penggemarnya. Mengingat usianya yang sudah tergolong klasik, tidak mungkin bagi mesin Rover V8 untuk mencapai standar emisi yang berlaku saat ini.

gambar range rover

Range Rover Classic hasil konversi Lunaz, tersedia dalam varian Country dan Town 

Agar tetap dibolehkan untuk dipakai, jalan tengahnya adalah konversi menjadi BEV yang salah satunya ditawarkan oleh Lunaz. Dalam paket konversi BEV versi Lunaz, tersedia pilihan varian  Range Rover Classic “Town” dan Range Rover Classic “Country”. Varian “Town” ditujukan bagi para penikmat kenyamanan dan kemewahan yang lebih banyak memakai Range Rover Classic dalam kota. Sedangkan varian “Country” disiapkan untuk para penggemar off road.  

>>> Gunakan Ponsel Saat Menyetir, David Beckham Dihukum Enam Bulan Larangan Mengemudi

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com. Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk memb
 
back to top