Dari Putih hingga Hijau. Ini Arti Warna Pelat Nomor Terbaru

14/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Agar tidak salah dengan perubahan yang diberikan, berikut arti warna pelat nomor terbaru yang akan diberlakukan di seluruh Indonesia mulai tahun depan.

Pemerintah Indonesia akhirnya memperkenalkan peraturan baru mengenai perubahan warna pelat nomor kendaraan yang rencananya akan diberlakukan tahun depan. Berbeda dengan pelat nomor saat ini, ada empat warna yang nantinya akan digunakan oleh perorangan maupun instansi pemerintahan. Sedang arti pelat nomor terbaru tak begitu banyak berbeda.

1. Pelat nomor putih

Jika sebelumnya kendaraan pribadi atau perorangan menggunakan pelat nomor berwarna hitam dengan tulisan atau angka berwarna putih, tahun depan pemilik kendaraan pribadi diharuskan untuk menggunakan pelat nomor putih dengan tulisan hitam.

plat nomor putih berubah dari warna hitam
Arti warna pelat nomor terbaru tak banyak berubah dibandingkan sebelumnya

Selain itu, Anda juga bisa menemukan pelat nomor berwarna putih tapi dengan tulisan berwarna biru, Biasanya pelat nomor ini digunakan oleh kendaraan milik diplomat negara asing. Mobil maupun sepeda motor dengan pelat nomor ini biasanya digunakan di sekitar wilayah kedutaan.

Dan yang terbaru, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga telah memberikan pelat nomor khusus bagi mobil maupun motor listrik, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk kendaraan bertenaga baterai tersebut menggunakan warna biru di bagian bawah pelat nomor.

>>> Wuih! Ada Toyota Prius Pakai Pelat Nomor 'Jokowi' di Luar Negeri

2. Pelat nomor merah

Plat nomor satu ini memang tak mengalami perubahan. Dikhususkan bagi kendaraan milik instansi pemerintahan, pelat nomor yang digunakan yaitu berwarna merah dengan tulisan berwarna putih.

mobil plat merah yang ada di Indonesia
Pelat merah digunakan untuk kendaraan milik instansi pemerintahan

3. Pelat nomor kuning

Sama seperti kendaraan dengan pelat nomor berwarna merah, maka pelat nomor berwarna kuning tak begitu jauh berbeda. Pelat nomor dengan tulisan berwarna hitam ini masih akan digunakan oleh kendaraan yang digunakan sebagai angkutan umum, semisal angkot, bus antar kota antar provinsi, maupun bus Transjakarta.

4. Pelat nomor hijau

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu mengenai pelat nomor berwarna hijau. pelat nomor ini memang jarang terlihat di jalanan perkotaan. Pasalnya pelat nomor berwarna hijau dengan tulisan berwarna hitam ini digunakan oleh kendaraan bermotor yang berada di kawasan perdagangan bebas (free trade zone).

>>> Ini Sebabnya Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Ganti Warna Jadi Putih

Alasan perubahan pelat warna nomor

Sebelumnya, pelat nomor berwarna putih dengan tulisan berwarna merah merupakan bagian dari Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor, biasanya digunakan untuk kendaraan yang sedang dipindahkan dari tempat penjual untuk penggantian atau perbaikan komponen penting, uji coba kendaraan sebelum dijual, uji coba kendaraan dalam tahap penelitian, atau kendaraan yang dipindahkan dari tempat penjual ke tempat pembeli.

plat mobil listrik berwarna hitam dengan garis biru
Ada pelat nomor khusus untuk kendaraan listrik

Perubahan ini bukannya tanpa sebab. Pasalnya penggunaan pelat nomor putih dilakukan untuk memudahkan pembacaan nomor kendaraan melalui kamera CCTV atau kamera E-TLE. Mengingat untuk pelat nomor berwarna hitam lebih susah direkam kamera.

Kebijakan mengenai perubahan warna pelat nomor kendaraan saat ini tercantum dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Ketentuan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top