Dari Mana ISIS dan Taliban Mendapatkan Truk Pikap Toyota?

20/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ketangguhannya membuat truk pikap Toyota digunakan oleh kelompok milita. Lalu yang menjadi pertanyaan, dari mana mereka mendapatkan mobil Toyota tersebut?

Berkuasanya Taliban di Afghanistan membuka kembali fenomena unik yang seringkali dikaitkan pada kelompok jihadis maupun terorisme, bagaimana mereka sering terlihat mengendarai pikap Toyota. Lalu sebuah pertanyaan besar pun tercipta, bagaimana kelompok militer seperti ISIS dan Taliban bisa mendapatkan pikap tangguh tersebut?

Mobil curian

Truk pikap Toyota Hilux dan Toyota Lanc Cruiser telah lama terlihat dalam video kampanye ISIS di Irak, Suriah, dan Libya. Truk menengah tersebut dipenuhi dengan senjata berat dan rombongan teroris yang bergerombol di bak belakang.

Tentu saja Toyota memiliki kaitan dengan kelompok militer tersebut. Melalui wawancara yang dilakukan oleh ABC News pada tahun 2015 silam, Toyota mengungkapkan bahwa mereka tidak mengetahui bagaimana organisasi teroris mendapatkan produknya. Tapi Toyota telah melakukan pelacakan hingga ke sumbernya.

>>> Kisah Toyota Hilux, Andalan Kelompok Bersenjata Dalam Berbagai Palagan

>>> Toyota Land Cruiser Seri 300 Dilengkapi VIN Mikro

Sebagian besar truk pikap Toyota yang digunakan oleh kelompok teroris didapatkan sebagai barang curian. Apalagi Toyota turut menginvestigasi dari pikap yang telah dicuri melalui nomor VIN (Vehicle Identification Number). Termasuk dengan memberikan VIN rahasia yang ditemukan pada Toyota Land Cruiser 300 terbaru.

Selain itu, Duta Besar Irak untuk Amerika Serikat, Lukman Faily, kepada ABC News menyebutkan bahwa kelompok teroris tidak hanya menggunakan mobil pikap bekas Toyota. Pemerintah Irak yakin bahwa ISIS telah memperoleh ‘ratusan’ truk pikap baru Toyota selama bertahun-tahun.

>>> Selain Toyota Hilux, Truk Pikap Ini Jadi ‘Amunisi’ Tentara Taliban

Telah lama digunakan kelompok militan

Bukan rahasia lagi bagaimana mobil Toyota tersebut digunakan oleh kelompok teroris. Bagaikan pedang bermata dua, hal ini terjadi karena keunggulan dari truk pikap Toyota itu sendiri; mulai dari mesin dan rangka yang tangguh, ground clearance tinggi untuk membantu mereka berkendara di jalanan off-road, serta maintenance yang tidak terlalu ribet.

truk pikap Toyota yang dikendarai tentara Taliban
Kelompok militan menggunakan mobil Toyota karena ketangguhannya

Bukan hanya ISIS ataupun tentara Taliban, berbagai kelompok militan telah menggunakan dan memodifikasi mobil pikap Toyota untuk menunjang mobililitas mereka. Misalnya konflik 10 tahun antara Chad dan Libya yang dimulai pada era 70-an sangat bergantung pada ketangguhan pikap dari Toyota ini.

Toyota tak tinggal diam. Mereka juga mencari cara untuk mencegah ketangguhan pikap mereka digunakan sembarangan. Selain menanamkan VIN rahasia, mereka juga memberlakukan klausul baru. Yaitu melarang pembeli Toyota Land Cruiser 300 untuk menjual mobil baru mereka setidaknya selama 12 bulan sejak pertama kali dikirim.

>>> Dapatkan harga mobil Toyota baru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top