Dapat Sambutan Positif, Mobil Balap Hidrogen Bersiap Turun Balap Tahun Ini.

09/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Dapat Sambutan Positif, Mobil Balap Hidrogen Bersiap Turun Balap Tahun Ini.
Setelah melakukan demo tahun lalu, Proyek eksperimental mobil balap hidrogen, GreenGT LMP2HG, siap mengikuti salah satu balapan ketahanan tahun ini.

Hal ini diperkuat kerjasama GreenGT, yang terlibat dalam pengembangan mobil, dengan promotor Le Mans 24 Hours, Automobile Club de l’Ouest (ACO) untuk membuat H24Racing, inisiatif untuk membawa mobil tersebut berkompetisi.

GreenGT LMP2HG, proyek mobil balap berbahan hidrogen

GreenGT LMP2HG

ACO, awalnya mendukung proyek ini di bawah bendera MissionH24, menilai proyek ini sebagai batu loncatan penting menuju pengenalan kelas mobil nol emisi berbahan bakar hidrogen, yang akan dikenalkan 2024 mendatang.

Berbasis ADESS 03 LMP3, Green GT LMP2HG ditanamkan pembangkit listrik bertenaga hidrogen berkekuatan 650 dk, dengan tambahan tenaga sampai 335 dk dengan sistem pengambilan energi.

>>> Corolla Hatchback disulap jadi mobil balap, ingin lihat bagaimana penampakannya?

Memulai tes musim panas 2018, GT LMP2HG melakukan demo pada akhir pekan European Le Mans Championship putaran Spa-Francorchamps, September tahun lalu, dengan empat kali juara Le Mans, Yannick Dalmas, di balik kemudi.

Presiden GreenGT, Christophe Ricard, membeberkan kepada Autosport bahwa grupnya berambisi menurunkan salah satu prototipe LMP2HG balapan tahun ini.

“Tujuannya adalah memiliki prototipe kami balapan secepatnya, saya harap dan berpikir itu bisa terjadi tahun ini,” ujarnya. “Tapi kami tak bisa mengatakan kapan dan di mana, karena itu semua tergantung homologasi mobil. Tak ada masalah keselamatan, namun teknologi fuel-cell masih baru bagi semua orang, jadi diperkirakan proses ini akan memakan waktu.”

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Berkomitmen menjadikan balap ketahanan sebagai salah satu laboratorium terbaik untuk pembangunan berkelanjutan, ACO saat ini merencanakan kelas mobil hidrogen.

Rencananya, tahun 2024 mendatang Le Mans 24 jam akan memiliki kategori khusus untuk prototipe berbahan bakar hidrogen, dan akan beradu melawan mobil konvensional.

LMP2HG saat melakukan demo jelang balapan Spa-Francorchamps 4 jam

Direktur Olahraga ACO, Vincent Beausmesnil, melihat Michelin Le Mans Cup atau kejuaraan seri terbuka ELMS untuk mobil LMP3 dan GT3 dapat menjadi opsi balap bagi mobil hidrogen ini.

>>> Dapatkan berita seputar pameran dalam dan luar negeri hanya di sini

Namun demikian, Beausmesnil enggan menetapkan keputusan dan juga batas waktu penuntasan proyek mengingat rumitnya teknologi yang digunakan.

“Ada proses yang sangat serius dan terperinci untuk membangun mobil, semua komponen keamanan dan peralatan pengisian bahan bakar harus disetujui untuk balap. Kami harus mengambil program ini selangkah demi selangkah,” tandasnya.

Berikut video demo LMP2HG pada Spa 4 jam tahun lalu:

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top