Dapat Restu, Mobil Listrik Toyota Akan Diproduksi di Thailand

24/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dapat Restu, Mobil Listrik Toyota Akan Diproduksi di Thailand
Toyota Motor Corp telah memperoleh persetujuan resmi dari Dewan Investasi atas rencananya untuk memproduksi mobil listrik Toyota dan hibrida plug-in di Thailand.

Toyota Motor Corp dikabarkan telah dapatkan restu secara resmi untuk memproduksi kendaraan listrik dan plug-in hybrid di pasar Thailand. Langkah ini merupakan bagian dari kebijakan untuk memperluas penjualan mobil listrik Toyota secara global.

>>> ‘Carlos Ghosn Prediksikan Nissan Bangkrut dalam 2 Hingga 3 Tahun’

Gambar menunjukan Mobil listrik

Tahun 2030 Toyota berencana menjual 1 juta unit mobil ramah lingkungan

Dilansir dari Bangkok Post, pihak Toyota Thailand dikabarkan telah mendapatkan lampu hijau untuk segera memulai produksi mobil listrik dalam waktu tiga tahun ke depan. Izin ini sendiri efektif sudah berlaku sejak 7 Januari 2020 lalu. Nantinya produsen mobil asal Jepang ini akan mendapatkan manfaat dari hak istimewa pajak negara, termasuk pembebasan pajak penghasilan perusahaan. Tetapi sayangnya belum ada informasi model mobil listrik Toyota apa yang nantinya akan dihadirkan di pasar Thailand.

Juru bicara Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co menyebutkan bahwa pihaknya akan memastikan langkah apa yang harus dilakukan agar mendapatkan keistimewaan yang dikatakan oleh Pemerintahan Thailand ini. "Kami akan memeriksa langkah-langkah yang sesuai dengan ketentuan hak istimewa yang dijanjikan," kata juru bicara Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co.

>>> Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

Gambar menunjukan Toyota Corola Altis

Pasar dalam negeri sedan Corolla Altis Hybrid 2019 menjadi salah satu pilihan mobil ramah lingkungan

Meski belum ada informasi seputar jadwal perakitan maupun model yang akan dibangun. Kabarnya Toyota berencana untuk memproduksi kendaraan yang nantinya disetujui untuk dirakit di pabrik perakitan mereka di kawasan Chachoengsao. Dalam strateginya yang dirilis pada tahun 2017 silam, Toyota memang memiliki tujuan yang luas untuk menjual lebih dari 1 juta kendaraan listrik dan kendaraan sel bahan bakar pada tahun 2030 secara global.

Izin yang baru saja didapatkan Toyota ini merupakan keistimewaan yang ditawarkan juga pemerintah Thailand kepada produsen mobil lainnya. Sebelumnya skema peta mobil listrik di Thailand telah diluncurkan oleh Dewan Investasi (BoI) pada Maret 2017 untuk mendorong aplikasi investasi dari pembuat mobil listrik. BoI melaporkan bahwa 13 perusahaan diberikan hak istimewa perihal mobil listrik, termasuk Honda, Nissan, Mazda, Mercedes-Benz, BMW, SAIC Motor-CP, FOMM, Mitsubishi dan Mine Mobility.

Sampai saat iini tantangan yang dihadapi mobil listrik masih sama, perihal harga yang relatif lebih mahal dari pada kendaraan bertenaga bahan bakar konvensional. Dengan adanya kebijakan istimewa ini, setidaknya ada jalan terang menanti industri mobil listrik di pasar Thailand.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobil Baru di Forza Horizon 4, Ada Lambo Huracan dan Toyota AE86

22/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Pada akhir 2019, pembaruan Seri 17 untuk Forza Horizon 4 memberikan mode The Eliminator. Update Seri 18 pun menambahkan mobil baru dan memperbaiki bug.

Lihat juga

Pamer Diskon, Ini Dia 3 Mobil Keluarga Terbaik Toyota Keluaran 2019

13/01/2020

Jual beli

2 menit

Masih menjadi pabrikan terlaris di Indonesia, dapatkan berbagai pilihan mobil keluarga terbaik Toyota dengan harga yang terjangkau. Apa saja daftarnya?

Lihat juga

Toyota Rangkul Joby Aviation Dalam Pengembangan Mobil Terbang Elektrik

18/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Moda transportasi udara menjadi alternatif jitu di masa depan. Toyota pun aktif dalam pengembangan mobil terbang elektrik

Lihat juga

Toyota Kijang Innova Diesel Terlalu Mahal? Mending Pilih Innova Bensin Matik Atau Manual? Ini Saran Kami

18/01/2020

Jual beli

3 menit

Innova diesel sudah jadi komoditas dagang yang liquid alias cepat laku, tak heran harganya bertahan. Coba beli Innova bensin matik daripada manual, ini sebabnya

Lihat juga

Toyota Fortuner Facelift 2020 Tertangkap Kamera Sedang Dites Jalan, Indikasi Segera Meluncur?

17/01/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Fortuner facelift 2020 tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Thailand, apakah ini sebuah indikasi bahwa SUV ladder frame ini segera meluncur?

Lihat juga