Dakar 2021: Stage 6 Dipangkas, Sainz Dominan

09/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Dakar 2021: Stage 6 Dipangkas, Sainz Dominan
Lanjutan Reli Dakar 2021 hari keenam mengalami pemendekan rute 100 km. Dan kali ini, Carlos Sainz yang membela MINI tampil dominan sejak awal hingga akhir stage.

Menyusul keluhan dari beberapa pembalap terkait masalah navigasi yang bikin nyasar pada Stage 5, panitia Reli Dakar 2021 mengubah rute stage 6 dari Al Qaisumah menuju Ha’il. Jarak stage dipangkas 100 km dari sebelumnya 618 km menjadi 518 km.

Akhirnya pada Stage 6 Reli Dakar 2021 yang dipangkas, Carlos Sainz tampil impresif. Menjadi salah satu korban nyasar di hari sebelumnya, pereli Spanyol itu tanpa ampun menggeber MINI X-Raid Buggynya dan mendominasi seluruh checkpoint.

Al-Attiyah vs Peterhansel sengit, Loeb tersingkir

Dengan catatan waktu 3 jam 28 menit 27 detik, Sainz unggul 4 menit 3 detik dari Yazeed Al Rajhi yang membela Overdrive Toyota. Posisi ketiga dan keempat diisi dua rival berat, Nasser Al-Attiyah dan Stephane Peterhansel yang kembali saling sikut untuk pimpinan umum reli kategori mobil.

Stephane Peterhansel mengendarai MINI X-Raid JCW Buggy #302 di Dakar 2021 Stage 6

Peterhansel masih memimpin klasemen sementara kategori mobil

Kali ini Al-Attiyah unggul dari Peterhansel, ia memacu Toyota Hilux Dakarnya dengan catatan waktu lebih lambat 7 menit 16 detik, unggul 18 detik dari MINI Buggy di belakangnya. Posisi kelima diisi pereli Toyota lainnya, Jakub Prygonski dengan selisih 14 menit 21 detik dari Carlos Sainz.

>>> Bagi yang terlewat, simak rekapan Stage 5 Reli Dakar 2021 di sini

Kesialan Sebastien Loeb di Reli Dakar 2021 berlanjut, setelah mengalami bocor ban, masalah navigasi, dan speeding penalty, pereli Bahrain Raid Extreme (BRX) itu mengalami kerusakan Suspensi, di mana salah satu arm mobil patah di awal Stage 6. Alhasil, asanya untuk memburu kemenangan Reli Dakar harus terhenti tahun ini.

Sebastien Loeb mengendarai BRX Hunter #305 di Reli Dakar 2021 Stage 6

Kesialan Loeb berlanjut dengan masalah Suspensi di awal Stage 6

Dan dengan tersingkirnya Loeb, Nani Roma jadi andalan tim setelah mengakhiri Stage 6 di posisi ketujuh, terpaut hanya 17 detik dari Brian Bargawanath di P6 tengan torehan waktu lebih lambat 19 menit 33 detik dari Sainz. Giniel de Villiers, Cyril Despres, dan Vladimir Vasilyev melengkapi 10 besar.

>>> Singer Modifikasi Porsche 911 Klasik, Siap Ikut Reli Dakar!

Dengan hasil di Stage 6 ini, Peterhansel masih memimpin klasemen umum dengan catatan waktu 22 jam 14 menit 03 detik, unggul 5 menit 53 detik dari Al-Attiyah. Sainz masih bertengger di posisi tiga, namun tertinggal lebih dari 40 menit dari Peterhansel. Prygonski mengisi tempat keempat, diikuti Nani Roma yang kini jadi tumpuan BRX di posisi kelima.

Kamaz kuasai tiga besar, Mardeev kalahkan Sotnikov

Untuk kategori truk, Kamaz-Master menguasai tiga posisi teratas di Stage 6. Tapi kali ini bukan Dmitry Sotnikov yang tercepat, melainkan Airat Mardeev yang menorehkan waktu 4 jam 8 menit 52 detik.

Catatan waktu tersebut lebih cepat 1 menit 8 detik dari Sotnikov yang berada di posisi kedua. Sedang pereli Kamaz lainnya, Anton Shibalov, tempati peringkat ketiga dengan torehan waktu lebih lambat 4 menit 49 detik.

Anton Shibalov mengendarai Kamaz-Master #501 di Reli Dakar 2021 Stage 6

Kemenangan Stage ini jadi yang ke-150 untuk Kamaz-Master

Namun, hasil ini belum cukup bagi Shibalov untuk menggeser Sotnikov di posisi teratas. Dengan catatan waktu 24 jam 26 menit 18 detik, Sotnikov unggul 37 menit lebih dari Shibalov di posisi kedua. Sudah memasuki akhir paruh pertama, Reli Dakar 2021 hari ini merupakan rest day, sebelum reli kembali berlanjut dari Ha’il menuju Sakaka pada Minggu  (10/1).

Hasil Stage 6 Reli Dakar 2021

Hasil Stage 6 Reli Dakar 2021 untuk kategori mobil, motor, dan truk

Hasil Stage untuk kategori mobil, motor, dan truk

>>> Simak berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top