Dakar 2021: Peterhansel Rengkuh Titel Ke-14, Sotnikov & Benavides Menang

16/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Dakar 2021: Peterhansel Rengkuh Titel Ke-14, Sotnikov & Benavides Menang
Dakar 2021 telah berakhir, Stephane Peterhansel kembali jadi yang terbaik di kategori mobil. Sementara itu, Dmitry Sotnikov dan Kevin Benavides juara di kategori truk dan motor.

Pada hari terakhir Dakar 2021, Carlos Sainz meraih kemenangan Stage ketiga tahun ini. Namun, pereli Spanyol itu tidak bisa mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

Begitu juga dengan Nasser Al-Attiyah, pereli Toyota Gazoo Racing ini boleh saja jadi pembalap paling sukses dengan lima kemenangan Stage sepanjang Dakar 2021, namun itu tak cukup untuk mengantarya jadi juara tahun ini.

>>> Simak hasil dari Stage sebelumnya di sini

Konsistensi Mengalahkan Segalanya

Kedua pembalap dengan rapor impresif sepanjang Dakar 2021 itu dikalahkan oleh seorang maestro rally raid, Stephane Peterhansel, yang menegaskan reputasinya sebagai ‘Mr Dakar’ dengan gelar ke-14 di reli paling ganas di muka bumi ini.

Meski Cuma memenangi satu stage, konsistensi jadi pembeda antara pereli Prancis yang membela MINI X-Raid itu dengan dua rival kuatnya. Sepanjang event dua pekan ini, Peterhansel menuntaskan 12 Stage dengan catatan waktu total 44 jam 28 menit 11 detik.

Stephane Peterhansel beraksi di Reli Dakar 2021

Meski cuma memenangi satu Stage, konsistensi Peterhansel jadi pembeda dari rival-rivalnya

Torehan ini mengungguli Al-Attiyah di posisi kedua dengan selisih 13 menit 51 detik, sedang posisi ketiga ditempati Sainz yang juga mengendarai MINI X-Raid Buggy, pereli kawakan Spanyol itu tertinggal 1 jam 57 detik.

Posisi keempat dan kelima tidak berbeda dari Stage sebelumnya, di mana Jakub Przygonski menempati posisi keempat, dan Nani Roma mengantar Bahrain Raid Xtreme (BRX) finis lima besar di tahun pertamanya.

Sotnikov Dan KAMAZ Juara Kategori Truk Dakar 2021

Berbekal lima kemenangan Stage, Dmitry Sotnikov tak terhentikan untuk merengkuh titel Dakar pertamanya. Pereli Russia itu mengendarai Kamaz-Master #507 dengan catatan waktu total 48 jam 23 menit 21 detik.

Kamaz-Master beraksi di Rally Dakar 2021

Kamaz-Master mendominasi kategori truk dengan finis 1-2-3

Kemenangan Sotnikov terhitung dominan, di mana ia unggul 39 menit 38 detik dari rekan satu tim di Kamaz-Master, Anton Shibalov di posisi kedua. Dominasi skuat asal Rusia itu dilengkapi Airat Mardeev yang menempati posisi ketiga, terpaut 1 jam 14 menit 35 detik dari Sotnikov. Martin Macik menjadi pembalap non-Kamaz terbaik di kategori truk, setelah memenangi Stage 12, pereli Ceko yang identik dengan truk warna kuningnya itu mengakhiri Reli Dakar 2021 di posisi keempat, tertinggal 1 jam 45 menit 51 detik atas Sotnikov, Ales Loprais melengkapi lima besar kategori truk.

>>> Dakar Classic: Kelas Baru Untuk Para Veteran Gurun

Benavides Pimpin Skuad Honda Taklukan Dakar

Beralih ke roda dua, persaingan Reli Dakar 2021 di kelas motor didominasi oleh dua pabrikan, Honda dan KTM yang saling gebuk sejak Stage 1. Tahun ini Jepang kembali menang atas Austria, namun bukan Ricky Brabec yang jadi juara seperti tahun lalu, melainkan rekan satu timnya, Kevin Benavides.

Kevin Benavides, pemenang Dakar 2021 kategori motor

Benavides memimpin pasukan Honda merajai Reli Dakar edisi 2021

Meski hanya memenangi dua Stage, pereli Argentina itu berhasil menuntaskan reli dengan catatran waktu total 47 jam 18 menit 14 detik, unggul 4 menit 56 detik dari Brabec yang tampil dominan dengan torehan tiga kemenangan stage.

Keduanya meninggalkan KTM, yang harus puas finis 3-4-5 pada Dakar 2021. Sam Sunderland finish di posisi ketiga, tertinggal 15 menit 57 detik dari Benavides. Posisi keempat ditempati pembalap rookie, Daniel Sanders, yang berhasil finis dengan catatan waktu lebih lambat 38 menit 52 detik, posisi kelima ditempati Skyler Holmes dengan catatan waktu lebih lambat 52 menit 33 detik.

Hasil Stage 12 Reli Dakar 2021

Hasil Dakar 2021 Stage 12

Hasil akhir reli Dakar edisi 2021 untuk kategori mobil, motor, dan truk

>>> Berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif bisa dilihat di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top