Dakar 2021: MINI X-Raid Dominan, Sainz Menangi Stage 1

04/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Carlos Sainz membuka Dakar 2021 dengan baik usai memimpin Stage 1, sang juara bertahan unggul tipis atas rekan satu timnya di MINI X-Raid, Stephane Peterhansel.

Musim balap 2021 telah resmi dibuka dengan Reli Dakar, yang secara tradisional menjadi pembuka kompetisi balap dunia hampir tiap tahun. Dan pada Stage 1, sang juara bertahan, Carlos Sainz menunjukkan determinasinya dengan jadi yang tercepat di Stage pembuka Dakar 2021.

>>> Land Rover Defender Terbaru Akan Jadi Mobil Support Reli Dakar

Unggul tipis atas Peterhansel, Toyota-BRX Tercecer

Meski memulai stage 1 dari posisi ke-28 usai kejadian ban pecah di prologue, Carlos Sainz tak tampil impresif dengan mengejar ketertinggalan pada rute sepanjang 622 km dari Jeddah ke Bisha.

Carlos Sainz MINI X-Raid Dakar 2021 Stage 1

Setelah tercecer di Prologue, Sainz membalikkan keadaan dengan keunggulan 8 detik

Mengendarai MINI X-Raid 4x4, tiga kali juara Dakar itu memimpin delapan detik atas rekan satu timnya, Stephane Peterhansel. Hal ini terbantu setelah pereli Prancis berjuluk Mr. Dakar itu mengalami masalah ban di 50 km terakhir.

Posisi ketiga ditempati pereli Ceko, Martin Prokop, yang tampil impresif dengan Ford F-150 miliknya finis ketiga, selisih 2 menit 59 detik atas Sainz. Mathieu Serradori dan Yasir Seaidan menempati posisi keempat dan kelima.

Toyota Gazoo Racing Dakar 2021 Stage 1

Toyota Gazoo Racing sedikit tertinggal dari MINI X-Raid JCW di hari pembuka reli

Toyota Gazoo Racing (TGR), yang diprediksi jadi saingan terberat MINI X-Raid, justru tertatih pada hari pembuka. Giniel de Villiers berada di posisi ketujuh. Pembalap Afrika Selatan itu tertinggal 8 menit 34 detik atas Sainz setelah Stage pembuka Dakar 2021. Sementara itu, Naseer Al-Attiyah, juga mengalami masalah ban di 37 km awal stage 1. Alhasil, Al-Attiyah yang sebelumnya memimpin Prologue tercecer di posisi ke-10, tertinggal 11 menit 58 detik.

Sebastien Loeb BRX Hunter Dakar 2021

Sementara itu, Sebastien Loeb terkena apes dengan empat kali insiden bocor ban

Setali tiga uang dengan TGR, Bahrain Raid Xtreme (BRX) juga mengalami nasib kurang mengenakkan di Stage 1. Pembalap andalan mereka, Sebastien Loeb, tercecer dari 10 besar setelah mengalami tiga kali pecah ban dan kehilangan 24 menit di hari pembuka. Sedang rekan satu timnya, Nani Roma berada di tempat kedelapan.

>>> Calon Kuda Hitam Reli Dakar 2021, BRX Hunter + Sebastien Loeb

Kamaz mendominasi bagian truk

Sementara itu, di kelas truk runner-up tahun lalu, trio Dmitry Sotnikov, Ruslan Akhmadeev dan Ilgiz Akhmetzianov mendominasi Stage 1 dengan menorehkan waktu 3 jam 16 menit 47 detik. Ketiganya mengungguli trio Ales Loprais, Peter Pokora dan Khalid Alkendi dengan selisih 8 menit.

Kamaz Master Dakar 2021 Stage 1

Kamaz-Master masih mendominasi kategori truk

Kamaz-Master menuntaskan hari pembuka di posisi 1-3 setelah mobil #501 yang dikemudikan Anton Shibalov, Dmitrii Nikitin dan Ivan Tatarinov berada di posisi ketiga dengan selisih 12 detik dari posisi kedua. Hari ini, reli Dakar 2021 akan melanjutkan ke Stage 2 dengan rute dari Bisha ke Wadi Ad-Dawasir dengan total jarak yang ditempuh sejauh 685 km.

Hasil Reli Dakar 2021 Stage 1

Hasil Stage 1 reli Dakar 2021

Hasil lengkap Stage pembuka Reli Dakar 2021

>>> Simak berita otomotif yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top