Dakar 2021: Al-Rajhi Menang Stage 10, Al-Attiyah vs Peterhansel Sengit

14/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Dari lanjutan Reli Dakar 2021, Yazeed Al-Rajhi kembali memenangi stage. Sedang pertarungan antara Nasser Al-Attiyah dan Stephane Peterhansel kembali sengit.

Dengan menyisakan tiga hari tersisa, persaingan Reli Dakar 2021 semakin sengit. Apalagi di kategori mobil kini menyisakan Stephane Peterhansel dan Nasser Al-Attiyah sebagai penantang utama.

Namun, Stage 10 tidak dimenangi keduanya, melainkan pembalap tuan rumah, Yazeed Al-Rajhi yang mengendarai Toyota Hilux Dakar milik Team Overdrive #303.

>>> Terlewat hasil Stage 9? Kami punya ringkasannya untuk Anda

Stage keenam Toyota Hilux Dakar, Peterhansel masih di depan

Menuntaskan rute dari Neom ke Aula sejauh 583 km dengan catatan waktu 3 jam 3 menit 57 detik, Al-Rajhi mengungguli para pembalap teratas. Termasuk Al-Attiyah di posisi kedua dengan selisih 2 menit 4 detik, dan Stephane Peterhansel di peringkat ketiga dengan selisih 2 menit 53 detik.

Aksi Nasser Al-Attiyah di Dakar 2021 Stage 10

Al-Attiyah coba menjaga asa dengan berada di depan Peterhansel di Stage 10

Di belakang ketiganya ada Carlos Sainz, pembalap MINI X-Raid ini menuntaskan stage dengan catatan waktu lebih lambat 4 menit 12 detik dari Al-Rajhi. Di posisi kelima bertengger pereli Polandia, Jakub Przygonski dengan selisih 5 menit lebih dari pemimpin.

Dengan dua Stage tersisa, Peterhansel makin dekat dengan titel Reli Dakar 2021, atau yang ke-14 sepanjang kariernya, dengan keunggulan 17 menit lebih dari Al-Attiyah. Posisi ketiga ditempati Sainz, namun asa sang juara bertahan untuk menjaga gelarnya sangat kecil mengingat jarak dengan pimpinan reli sudah lebih dari 1 jam.

Aksi Stephane Peterhansel di Reli Dakar 2021 Stage 10

Peterhansel masih memegang keunggulan 17 menit lebih atas Al-Attiyah

Posisi keempat ditempati Przygonski, dan Nani Roma masih bertengger di lima besar dengan BRX Hunter nya. Sementara itu, Al-Rajhi yang sudah menang dua Stage sepanjang reli Dakar 2021 ada di peringkat ke-15, tertinggal 6 jam 6 menit dari pimpinan reli.

>>> Dakar Classic: Kelas Baru Untuk Para Veteran Gurun

Macik kembali kejutkan Kamaz-Master

Beralih ke kategori truk, Martin Macik melanjutkan momentum hari sebelumnya dengan kembali memenangi Stage 10. Pereli Ceko yang tergabung dalam tim Big Shock Racing itu memberi kejutan kedua untuk skuad Kamaz-Master dengan catatan waktu 3 jam 13 menit 2 detik untuk menuntaskan Stage 10.

Bermodalkan keunggulan jauh atas rival-rivalnya, skuad Kamaz-Master tampil sedikit main aman. Namun, tim asal Rusia itu masih bisa finis 2-3 dengan Dmitry Sotnikov finis kedua, lebih lambat 1 jam 40 menit atas Macik, dan posisi ketiga ditempati Airat Mardeev, lebih lambat 3 menit 16 detik dari Macik.

Aksi Martin Macik di Dakar 2021 Stage 10

Ini merupakan kemenangan Stage kedua beruntun Macik sepanjang Dakar tahun ini

Meski finis di kedua, Sotnikov masih tak tersentuh di posisi teratas klasemen Dakar 2021 kategori truk. Dengan catatan waktu total 40 jam 57 menit 31 detik, Sotnikov unggul 47 menit 22 detik atas Anton Shibalov di posisi kedua, dengan Mardeev menegaskan dominasi Kamaz di kategori truk dengan ada di P3.

Alex Loprais jadi pembalap non-Kamaz terbaik di posisi keempat, di belakangnya ada Macik, yang terpaut 1 jam 47 menit dari Sotnikov dengan dua Stage tersisa.

Hasil Stage 10 Reli Dakar 2021

Hasil Dakar 2021 Stage 10 untuk kategori Mobil, Truk, dan Motor

Hasil Reli Dakar 2021 Stage 10 untuk kategori Mobil, Truk, dan Motor

Dengan dua Stage tersisa, persaingan Reli Dakar 2021 di kelas mobil dan truk sudah semakin jelas arahnya. Kira-kira, apa yang akan terjadi di dua hari tersisa, apakah akan ada kejutan yang menanti? Simak beritanya di Cintamobil.com.

>>> Simak berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif dalam dan luar negeri di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top