Daihatsu Ungkap ‘Rahasia Dapur’ Penjualan Ritel Terbaik Kedua di Indonesia

10/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Daihatsu Ungkap ‘Rahasia Dapur’ Penjualan Ritel Terbaik Kedua di Indonesia
Belum mengungkapkan angka pasti, Daihatsu prediksikan mempertahankan penjualan ritel terbaik kedua di Indonesia. Kali ini, Daihatsu ungkapkan rahasia dapurnya.

Di awal tahun 2020, Astra Daihatsu Motor membawa kabar gembira. Capaian terbaru Daihatsu mempertahankan posisi penjualan ritel terbaik kedua selama 11 tahun berurut-turut di Indonesia. Hal ini disampaikan sendiri oleh Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyosi.

Hendrayadi mengungkapkan kuatnya layanan purna jual menjadi salah satu alasan pencapaian ini. Ketika Daihatsu berada pada posisi keempat dalam penjualan ritel di Indonesia, hanya ada 157 diler Daihatsu di seluruh Indonesia. Dan tahun lalu, Daihatsu mampu menambah hingga 251 diler yang tersebar di 33 provinsi dari 34 provinsi Indonesia.

Marketin and Customer Relation Division Head Daihatsu Hendrayadi Lastiyosi 
Daihatsu mampu menjadi yang terbaik kedua dalam penjualan ritel tahun 2019

>>> Dapatkan berbagai mobil Daihatsu baru maupun bekas di sini

Menariknya, beberapa model saling bergantian menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu mempertahankan posisinya hingga tahun lalu. Diawali oleh Daihatsu Xenia yang memborong penjualan sebesar 56% pada 2007. Daihatsu Gran Max bahkan pernah memuncaki penjualan Daihatsu pada 2014 hingga 2016.

Kesuksesan Daihatsu Sigra ditengah menurunnya penjualan segmen Low Cost Green Car (LCGC) beberapa waktu terakhir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan Daihatsu. Terbukti selama tiga tahun belakangan (2017-2019) Daihatsu Sigra membawa Daihatsu mengokohkan posisinya sebagai runner up penjualan ritel otomotif Tanah Air.

>>> Daihatsu Peduli Banjir Berikan Diskon Suku Cadang untuk Mobil Terendam Banjir

Mengerti kebutuhan konsumen

Pencapaian yang didapatkan oleh Daihatsu memang bukan perkara mudah. Dijelaskan oleh Hendrayadi, melawan kompetitor dari Jepang seperti Suzuki, Honda, dan Mitsubishi membutuhkan waktu dan pengembangan berkelanjutan.

Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM dalam keterangan resminya mengungkapkan, “Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 11 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Pencapaian ini tak lepas dari hasil inovasi yang dilakukan terus menerus dari seluruh tim demi meningkatkan safety, quality dan efficiency.”

petinggi Daihatsu berfoto bersama dalam acara awal tahun Daihatsu 
Daihatsu berusaha untuk mempertahankan penjualan ritel terbaik kedua tahun ini

Pada kesempatan tersebut, Daihatsu mengungkapkan ‘rahasia dapur’ dari pencapaian tersebut. Contohnya peningkatan sistem keselamatan (safety) yang direpresentasikan ole Press Plant Daihatsu. Alat ini berguna untuk mendeteksi bahaya ketika karyawan memasuki area kerja beresiko tinggi guna menghindari kecelakaan kerja.

>>> Selalu update kabar pasar mobil di sini

Hendrayadi lalu menjelaskan rahasia lainnya dalam capaian Daihatsu tahun lalu, yaitu memberikan produk yang paling cocok bagi konsumen Indonesia. “Kalau 75% pola pembelian (mobil) Daihatsu adalah secara kredit, maka kunci keberhasilan Daihatsu adalah kita bisa mengeluarkan paket-paket kredit yang pas sesuai dengan segmennya masing-masing,” ungkapnya.

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top