Daihatsu Terios Meluncur di Singapura, Dijual Rp 1 Miliar!

19/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Perodua Aruz untuk pertama kalinya keluar dari pasar Malaysia untuk berekspansi ke Singapura. Kembaran Daihatsu Terios itu harga jualnya mencapai Rp 1 miliar.

Kembaran Daihatsu Terios yakni Perodua Aruz resmi memasuki pasar luar negeri pertamanya yakni Singapura. Saat diluncurkan low SUV yang diimpor langsung dari Malaysia ini dijual dengan harga sekitar SGD 92.999 atau setara Rp 1,014 miliar. 

>>> Gegara Diskon PPnBM, Inden Daihatsu Terios Sampai 3 Bulan!

Dijual Melalui Distributor Perocom Auto

Gambar menunjukan Perodua Aruz

Tampilan Perodua Aruz

Produsen mobil asal Malaysia tersebut mengatakan kembaran Daihatsu Terios itu akan dijual oleh satu-satunya distributor resmi Perodua di Singapura, Perocom Auto Pte Ltd di outletnya di kota Ubi. Presiden dan CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad mengatakan kedatangan Aruz di Singapura menandai kehadiran perdananya di Negeri Singa tersebut. Perodua Aruz sendiri membawa lencana sebagai salah satu mobil terlaris di Malaysia dalam dua tahun terakhir.

“Dengan hampir 58.000 unit terjual di Malaysia sejak debutnya pada 2019, Perodua Aruz adalah kendaraan terlaris Malaysia secara keseluruhan pada 2019 dan 2020. Kami berharap dapat berbagi ruang Aruz, keamanan, keserbagunaan, daya tahan, kepraktisan, dan efisiensi bahan bakar dengan tetangga selatan kami," kata Datuk Zainal seperti dikutip dari Malaymail.

Perodua Aruz sendiri di Singapura telah dilengkapi dengan mesin 4-silinder 1.5L Dual VVT-i dikombinasikan dengan transmisi otomatis. Kemudian untuk fitur keselamatannya juga cukup lengkap. Telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control, 6 airbags, dan jok ISOFIX untuk keselamatan anak-anak.

>>> Pilihan Mobil untuk Mengantar Anak Sekolah

Gambar menunjukan Interior Perodua Aruz

Tampilan interior Perodua Aruz

Mengapa Mobil di Singapura Begitu Mahal?

Pemerintah Singapura telah membuat kebijakan mengatur populasi mobil di negaranya. Hal ini dilakukan tentunya untuk mengurangi pencemaran udara untuk negara yang memiliki luas 721.5 kilometer persegi tersebut.

Bagi penduduk Singapura yang ingin memiliki sebuah mobil harus mempunyai Certificates of Entitlement (COE). Untuk mendapatkan lisensi ini juga tidak murah COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SGD 40.609 atau setara dengan Rp 433 juta. 

Sertifikasi COE ini berlaku selama 10 tahun. Kemudian setelah periode tersebut berakhir pemilik kendaraan diwajibkan untuk menghancurkan kendaraannya atau mengekspornya ke luar negeri. Jika tidak ingin keduanya, pemilik kendaraan harus kembali mendapatkan COE yang baru dengan mengikuti proses lelang.

>>> IIMS 2021: Sandiaga Uno Kepincut Toyota Cross Hybrid Seharga Rp 500 Jutaan

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top