Daihatsu Rocky Mau Ada Versi 'GR Sport' Nih?

21/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Orang Indonesia tengah keranjingan mobil bernuansa sporty. Apakah hal itu membuat PT ADM tertarik menghadirkan Daihatsu Rocky versi GR Sport seperti Toyota?

Mobil dengan tampilan sporty tampaknya tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Tak heran kalau hal itu menarik perhatian Toyota untuk mendatangkan sederet mobil bernuansa sporty lewat model Gazoo Racing ke Tanah Air.

Dimulai dari mendatangkan GR Supra, disusul GR Yaris, berlanjut ke Raize GR Sport, dan baru-baru ada Yaris, Agya, Avanza, Rush, hingga Fortuner berbalut nuansa Gazoo Racing. 

Toyota Raize GR Sport

Mobil bernuansa sporty tengah digandrungi orang Indonesia

>>> Selain Avanza-Fortuner, Mobil Toyota Lainnya Bakal Punya Varian GR?

Daihatsu Rocky Mau Ada Versi GR Sport Nih?

Terbukti penjualan mobil dengan nuansa sporty ini disambut antusias masyarakat Indonesia. Mengutip data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk model Toyota Raize GR Sport misalnya sejak perdana diluncurkan akhir April hingga Agustus 2021 terdistribusi sebanyak 2.662 unit. Padahal keseluruhan model Raize pada periode yang sama berhasil terkirim sebanyak 3.911 unit. 

Tampilan depan Daihatsu Rocky R dengan bodykit Astra Daihatsu Styling

Daihatsu masih fokus pada 'kosmetik' Rocky ketimbang hadirkan performa

Tetapi langkah Toyota mendatangkan sederet mobil bernuansa sporty sekaligus berperforma itu tampaknya belum akan diikuti sang saudara Daihatsu. Daihatsu yang memiliki sejumlah model kembar dengan Toyota masih enggan untuk menghadirkan mobil berperforma macam Avanza GR Limited pada Xenia maupun Raize GR Sport pada Rocky. 

"Setiap brand itu punya strategi produknya masing-masing. Kalau tadi disinggung Toyota punya GR Sport berarti mereka bikin varian sport bukan hanya estetika tapi juga performa. Kalau sekarang ADM dan AI-DSO itu fokusnya estetika belum fokus ke performa," tegas Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi pers virtual. 

Dijelaskan Hendrayadi lebih mendalam, konsumen Toyota dan Daihatsu memang berbeda segmentasinya. Menurutnya, saat ini konsumen Daihatsu untuk model Rocky belum tertarik dengan mobil berperforma seperti Toyota Raize GR Sport. Meski demikian, pihaknya tak menutup kemungkinan akan kehadiran mobil berperforma bila banyak mendapat permintaan di masa depan.

Tampilan belakang Daihatsu Rocky R dengan bodykit Astra Daihatsu Styling

Adanya PPKM membuat distribusi Daihatsu Rocky ikut terhambat

>>> 5 Mobil Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Avanza sampai Fortuner

Daihatsu Rocky Kian Diminati

Daihatsu Rocky sendiri disebut mendapat penerimaan cukup baik sejak peluncuran perdana pada akhir April. Bahkan untuk model 1.200cc yang peluncurannya menyusul varian 1.000cc turbo juga mulai diminati konsumen Tanah Air.

Namun sayang, adanya sejumlah pembatasan yang dilakukan pemerintah guna menekan angka penyebaran Covid-19 membuat distribusinya terhambat. Walhasil, konsumen harus lebih bersabar menunggu hingga mobilnya datang ke rumah. 

"Kalau saya lihat Agustus ini mulai imbang-imbang lagi nih. Penerimaan dari Rocky baik 1.000cc maupun 1.200cc cukup baik. Tapi 1.200cc sebenarnya breakdownya bagi kita dengan fitur yang canggih, tampilan hampir sama dengan 1.000cc harganya sangat terjangkau sehingga banyak diminati," tutup Hendrayadi. 

>>> Mau Jajal Daihatsu Rocky 1.2L? Sabar, Unitnya Masih 'Langka'

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top