Daihatsu Pamer Kelebihan Platform DNGA, Pengembangan Mobil Lebih Cepat

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu Pamer Kelebihan Platform DNGA, Pengembangan Mobil Lebih Cepat
Daihatsu telah memiliki platform DNGA yang dikenalkan sejak tahun 2017. Platform ini memungkinkan pengembangan suatu model lebih cepat tak seperti dulu.

Pengembangan suatu model mobil membutuhkan waktu yang tak singkat. Bila diperhatikan satu model mobil memiliki siklus yang cukup lama untuk lantaran pengembangannya juga memakan waktu. 

Hal itu pun juga dialami oleh pabrikan mobil asal Jepang, Daihatsu.

>>> Daihatsu Taft Sudah Bisa Dipesan

Mempersingkat Waktu

Tapi semenjak adanya Daihatsu New Global Architechture (DNGA), pengembangan mobil disebut lebih cepat. DNGA memungkinkan platform mobil dikembangkan untuk beragam model. Inilah yang membuat waktu pengembangan bisa jadi lebih singkat. 

"Konsepnya 1 gram, 1 mm, 1 detik, dan 1 sen, atau penguasaan hingga ke detail. Maknanya ketika Daihatsu kembangkan produk DNGA, Daihatsu mempertimbangkan aspek hingga ke detail dari bobot, harga, hingga waktunya hingga bisa hasilkan kendaraan yang efisien," ungkap Marketing Product Planning Div. Head PT ADM Anjar Rosjadi dalam bincang virtual, Jumat (11/9/2020). 

Daihatsu Rocky

Rocky menjadi salah satu mobil yang mengusung platform DNGA

Dijelaskan Anjar lebih lanjut, platform DNGA juga membuat mobil-mobil Daihatsu lebih irit bensin. Berada di bawah naungan Toyota bersama dengan Lexus dan juga Hino, Daihatsu bertanggung jawab mengisi celah di segmen Kei Car, A, dan juga B. 

>>> Suku Cadang Daihatsu Berstandar Jepang, Tapi Cocok di Indonesia

Sudah Digunakan pada Beberapa Model

Sebagai gambaran, segmen A itu diisi oleh mobil sejenis Sigra dan Calya. Kemudian untuk segmen B terdapat model Terios dan juga Rush. 

DNGA sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 2017. Tak lama berselang tepatnya pada Juli 2019, mobil berplatform DNGA Daihatsu meluncur yakni Kei Car Tanto. Kemudian lima bulan setelahnya, November 2019 Daihatsu meluncurkan Rocky. Tak habis sampai di situ, berkat platform DNGA belum genap setahun mobil baru Daihatsu kembali rilis yakni Taft.

Daihatsu Taft

Daihatsu Taft juga mengusung DNGA

"Inilah kenapa konsep DNGA bisa mempercepat pengembangan produk Daihatsu, ini kelebihannya," sebut Anjar. 

Selain menyingkat waktu pengembangan suatu model, platform DNGA juga diklaim memiliki sejumlah keunggulan seperti performa lebih optimal, solid, dan juga stabil. 

"Dibandingkan sebelumnya kendaraan Daihatsu belum optimal, dengan DNGA lebih enak tapi BBM irit. Di sisi lain dengan konsep DNGA Daihatsu kan punya beberapa teknologi canggih dengan konsep DNGA hal tersebut memungkinkan untuk penerapan tinggi di semua model," ucap Anjar. 

>>> Baca Berita mobil baru di sini 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

5 Mobil Daihatsu Kecil yang Pernah Singgah di Indonesia

17/09/2020

Jual beli

8 menit

Mobil Daihatsu kecil yang ada di Indonesia ternyata bukan cuma Agya, namun setidaknya ada lima model lain. Sayangnya beberapa model ini tidak pernah dijual secara massal oleh Daihatsu.

Lihat juga

Layanan Home Service Daihatsu Tak Maksimal?

26/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Daihatsu menepis anggapan bahwa layanan home service kurang maksimal lantaran minimnya peralatan. Home service memang hanya untuk pekerjaan tertentu.

Lihat juga

Daihatsu Akui Tak Sanggup Kejar Toyota di Indonesia

22/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Daihatsu mengakui sulit mengejar pencapaian pangsa pasar Toyota di Indonesia. Penyebab utamanya adalah line up yang ditawarkan Daihatsu tak sebanyak Toyota.

Lihat juga

Perodua Myvi di-Recall, Bagaimana Nasib Daihatsu Sirion di Indonesia?

16/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Perodua mengumumkan adanya recall pada model Myvi atau dikenal juga dengan model Sirion di Indonesia. Apa kata Daihatsu menanggapi kabar recall Sirion ini?

Lihat juga

Review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007: Lawan Sejati Suzuki Carry

Rp. 153.100.000

31/07/2020

Editor rate:

Inilah lawan sejati dari Suzuki Carry di Indonesia, mulai dari Daihatsu Zebra hingga ke Daihatsu Gran Max, inilah review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007

Lihat juga