Daihatsu Kini Bisa Bikin 3 Mobil Baru Hanya dalam Waktu 2 Tahun

15/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Daihatsu Kini Bisa Bikin 3 Mobil Baru Hanya dalam Waktu 2 Tahun
Daihatsu telah menemukan platform DNGA yang memungkinkan pengembangan lebih cepat. Bila biasanya butuh 5 tahun, kini mobil baru Daihatsu lahir dalam 2 tahun.

Pengembangan mobil baru Daihatsu kini bisa lebih cepat. Hal itu dimungkinkan lantaran pabrikan asal Jepang tersebut telah menghadirkan platform Daihatsu New Global Architechture yang disebut memiliki sejumlah keunggulan. 

Salah satu keunggulannya adalah platform bisa digunakan untuk berbagai model berbeda. Biasanya, satu platform mobil hanya bisa digunakan untuk beberapa model saja tapi tidak dengan DNGA. 

Walhasil pembuatan mobil baru Daihatsu pun tak memakan waktu lama lagi. Kalau biasanya pengembangan membutuhkan waktu minimal lima tahun, kini justru dalam dua tahun saja sebuah mobil baru bisa lahir. 

"Sebelum 2017 pengembangan platform di Daihatsu itu bervariasi misalnya di keicar dan model lain itu berbeda dan tidak dikembangkan secara terpadu itu sebabnya proses pengembangan agak lama," ungkap Marketing Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi dalam kesempatan bincang virtual belum lama ini. 

Dijelaskan Anjar, platform DNGA membuat Daihatsu bisa mengembangkan mobil dari segmen Kei car hingga segmen B sekalipun. Berkat platform DNGA, Daihatsu telah melahirkan tiga mobil baru yakni kei car Tanto, Rocky, dan juga Taft. 

Ketiga mobil baru Daihatsu itu pun diklaim memiliki sejumlah keunggulan yang memudahkan bagi para konsumennya. Apa saja keunggulan mobil-mobil yang telah mengusung platform DNGA tersebut? Berikut penjelasannya. 

>>> Inikah Sinyal Kuat Kehadiran Daihatsu Rocky 2020 di Indonesia?

1. Tanto

Daihatsu Tanto

Kei car Daihatsu Tanto

Tanto model terbaru yang dihadirkan di Jepang telah mengusung platform DNGA. Tanto disebut memiliki kabin yang luas dan nyaman. Ini menjadi kelebihan bagi pengendara yang telah mempunyai anak dan ingin membawa mobil untuk bepergian. 

"Nyaman kalau punya anak kecil ketika berkendara ganti baju nggak perlu nunduk. Terus kalau mau masukin barang karena kabinnnya luas, itu nggak ada pillar B, ini keunggulannya sehingga aksesnya mudah. Punya sepeda yang nggak lipat juga bisa dimasukin," kata Anjar. 

Konfigurasi jok dalam mobil disebut bisa dibuat menyerupai sofa. Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar kota, konfigurasi semacam ini bisa menolong apabila ingin beristirahat di dalam mobil. 

Hadir sebagai mobil mungil, Tanto juga dibekali mesin berkapasitas kecil yakni 660cc turbo. Tapi jangan salah, tenaganya pun cukup besar untuk sebuah mobil kecil. 

"Mesin 660cc ini setara dengan performa mesin 1.000cc istilahnya itu kecil-kecil cabe rawit," ungkapnya. 

Tanto juga sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yakni Daihatsu Smart Assist yang mampu deteksi, mencegah dan meminimalisasi risiko benturan. Padahal, fitur semacam itu biasa ditemukan pada mobil-mobil premium. Di Jepang, mobil mungil ini dibanderol Rp 180 juta. 

>>> Jepang Sempat Ragukan Kualitas Ekspor Mobil Buatan Indonesia

2. Rocky

Rocky diluncurkan di Jepang pada November 2019 dan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakatnya serta mendapat bintang 5 JNCAP yang dikeluarkan kementerian transportasi Negeri Sakura itu.

Daihatsu Rocky

SUV Rocky bermesin 1.000cc turbo

Rocky dibekali mesin 1.000cc turbo yang punya tenaga setara mesin 1.500cc. 

"Selain mesin bandel, teknologi canggih juga ada selain itu ada Smart Assist. Dia juga dilengkapi dengan konektiviti untuk memperkuat hubungan pengendara dan kendaraannya. Misalnya capek nih nggak pernah diservis nanti kendaraannya ngasih tau tuh," tutur Anjar. 

Mobil juga diklaim bisa lebih pengertian dengan suasana hati si pengendara itu sendiri. 

>>> Mazda Bongo yang Dijual di Jepang Diimpor dari Indonesia

3. Taft

Nama Taft juga ikut dalam mobil baru Daihatsu yang lahir berkat platform DNGA. Tapi Taft ini berbeda dengan yang pernah dijual di Indonesia beberapa tahun silam. 

Daihatsu Taft

Berbeda dengan Taft yang dijual di Indonesia

Disebut Daihatsu, Taft telah mengalami penyempurnaan dari sisi desain dan juga fitur-fiturnya. Taft memiliki atap panoramic yang membuatnya tampil lebih elegan. 

"Meskipun mini crossover, Taft mumpuni untuk outdoor karena dia sudah dilengkapi sistem 4WD dan juga ground clearance cukup tinggi 190mm dan aproaching angle dan departure angle cukup besar," pungkas Anjar. 

>>> Baca Berita mobil baru di sini 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia

29/09/2017

Editor rate:

Daihatsu meluncurkan Sigra dalam katalog penjualannya guna menghangatkan persaingan dengan kompetitor di ranah MPV LCGC. Tingginya minat konsumen akan mobil bersegmen MPV yang irit bahan bakar membuat Daihatsu selaku pabrikan memutar otak untuk menterjemahkan keinginan tersebut. Seperti apa detail Daihasu Sigra terbaru ini? Mari bacalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini

Lihat juga

Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020: Mobil Daihatsu Termurah Se-Indonesia

Rp. 102.150.000

03/08/2020

Editor rate:

Inilah mobil Daihatsu termurah se-Indonesia Raya, yaitu Daihatsu Ayla tipe D. Meski banderolnya paling murah seberapa menarik Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020 ini?

Lihat juga

Review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007: Lawan Sejati Suzuki Carry

Rp. 153.100.000

31/07/2020

Editor rate:

Inilah lawan sejati dari Suzuki Carry di Indonesia, mulai dari Daihatsu Zebra hingga ke Daihatsu Gran Max, inilah review Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5L 2007

Lihat juga

Daftar Harga Daihatsu Copen terbaru September 2020 Di Indonesia

01/09/2020

Daihatsu

Daihatsu selaku pemain lama dalam dunia otomotif, terlihat cukup mengesankan dalam menghadirkan produk-produk istimewa. Pada jajaran mobil sporty misalnya, Daihatsu Copen menjadi salah satu produk andalan di pangsa pasar Indonesia. Mengingat konsepnya sebagai mobil Coupe, Daihatsu Copen hadir istimewa dengan Electric Convertiable Roof. Semakin penasaran bukan? Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan mengulas tentang daftar harga Daihatsu Copen, spesifikasi dan fitur menarik lainnya.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Daihatsu Luxio terbaru September Di Indonesia

01/09/2020

Daihatsu

Di bulan Juli 2018 ini, pihak Daihatsu kembali menawarkan program Ramadhan khusus pembelian Daihatsu Luxio. Tentu Anda semua tahu akan kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini memiliki estetika elegan baik dari sisi eksterior maupun interior. Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Daihatsu Luxio terbaru 2020.

Lihat juga