Daihatsu Gran Max Pick Up Pimpin Penjualan Daihatsu Bulan Januari 2021

12/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Daihatsu Gran Max sebagai mobil niaga serbaguna racikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil memimpin penjualan merek asal Jepang ini di bulan Januari 2021

Mengawali lembaran baru tahun 2021, meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, penjualan Daihatsu mencatatkan capaian yang cukup baik. Hal ini diharapkan dapat menjadi sinyal positif untuk memasuki tahun 2021. Karena Daihatsu Gran Max berhasil memimpin penjualan merek asal negeri Sakura ini di bulan Januari 2021.

Gran Max Pimpin Penjualan Daihatsu Di Tanah Air

Bahkan secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada Januari 2021 mencapai sekitar 53 ribu unit atau turun sekitar 21% dibandingkan Desember 2020. Sementara itu, untuk penjualan ritel Daihatsu mencapai 9.528 unit, atau naik 4% daripada bulan Desember 2020, dengan pencapaian market share sebesar 17,6%. Jelas ini merupakan prestasi tersendiri bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Gambar penjualan Daihatsu bulan Januari 2021

Gran Max model pick up pimpin penjualan Daihatsu

Pada Januari 2021, Penjualan ritel Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up 3.046 unit (berkontribusi 32,0%), disusul Sigra 2.218 (23,3%), dan Terios 1.377 unit (14,5%). Sedangkan untuk penjualan whole sales, sebanyak 2.976 unit mobil niaga Daihatsu ini berhasil dikirim ke dealer, atau dengan kata lain berpartisiapsi sebesar 33,1% bagi Daihatsu.

Foto tampilan belakang Daihatsu Gran Max 1.5 Pick Up

Produk ini membawa Daihatsu dapatkan market share 17,6%

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan lalu dengan market share 17,6%. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Amelia Tjandra, selaku Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dikutip Cintamobil.com dari keterangan resminya..

>>> Intip Hasil Update Recall Daihatsu Gran Max Dan Luxio

Sekilas Mengenai Gran Max

Gran Max meluncur di Tanah Air sejak tahun 2007. Kehadirannya saat itu langsung menantang seteru abadi Daihatsu Zebra, yaitu Suzuki Carry. Sebabnya, Gran Max hadir dengan berbagai modernisasi di kelas mobil komersial, seperti kabin yang lega, dashboard dengan bentuk modern, getaran mesin yang minim di kabin, hingga desain semi bonnet yang menambah unsur keamanan mobil niaga racikan Astra ini.

Gambar Daihatsu Gran Max

Sayang sekali sejak meluncur tahun 2007, Gran Max belum sekalipun dapat facelift

Apalagi saat itu, Gran Max dijual dengan harga yang hanya berbeda tipis dengan jagoan PT Suzuki Indomobil Sales. Tak heran jika Gran Max menjadi model paling laku yang dijual PT Astra Daihatsu Motor di Tanah Air. Sejak tahun 2007 Gran Max hadir dalam dua model yakni minibus dan juga pick up. Mobil yang dirakit dan dikembangkan oleh Daihatsu ini menjadi lawan sejati Suzuki Carry hingga kini.

>>> Mau beli mobil Daihatsu Gran Max bekas? Cari di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top