Daihatsu Berencana Perkenalkan 10 Model Baru untuk Indonesia di Tahun 2025

22/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil asal Jepang Daihatsu berencana tambah produksi mobil hingga 10 model baru yang disesuaikan dengan negara-negara berkembang di Asia Tenggara.

Produsen mobil asal Jepang Daihatsu berencana untuk memproduksi mobil yang disesuaikan dengan negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Upaya ini dibuat untuk meningkatkan kehadirannya di pasar negara berkembang. 

>>> Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2L Tembus 19 Kilometer Per Liter!

Dibuat Menyesuaikan Kebutuhan Negara Berkembang

Sebagai contoh Daihatsu telah perkenalkan Rocky di Tanah Air sebagai model yang bermain di segmen SUV kompak untuk lima penumpang. Sementara itu Perodua Ativa di Malaysia juga telah diperkenalkan didasarkan pada Daihatsu Rocky hadir dengan didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lokal.

Nobuhiko Ono, wakil kepala divisi manajemen penelitian dan pengembangan Daihatsu seperti dalam laporan Nikkei Asia mengatakan bahwa Daihatsu Rocky atau Perodua Ativa di Malaysia dihadirkan sesuai dengan survei serta uji coba dengan unit evaluasi untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen lokal.

Gambar menunjukan Daihatsu Rocky

Tampilan SUV Rocky 2021

“Karena Malaysia memiliki banyak jalan tol, mobil sering melaju dengan kecepatan tinggi. Kami harus mencari cara untuk mengatasinya,” kata Nobuhiko Ono, wakil kepala divisi manajemen penelitian dan pengembangan Daihatsu. Ono telah mempelajari respon tentang kebutuhan pengemudi lokal di Malaysia dan memutuskan untuk meningkatkan respons pengereman kendaraan, menyimpulkan bahwa pengemudi akan merasa kurang aman jika rem merespons dengan lembut saat pedal ditekan.

>>> Cara Mencegah Serangan Jantung Ketika Mengemudi Mobil di Jalan

Perubahan juga dilakukan pada suspensi, baik pada Ativa maupun Rocky yang diperkenalkan di Indonesia pada akhir April lalu. Untuk Rocky di Indonesia, Daihatsu menggunakan survei pasar dan rutinitas produksi uji coba yang sama seperti di Malaysia, dan suspensinya dikerjakan ulang agar berkinerja baik di jalan yang kasar, mengingat banyak jalan di Tanah Air yang masih kurang baik.

Tambah 10 Model Lagi

Model-model baru memulai dengan awal yang kuat, dengan penjualan mencapai 4.000 hingga 5.000 unit per bulan di Malaysia saja. Model produksi Indonesia juga akan diekspor ke 50 pasar negara berkembang lainnya.

Gambar menunjukan Interior Daihatsu Rocky

Tampilan interior SUV Rocky 2021

Daihatsu berharap untuk melanjutkan kesuksesannya ini dengan mempercepat upayanya untuk mengembangkan lebih banyak kendaraan untuk pasar negara berkembang, berencana untuk menambah 10 model lainnya pada tahun 2025. 

Produksinya akan dibantu oleh metode yang cepat dan murah menggunakan Arsitektur Platform Otomotif Compact Global Modular Global Baru Daihatsu dan konsep kecil setengah yang membantu mengurangi waktu dan biaya pengembangan hingga 30% dan memungkinkan penyebaran model yang lebih cepat seperti halnya dengan Rocky/Ativa.

>>> Sepanjang Mei 2021 Daihatsu Masih Jadi yang Terlaris ke-2 di Tanah Air

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top