Daihatsu All New Xenia Meluncur, Yuk Intip Sejarah Singkatnya

11/11/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu All New Xenia secara resmi diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021, yuk kita bahas singkat mengenai sejarah mobil ini

Daihatsu All New Xenia akhirnya secara resmi diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Ubahan radikan ditunjukkan oleh Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) racikan geng Sunter ini.

Eksterior belakang Daihatsu All New Xenia 1.5 R MT

All New Xenia makin menawan

Bila Anda melihat mobil ini secara langsung, Anda mungkin mengira bila All New Xenia benar-benar sudah naik kelas. Tapi, sebelum banyak bercerita tentang mobil baru ini, mungkin ada baiknya kita sedikit menengok mengenai sejarah Daihatsu Xenia di Indonesia.

>>> 5 Alasan All New Xenia, All New Avanza & Veloz Pindah Dari RWD ke FWD

Sejarah Daihatsu Xenia

Anda bisa bayangkan, di masa awal kemunculannya 18 tahun silam Xenia ditawarkan sebagai MPV 'berhidung' Daihatsu dengan harga mulai Rp 60 juta (tipe Li varian 1.000 cc). Bandingkan dengan harga jual saat ini yang berada di angka Rp 190 jutaan untuk trim paling terjangkaunya.

Brosur Daihatsu Xenia 2004

Sejarah Daihatsu Xenia dimulai tahun 2003

Mengutip info dari buku berjudul 17 Tahun Fenomena Avanza-Xenia di Indonesia karya M Syakur Usman, disebutkan bahwa Xenia adalah perpanjangan proyek dari Batra (Basic Transportation) yang sempat 'disuntik' mati oleh prinsipal Daihatsu tahun 1998 akibat krisis moneter.

Brosur Daihatsu Xenia 2003

Sejarah Daihatsu Xenia mencatat bahwa kendaraan ini adalah mobil dengan harga terjangkau

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan tiga tipe yakni Mi bermesin 1.000 cc 3-silinder dengan kode mesin EJ-DE. Lalu ada tipe Li pakai mesin yang sama dengan trim Mi, dan tipe Xi sebagai top of the line dengan mesin 1.300 cc 4-silinder yang sama dengan kepunyaan Avanza (K3-DE)

Program Daihatsu Setia

Salah satu event yang punya sejarah bagi Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia meluncur bersamaan dengan saudaranya yakni Toyota Avanza pada tanggal 11 Desember 2003 di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan. Saat itu terlihat jelas Avanza jadi mobil keluarga terjangkau yang prestise, sementara Xenia lebih ke fungsionalitasnya.

Sejarah Xenia

Sejarah Daihatsu Xenia

Sepanjang perjalanannya Daihatsu Xenia generasi pertama mendapat dua kali facelift yakni di bulan Juli 2006 ganti mesin berteknologi VVT-i + ubahan minor di tampilan eksterior, serta bulan September 2008 ada oenambahan dua warna baru yakni grey metallic & royal red metallic. Di November 2009 ada varian matik untuk mesin 1.300 cc.

Daihatsu Xenia generasi kedua tahun 2011

Daihatsu Xenia generasi kedua

8 Tahun sejak kemunculannya Daihatsu sadar mereka harus berbenah dan melakukan lebih. Ganerasi kedua Xenia muncul di hadapan publik pada bulan November tahun 2011. Nomenklatur Xenia pun berubah. Trim Mi, Li, dan Xi ditiadakan. Sebagai gantinya ada tipe D, M, dan R sebagai tipe tertinggi.

Brosur Daihatsu Xenia 2011

Brosur Daihatsu Xenia generasi kedua

Mesin 1.000 cc 3-silinder VVT-i (EJ-VE) masih tetap dipertahankan untuk Daihatsu Xenia tipe D dan trim M. Sedangkan mesin 1.300 cc 4-silinder VVT-i (K3-VE) mereka hanya ada di tipe R. Oh ya nama trim di Xenia ini cukup banyak, dari Standar, Deluxe, Family, dan Sporty.

Eksterior belakang Daihatsu Xenia 2011

Eksterior belakang Daihatsu Xenia

Kebutuhan akan mobil keluarga yang aman disambut PT ADM pada bulan Mei 2013. Kali ini Xenia generasi kedua mendapatkan facelift ringan di bagian eksterior. Namun yang paling utama adanya fitur keselamatan pasif dual SRS Airbag jadi nilai jual utama Xenia kala itu. O ya, di facelift ini NVH juga diperbaiki oleh Daihatsu.

Daihatsu Great New Xenia 2016

Noise Vibration Harshness (NVH) diperbaiki sedikit oleh PT ADM pada facelift pertama

Bulan Agustus tahun 2015 Xenia kembali mendapatkan 'operasi' wajah. Kali ini tampilannya lebih keren dan cukup berubah drastis. Ada beberapa warna menarik di Daihatsu Great New Xenia ini, seperti warna cokelat seperti gambar yang kami sajikan di atas ini. Secara umum banyak penyempurnaan yang dilakukan ADM di sini.

Daihatsu Grand New Xenia 1500 2019

Untuk pertama kalinya Xenia mengusung mesin 1.5L di facelift ketiga

Bulan Januari 2019 sama seperti saudara kembarnya Daihatsu Xenia mendapat facelift terakhir di generasi kedua ini. Tampilan eksterior depan jadi highlight utama. Dan yang terpenting Xenia pertama kali mendapat pilihan varian 1.500 cc. Facelift ketiga ini bertepatan dengan 15 tahun Daihatsu Xenia eksis di Indonesia.

>>> Harga Daihatsu All New Xenia 2022 Tinggi? Sigra Bisa Jadi Substitusi

Sejarah Daihatsu Xenia : Mengalami Ubahan 180° Di Generasi Ke-3

Daihatsu All New Xenia 1.5 R 2022

Daihatsu All New Xenia

Akhirnya pada tahun 2021 ini, Daihatsu All New Xenia resmi mengaspal di Indonesia setelah sebelumnya diresmikan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Seperti yang kami bilang, ia kini jauh lebih dewasa dan mapan. Lantas, seperti apa sih istimewanya mobil ini? Tunggu artikel review lengkap kami terhadap Daihatsu All New Xenia 2021 hanya di Cintamobil.com ya...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top