Daftar Kota Yang Telah Dilengkapi Tilang Elektronik

17/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Daftar Kota Yang Telah Dilengkapi Tilang Elektronik
Sejak diterapkan di Jakarta pada akhir 2018, tilang elektronik juga diberlakukan di kota lain. Berikut daftar kota yang telah dilengkapi tilang elektronik.

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) menjadi cara baru mengurangi pelanggaran lalu lintas. Cara ini diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada akhir 2018. Mengandalkan rekaman CCTV pihak kepolisian mengenakan tindakan tilang kepada pengendara kendaraan bermotor yang tertangkap melakukan pelanggaran.

Berbeda dengan pengawasan langsung oleh petugas di lapangan yang sering terkendala kurangnya personil, pengawasan dalam tilang elektronik lebih maksimal. Pengurusan tilang elektronik juga lebih fleksibel dibanding tilang manual. Pelanggar tinggal melakukan konfirmasi via web, misalnya etle-pmj.info/id untuk DKI Jakarta. Setelah itu membayar sanksi denda sesuai pelanggarannya.

Dengan cara ini pengurusan juga lebih cepat dan praktis. Pelanggar tidak perlu datang ke kejaksaan atau ke pengadilan untuk sidang. Pihak kepolisian juga tidak harus menyita surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK seperti saat tilang manual. Sebagai konsekuensi, jika dalam waktu 8 hari tidak dikonfirmasi pelanggaran dianggap valid. Dan jika dalam 15 hari sejak pelanggaran dilakukan denda tidak dibayar STNK akan diblokir.

Jenis pelanggaran tilang elektronik

Foto menunjukkan kamera pengawas lalu lintas

Tilang elektronik, cara baru mengurangi pelanggaran lalu lintas

Jenis pelanggaran yang menjadi sasaran tilang elektronik diantaranya:

  1. Pelanggaran ganjil-genap
  2. Pelanggaran marka dan rambu jalan
  3. Parkir tidak pada tempatnya
  4. Pelanggaran batas kecepatan
  5. Kesalahan jalur
  6. Pelanggaran jalur TransJakarta
  7. Kelebihan daya angkut dan dimensi
  8. Menerobos lampu merah
  9. Melawan arah
  10. Mengemudi dengan kecepatan melebihi batas
  11. Tidak menggunakan sabuk pengaman
  12. Menaikkan atau menurunkan penumpang dan berhenti di sembarang tempat
  13. Menggunakan ponsel saat berkendara
  14. Tidak menggunakan helm
  15. Membonceng lebih dari satu

Kota Yang Telah Dilengkapi Tilang Elektronik

Foto menunjukkan Rambu-rambu tilang elektronik

Tilang elektronik menyasar segala jenis pelanggaran lalu lintas

Kini tidak hanya di Jakarta, tilang elektronik juga diterapkan di kota yang lain dengan skema dan proses yang mirip. Berikut sejumlah kota yang telah dilengkapi tilang elektronik.

  • DKI Jakarta

Di Jakarta tilang elektronik berlaku mulai 1 November 2018 dengan hanya 12 titik di Jalan Medan Merdeka Barat-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Hingga 39 hari kemudian atau sampai 9 Desember 2018 Ditlantas Polda Metro berhasil mengcapture 4.537 pelanggar.

Tahun depannya, tilang diperluas. Ditlantas menambah kamera pengawas sebanyak 45 kamera hingga total menjadi 57 kamera.

  • Makassar

Tilang elektronik resmi diberlakukan di Makassar Sulawesi Selatan pada 26 Desember 2018. Sebanyak 15 titik dipasangkan kamera CCTV dari 23 yang direncanakan sebelumnya.

Sebagaimana di Jakarta, awal diberlakukan ribuan pengendara tertangkap kamera melakukan pelanggaran lalu lintas. Namun seiring dengan adanya sosialisasi, angka pelanggaran semakin menurun. Warga menjadi lebih familiar dan mengerti bahwa pelanggaran yang dilakukan diawasi kamera.

  • Surabaya

Awal 2020, tepatnya 16 Januari 2020 Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meluncurkan tilang elektronik di Mapolda Jatim, Kamis (16/1/2020).

Peluncuran itu menandai diberlakukannya tilang elektronik di Kota Surabaya sekaligus yang pertama di Jawa Timur. Sebanyak 25 kamera terpasang di sejumlah titik dan sudah tersambung ke ruang pengawas TMC Polda Jatim.

>>> Tinggal di Surabaya, temukan mobil favoritmu di sini!

  • Semarang

Foto menunjukkan kawasan Simpang Lima Semarang

Simpang Lima, kawasan ikonik Kota Semarang

Tilang elektronik mulai diuji coba di Semarang awal 2020 yaitu di Jalan Pandanaran arah Simpang Lima dan arah Pekunden. Menyusul berikutnya yaitu 7 kamera di pertigaan depan Akpol Gajahmungkur, di depan Perhutani jalan Pahlawan, di Jalan Ahmad Yani depan Kesbangpol Jateng, Pertigaan Hanoman di Jalan Siliwangi, di jalan Pemuda, Jalan MT Haryono di perempatan Pasar Peterongan, dan di depan Ace Hardware Jalan Gajah Mada.

  • Solo

Satlantas Polresta Solo sempat menerapkan tilang elektronik di Kota Solo pada Februari 2019. Tapi kemudian dihentikan karena ada event pemilu yang membutuhkan pengamanan lebih. Kini, sejak awal Maret 2020 tilang elektronik kembali diberlakukan.

Terdapat 66 kamera pengawas yang tersebar di sejumlah titik kota. Semuanya aktif dan terhubung ke pengawas. Seperti halnya kota-kota lain, pelanggar tilang elektronik di Kota Solo mendapatkan surat pemberitahuan untuk segera dikonfirmasi.

Jika benar-benar melakukan pelanggaran pengendara diminta membayar denda sesuai yang ditetapkan. Jika tidak melakukan pelanggaran, pengendara bisa memberikan penjelasan untuk menghindari STNK diblokir karena tak dikonfirmasi.

  • DI Yogyakarta

Tilang elektronik berlaku di DI Yogyakarta mulai 13 Agustus 2020. Kamera artificial intelligence yang terpasang di sejumlah titik akan merekam pelanggaran lalu lintas, lalu dikirim ke back office Regional Traffic Management Center (RTMC) milik Ditlantas Polda DIY.

"Ada empat titik kamera pertama di Tambak Wates Kulon Progo, kedua di Ngabean Kota Yogyakarta, ketiga Maguwoharjo Sleman, dan keempat di wilayah perbatasan antara Gunungkidul dan Banguntapan, Bantul. Kamis ini akan diluncurkan oleh Kapolda DIY." tutur Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya saat sosialisasi ETLE di Nol Kilometer, Kota Yogyakarta, Rabu (12/8/2020).

>>> Banyak Warga yang Belum Merespon Tilang Elektronik di Yogya

Foto menunjukkan Sosialisasi tilang elektronik di DIY

Sosialisasi tilang elektronik di DI Yogyakarta

  • Kota Depok

Kota Depok, Jawa Barat akan memberlakukan secara resmi tilang elektronik mulai 1 November 2020. Sedangkan sepanjang Oktober saat ini tengah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polrestro Depok Kompol Erwin Aras Genda menyampaikan sebelum resmi berlaku pada November mendatang, pihaknya akan lebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Tahap 1 bulan ini mungkin 1 sampai 30 Oktober 2020 itu tahap-tahap sosialisasi, per 1 November 2020 masa penegakkan hukum akan berlaku," tutur Kasat Lantas Polrestro Depok Kompol Erwin Aras Genda di sela peluncuran sistem tilang elektronik di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020) lalu.

Untuk sementara kamera ETLE yang terpasang baru satu, yaitu di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) depan kantor Pemkot Depok, Jalan Margonda Raya. Dan sebelum akhir tahun bakal ditambah satu lagi yaitu di Simpang Juanda Margonda.

>>> Tilang Elektronik di Ruas Jalan Margonda Depok Berlaku Mulai 1 November

Foto menunjukkan Truk ditilang polisi

Tilang berbasis teknologi lebih praktis dibanding tilang manual

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tilang Elektronik Bakal Diterapkan di Seluruh Wilayah Jatim

15/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jawa Timur perlu diketahui bahwa tilang elektronik akan mulai diberlakukan oleh Ditlantas Polda Jatim tengah.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Ruas Jalan Margonda Depok Berlaku Mulai 1 November

28/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang berdomisili di kota Depok perlu diketahui bahwa mulai awal November 2020 tilang elektronik akan mulai diberlakukan di jalan Margonda.

Lihat juga

Butuh 60 Kamera Baru untuk Tilang Elektronik di Jakarta Tahun Depan

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 60 kamera baru tengah diajukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya untuk mendukung penerapan tilang elektronik di Jakarta tahun depan.

Lihat juga

Banyak Warga yang Tak Merespon Tilang Elektronik di Yogya

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Empat lokasi tilang elektronik di Yogya berhasil merekam 315 kendaraan dinyatakan telah melanggar aturan lalu lintas. Namun baru sedikit yang merespon.

Lihat juga

Tilang Elektronik Kembali Diaktifkan, Ini Lokasi Kameranya!

05/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Selesai dengan Operasi Patuh Jaya 2020 Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan kembali tilang elektronik mulai Kamis, 6/8/2020. Berikut lokasi kameranya!

Lihat juga