Daftar 10 Negara yang Langganan Mobil Buatan Indonesia

17/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil buatan Indonesia sudah diekspor ke 80 negara. Diantara 80 negara itu, setidaknya ada 10 yang 'langganan' mobil buatan Indonesia. Simak daftarnya berikut.

Mobil buatan Indonesia diketahui sudah meramaikan jalanan di hampir 80 negara. Bukan asli Indonesia memang, melainkan mobil merek Jepang hingga China yang produksi dan perakitan dilakukan di Tanah Air. Ada juga yang komponennya diproduksi di Indonesia kemudian perakitan dilakukan di negara tujuan. 

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari keseluruhan hampir 80 negara, setidaknya ada 10 negara yang langganan mengekspor mobil buatan Indonesia. Negara apa saja ya? Simak penjabarannya berikut.

Toyota Fortuner

Fortuner merupakan salah satu mobil yang dirakit di Indonesia dan banyak dikirim ke mancanegara

>>> Jokowi Mau Mobil Rakitan Indonesia Makin Mendunia

1. Filipina 

Filipina menempati posisi teratas sebagai negara yang paling banyak mengimpor mobil buatan Indonesia. Tahun 2020 tercatat 64.529 unit mobil rakitan Indonesia dikirim ke sana. Sedangkan hingga April 2021, Filipina masih menempati posisi puncak dengan 25.234 unit mobil dikirim ke sana.

2. Vietnam

Di tempat kedua ada Vietnam. Tercatat sepanjang tahun 2020, 35.649 unit mobil yang dirakit di Indonesia dikirim ke Vietnam. Namun hingga April 2021, Vietnam justru turun di tempat ketiga dengan 14.337 unit. 

3. Saudi Arabia

Selanjutnya ada Saudi Arabia. Pada tahun 2020, 32.011 unit mobil rakitan Indonesia dikirim ke Saudi Arabia. 

>>> Mobil DFSK Buatan Indonesia Makin Laris Manis di Negara Orang

4. Thailand

Meski memproduksi mobil sendiri sekaligus mengekspor ke sejumlah negara, nyatanya Negeri Gajah Putih masih mengimpor mobil dari Indonesia. Sepanjang tahun 2020 tercatat 20.274 unit mobil rakitan Indonesia diekspor ke Thailand. Sedangkan pada tahun 2021 hingga April baru 10.025 unit mobil berlabel made in Indonesia sambangi Thailand. 

5. Meksiko

Negara yang berada di kawasan Amerika Selatan ini rupanya ikut 'langganan' mobil made in Indonesia. Meski pandemi melanda tahun 2020, 15.093 unit mobil dari Indonesia dikirim ke Meksiko. 

6. Jepang

Sempat diragukan akan kualitasnya, nyatanya mobil yang diproduksi di Indonesia bisa diterima di Jepang. Buktinya pada tahun 2020 sebanyak 14.510 mobil dari Indonesia diekspor ke Jepang. Salah satu model yang cukup banyak diekspor adalah Gran Max. Di Jepang Gran Max dijual dengan merek Toyota yakni Town Ace dan juga Mazda Bongo. 

>>> Serupa Tapi Tak Sama, Ini 10 Perbedaan Detail Isuzu Traga Ekspor Dengan Lokal

7. Peru

Peru menempati posisi ketujuh negara yang langganan mobil dari Indonesia. Pada tahun 2020, 5.915 unit mobil dari Indonesia dikirim ke Peru. Salah satu model andalan yang dikirim ke Peru adalah Rush yang diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Kemudian juga ada Wigo. Tak ketinggalan Suzuki Carry dari Indonesia juga sambangi Peru. 

DFSK Glory

Tak melulu mobil Jepang, mobil China juga melakukan ekspor dari Indonesia

8. Afrika

Afrika bercokol di tempat ke-8 sebagai negara tujuan ekspor otomotif terbanyak dari Indonesia. Tak dijelaskan secara merinci negara Afrika mana yang dimaksud. Gaikindo mencatat ada 5.482 unit mobil dari Indonesia diekspor ke Afrika. 

9. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab menempati tempat kesembilan dalam top 10 tujuan ekspor mobil dari Tanah Air. Sepanjang 2020 ada 5.212 unit mobil dari Indonesia sambangi Uni Emirat Arab. 

ekspor mobil

Brio menjadi andalan Honda di pasar ekspor

10. Oman

Posisi ke-10 ditempati Oman. Oman pada tahun 2020 mengimpor 3.215 unit mobil dari Indonesia. Salah satu model yang dikirim ke Oman dari Indonesia adalah Mitsubishi Xpander. 

"Kalau kita lihat negara tujuan, Filipina merupakan negara tujuan nomer 1, setelah itu Vietnam, Thailand, dan seterusnya. Negara-negara inilah yang top 10 negara kita paling banyak ekspor ke sana," tegas Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto dalam Webinar Sektor Otomotif Nasional belum lama ini.  

>>> Pemerintah Rayu Produsen Jepang Biar Bisa Ekspor Mobil ke Australia 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top