Cuma Pasar Otomotif China yang Bisa 'Bersinar' di Masa Pandemi

23/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Cuma Pasar Otomotif China yang Bisa 'Bersinar' di Masa Pandemi
Pasar otomotif China masih bisa menunjukan tajinya di global. Ini membuat China menjadi satu-satunya pasar otomotif yang masih bisa bersinar saat pandemi.

Pasar otomotif China masih bisa bersinar di masa pandemi. Bahkan di dunia, hanya China yang industri otomotifnya bisa mencatat penjualan meningkat di saat negara-negara lain masih bersusah payah mengatasi virus corona. 

Melansir South China Morning Post, Jumat (23/10/2020), produksi dan penjualan mobil di China kian moncer. Sedangkan negara-negara di kawasan Eropa hingga Amerika Serikat masih berkutat dengan corona. 

Pameran otomotif China

Pameran Beijing Auto Show digelar saat pandemi

>>> Warganya Mulai Sambangi Dealer, Penjualan Mobil di China Terus Merangkak

Pameran Beijing Auto Show Ikut Berkontribusi

Penjualan mobil penumpang di China terus menanjak dalam tiga bulan berturut-turut. Tren positif penjualan mobil di China ini diperkirakan masih akan terus berlanjut setelah berhasil mengatasi Covid-19. 

Berdasarkan data yang dirilis China Passenger Car Association, tercatat distribusi mobil penumpang di China termasuk model sedan, SUV, minivan, dan juga MPV meningkat 7,4 persen secara year on year menjadi 1,94 juta unit pada September 2020. 

Sedangkan distribusi secara wholesales meningkat 8 persen menjadi 2,088 juta unit seperti dirilis terpisah oleh China Association of Automobile Manufacturers (CAAM). 

"Mereka yang sempat menunda untuk membeli mobil pada semester pertama mulai datang kembali," ungkap Sales Manager Yiyou Auto Service Shanghai Tian Maowei. 

Ini menjadi prestasi tersendiri bagi China. Pasar otomotif China bangkit dengan cepat setelah sempat melakukan lockdown untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Lockdown sempat membuat industri otomotif China terpukul karena seluruh kegiatan benar-benar terhenti. 

>>> Tertunda 6 Bulan, Pameran Otomotif di China Akhirnya Dihelat

Tren Masih Berlanjut di Kuartal Empat

China pun menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan penjualannya tersebut. Salah satunya dengan menggelar pameran Beijing Auto Show yang sukses digelar dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. 

Pameran otomotif China

Pameran yang sempat tertunda itu turut berkontribusi terhadap peningkatan penjualan mobil di China

Harapannya pada kuartal keempat peningkatan penjualan masih akan terus terjadi mengingat permintaan dari konsumen juga menanjak. 

Adanya peningkatan penjualan pasar otomotif China juga didorong oleh kendaraan elektrifikasi. Masih dalam data CAAM, penjualan kendaraan elektrifikasi di China naik 67,7 persen pada September. Perusahaan yang bergerak di kendaraan elektrifikasi seperti Tesla dan Xpeng bahkan berusaha meningkatkan kapasitas produksi. 

Tak cuma jadi jagoan di dalam negeri, ekspor mobil buatan China pun ikut meningkat. Pada bulan kesembilan, ekspor mobil China menanjak 32,8 persen menjadi 62.000 unit. Inilah yang membuat industri otomotif China secara keseluruhan lebih cepat pulih ketimbang negara lain. 

>>> Perusahaan Baja di China Bagikan Ribuan Mobil Baru untuk Karyawan

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top