Cuma Mobil Ini yang Harganya Turun Rp 60 Jutaan karena Diskon PPnBM

02/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Cuma Mobil Ini yang Harganya Turun Rp 60 Jutaan karena Diskon PPnBM
Diskon PPnBM membuat harga mobil ikut turun. Penurunan harga bervariasi, tapi paling besar hanya didapat oleh sedan Toyota Vios yakni sebesar 30 persen.

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) membuat harga mobil menjadi turun. Memang tak semua model berhak mendapat keistimewaan tersebut, setidaknya hanya mobil-mobil pada segmen sedan dan 4x2 dengan mesin di bawah 1.500 cc yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70% bisa memperolehnya. 

Penurunannya pun bervariasi dikarenakan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2013. PPnBM yang dikenakan pada mobil 4x2 dan sedan berbeda. Untuk mobil Low MPV, MPV, Low SUV, dan Hatchback hanya dikenakan penurunan sebesar 10%. 

Vios

Vios dapat insentif PPnBM terbesar

>>> Mengapa Tak Semua Model Mobil Diberikan Diskon PPnBM?

Jadi Satu-satunya Sedan yang Dapat Diskon PPnBM

Dengan besaran PPnBM 10%, harga mobil jenis Low MPV turun sekitar Rp 10-20 jutaan. Pun demikian dengan MPV seperti Sienta yang harganya turun hampir Rp 30 juta. Low SUV pun penurunannya tak begitu drastis. Tapi penurunan paling besar dialami oleh sedan Vios. 

Dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian No.169 tahun 2021, Vios merupakan satu-satunya sedan yang memenuhi persyaratan untuk mendapat diskon PPnBM.

Vios

Interior sedan Vios

Vios yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia itu tercatat memenuhi TKDN sebanyak 74,4%. Vios sendiri dikenakan PPnBM sebesar 30% sesuai dalam Pasal 2 ayat 4 butir a PP no.41 tahun 2013. 

"Kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai 1.500 cc," bunyi pasal tersebut. 

Pengenaan PPnBM sebesar 30% itu membuat harga Vios turun hingga Rp 65,25 juta. Berikut harga lengkap Toyota Vios yang mendapat diskon PPnBM terbesar di antara model lainnya. 

  • New Vios G A/T Rp 281,6 juta
  • New Vios E A/T Rp 265,4 juta
  • New Vios G M/T Rp 268,9 juta
  • New Vios E M/T Rp 252,4 juta

>>> Dapat Diskon Pajak, Harga Wuling Confero Kurang dari Rp 150 Juta

Diskon Besar Hanya Berlaku 3 Bulan

Vios

Diskon pajak besar pada Vios hanya berlaku tiga bulan ke depan

Tapi perlu dicatat, diskon PPnBM besar pada Toyota Vios ini hanya berlaku pada periode Maret-Mei 2021. Seperti diketahui PPnBM Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) ini berlaku terbagi dalam tiga tahap, yaitu pengurangan 100% untuk tiga bulan tahap pertama, pengurangan 50% untuk tiga bulan tahap kedua, dan pengurangan 25% untuk tiga bulan tahap ketiga.

“Implementasinya akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Diharapkan adanya stimulus ini dapat meningkatkan pembelian dan produksi kendaraan sehingga akan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

>>> Daftar Pajak Mobil Avanza, Mobil Paling Laris di Indonesia

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top