Cuma Ada 2 di Dunia, Shelby 427 Cobra CSX1010 Paul Walker Ini Bakal Dilelang

06/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Shelby 427 Cobra CSX1010 milik Paul Walker ini merupakan edisi FAM yang hanya diproduksi 2 unit. Saat itu Shelby Cobra ini dibuat Carroll Shelby dan Ford demi menyaingi Ferrari.

Paul Walker namanya melejit berkat membintangi film Fast And Furious. Dan karena kesuksesan film bertema otomotif itu pula, pemeran Brian 'O Connor tersebut menjadi kolektor mobil-mobil eksotik. Satu diantaranya adalah Shelby 427 Cobra CSX1010 lansiran 1965.

Namun sejak kematiannya pada tahun 2013 silam, para penggemar Fast And Furious seakan kehilangan DNA dari film tersebut. Dan banyak yang memprediksi jika waralaba film ini ke depannya tidak akan pernah sukses seperti yang pernah dibintangi Paul.

Selain karirnya, yang menarik dan masih terus diulas oleh berbagai pihak sampai saat ini adalah koleksi mobil-mobil dari Paul. Sebagian memang sudah dilelang dan berganti ke tangan pemilik yang lain, namun sebagian lagi masih tersimpan di garasi rumah sang bintang.

Dikutip dari Autoevolution, Rabu (06/01/2021), kabar terbaru menyebut jika Shelby 427 Cobra CSX1010 Paul Walker yang akan segera dilelang.

>>> Kisah Unik Diego Maradona dengan Ferrari Testarossa Hitam Miliknya

1 dari 2 Unit yang Diproduksi di Dunia

Shelby 427 Cobra CSX1010 FAM

Dibuat khusus untuk menandingi Ferrari pada masanya

Shelby Paul Walker dengan body yang keseluruhannya di cat Rosso Corssa itu diberi label FAM. Yaitu singkatan dari Ferrari Ass is Mine. Label ini diberikan lantaran Shelby Cobra tersebut dibuat kolaborasi antara Carroll Shelby dan Ford untuk menyaingi Ferrari di lintasan balap.

Kabarnya hanya ada dua unit model FAM ini yang diproduksi, dan satu diantaranya adalah milik mendiang Paul Walker. Mesinnya sendiri menggunakan Shelby 427ci FE V8 bermaterial aluminium dnegan dikombinasikan transmisi Tremec TKO600 5 percepatan manual. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga 550 hp.

>>> Mau Jadi Kolektor Mobil Klasik? Simak Tips Berikut

Mobil Khusus dengan Kemampuan Istimewa

Shelby 427 Cobra CSX1010 Paul Walker

Kondisinya sangat istimewa bekas koleksi mendiang Paul Walker

>>> Review Toyota Previa 2000: MPV Langka Yang Banyak Diminati Oleh Kolektor Mobil Eksotis Old Fashioned

Karena diciptakan untuk menandingi Ferrari, maka Cobra CX1010 ini menggunakan spesifikasi yang siap terjun di lintasan balap. Selain mesin yang bertenaga, mobil juga sudah menggunakan suspensi independen di keempat rodanya. Sistem pendinginan mesin juga telah memakai aluminium radiator dengan dual fan.

Kemudian seluruh bodinya pun dibuat dari material aluminium untuk mengirangi bobot keseluruhan kendaraan. Tapi agar bodi tetap rigid, ditambahkan roll bar berbahan stainless steel. Sementara velg dan bannya memakai tapak lebar demi mendapatkan grip maksimal, dan dikombinasikan rem Wilwood.

Tidak ada keterangan berapa harga penawaran mobil milik Paul Walker ini. Namun Mecum Auction akan membuka lelang terhadap mobil istimewa ini mulai Maret 2021.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top